Aplikasi Mbakol Mudahkan Warga Blora Pantau Harga Kebutuhan Pokok


Pemerintah Kabupaten Blora melalui Dinas Perdagangan, Koperasi dan UKM Blora luncurkan aplikasi Mbakol.

Lewat aplikasi itu, masyarakat Kabupaten Blora kini bisa memantau harga sejumlah kebutuhan pokok di pasar- pasar yang ada dengan mudah melalui gawai, pasalnya

Launching dilakukan oleh Bupati Blora H.Arief Rohman, S.IP., M.Si didampingi Forkopimda Blora pada Rabu (7/12/2022) di sela-sela acara Festival Kuliner Tradisional, di Alun-Alun Blora.

Aplikasi Mbakol sangat mudah diperoleh. Caranya, cukup unduh dengan gratis dari Playstore, lantas berbagai layanan informasi dan data sembako, komoditi, UKM, ekspor, hingga Bahan Bakar Minyak (BBM) dapat dipantau.

Data sejumlah harga sembako yang bisa dipantau, diantaranya di pasar seperti Sido Makmur, Jepon, Cepu Induk, Todanan, Kunduran, Wulung, Cepu lama (plaza), Mulyorejo, Randublatung, Doplang, Ngawen, Banjarejo, dan Rajawali Blora.

Bupati yang akrab disapa Mas Arief menyambut baik adanya inovasi berupa aplikasi tersebut, Ia berharap agar nantinya bisa tersosialisasikan dengan baik.

"Ini ada aplikasi Mbakol (manajemen bahan pokok online), lewat aplikasi ini masyarakat bisa melihat harga bahan kebutuhan pokok dengan mudah dan lengkap berbasis android, semoga bisa tersosialisasikan dengan baik, sehingga masyarakat bisa terbantu dengan adanya informasi terkait harga sembako, data UKM, ekspor dan komoditi lainnya," ungkap Mas Arief

Sementara itu, Kepala Dindagkop dan UKM Blora, Kiswoyo, mengungkapkan bahwa informasi maupun data yang ada di aplikasi Mbakol akan terus diupdate secara rutin.

"Selalu di update setiap hari karena kami di pengelola pasar ada satu petugas admin yang memantau pergerakan harga," terang Kiswoyo

Kiswoyo berharap agar aplikasi tersebut dapat dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat. Kedepan, aplikasi tersebut akan terus ditingkatkan dan dikembangan agar semakin bermanfaat bagi masyarakat.

"Masyarakat bisa mengetahui pergerakan harga 5 hari terakhir dari aplikasi ini di pasar yang ada di Blora, termasuk juga ketersediaan stok barang-barang tertentu," tambahnya. (DINKOMINFO BLORA/Prokompim).

    Berita Terbaru

    Bupati Arief Minta Pemprov Jateng Tuntaskan Jalan Provinsi di Blora
    28 Maret 2024 Jam 19:39:00

    Bupati Blora, Arief Rohman, S.IP., M.Si minta Pemprov Jateng untuk tuntaskan pembangunan jalan...

    RAPAT PARIPURNA PENYAMPAIAN LKPJ BUPATI BLORA AKHIR TAHUN ANGGARAN 2023
    28 Maret 2024 Jam 16:31:00

    Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Blora, Jawa Tenggah menggelar rapat paripurna...

    Pemkab Blora Gelar Musrenbang RPJPD 2025-2045 dan RKPD 2025
    28 Maret 2024 Jam 13:39:00

    Pemerintah Kabupaten Blora menggelar Musyawarah Pembangunan Daerah (Musrenbang) Rencana...