Seputar Blora

Siswa TK Singonegoro Dikenalkan Perpustakaan Blora


Siswa Taman Kanak-Kanak (TK) Pertiwi I Desa Singonegoro Kecamatan Jiken dikenalkan perpustakaan melalui momentum Hari Kartini dan pentas seni di pendopo kantor Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kabupaten Blora, Senin (23/4/2018).

Kedatangan siswa dan para guru TK Pertiwi I diterima oleh Kepala Bidang Perpustakaan Slamet Widodo, S.Sos, MSi mewakili Kepala DPK Blora drh. H. R. Gundala Wejasena, MP.

“Kami sangat senang dan mengapresiasi kunjungan anak-anak TK Pertiwi I Singonegoro. Mereka berani tampil pentas seni pada momentum peringatan Hari Kartini. Ini mengedukasi anak-anak agar kenal dengan perpustakaan Blora dan cinta budaya,” kata Slamet Widodo.

Dengan demikian, menurut Slamet Widodo, kelak anak-anak akan termotivasi untuk belajar dan mengetahui melalui membaca buku.

Pada kesempatan itu, sejumlah siswa diminta menjawab pertanyaan dan tampil menyanyi, kemudian mendapatkan hadiah dari DPK Blora.

Kepala TK Pertiwi 1 Singonegoro, Sustiarsih mengatakan agenda itu dilaksanakan untuk ke dua kali di kantor DPK Blora pada momentum yang sama.

“Pada tahun 2017 sudah melaksanakan agenda yang sama, jadi ini ke dua kalinya. Pihak sekolah bermitra dengan DPK Blora. Tujuannya untuk melatih keberanian anak pada pentas seni dan kenal perpustakaan sejak dini,” jelasnya.

Adapun pentas seni yang ditampilkan pada momentum Hari Kartini di pendopo kantor DPK Blora antara lain tari kreasi Ande-Ande Lumut, tari Jaranan, tari Kuthuk dan tari Bujang Ganong.

Pustakawan setempat Farid Mokhammad Farid Rohmawantika, S.Sos mengemukakan, usai pentas seni, siswa TK Pertiwi 1 Singonegoro diajak mengunjungi ruang perpustakaan dan diberi penjelasan terkait literasi anak sejak dini.

“Dengan demikian anak-anak akan mengenal dan tau. Minimal anak-anak akan mempunyai kenangan sehingga ketika beranjak ke jenjang sekolah berikutnya atau sudah remaja tidak melupakan dan mau datang mengunjungi Perpustakaan Blora. Peduli dengan perpustakaan serta tumbuh minat baca,” tandasnya. (Dinkominfo Kab. Blora).

    Berita Terbaru

    Seleksi Calon Paskibraka 2024, Kaban Kesbangpol Blora : Diharapkan Terpilih Calon Paskibraka Berpotensi Tinggi, Semangat dan Bertanggungjawab
    17 April 2024 Jam 12:33:00

    Pemerintah Kabupaten Blora melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) telah...

    Kalaksa BPBD Blora : Pos Komando Tanggap Darurat Bencana 2024 Dilaksanakan Lintas Sektoral
    15 April 2024 Jam 13:43:00

    Pemerintah Kabupaten Blora mendirikan pos komando tanggap darurat bencana banjir, tanah longsor...

    Jelang Lebaran Ketupat 2024, Penjual Janur Kelapa Bermunculan di Pasar Tradisional
    12 April 2024 Jam 12:24:00

    Penjual janur kelapa mulai bermunculan di pasar tradisional Blora, Jawa Tengah menjelang Lebaran...