Seputar Blora

DPK Bumikan Gerakan Blora Membaca


Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kabupaten Blora membumikan Gerakan Blora Membaca untuk semua masyarakat di wilayah kabupaten. Demikian hal itu disampaikan Kepala DPK Blora drh. H. R. Gundala Wejasena, MP.

Wujud gerakan itu akan diawali dengan menggandeng organisasi wanita di Kabupaten Blora. Salah satunya pada momentum Car Free Day.

“Gerakan Blora Membaca akan memotivasi untuk peduli dengan buku dan dibaca sebagaimana mensukseskan literasi kepada semua masyarakat,” ucap Kepala DPK Blora drh. H. R. Gundala Wejasena, MP, di Blora, Kamis (3/5/2018).

Ia menjelaskan, diawali gerakan Blora membaca melalui organisasi wanita seperti PKK dan Dharma Wanita diharapkan para Ibu peduli membaca. Seperti misalnya saat anak mau tidur dibacakan buku cerita atau buku bergambar.

“Karena dengan kebiasaan membaca yang dilakukan oleh para ibu, secara langsung akan membentuk karakter dan mengedukasi anak untuk suka dan senang pada buku, kemudian gemar membaca. Kalau dulu, para Ibu seringnya menyampaikan cerita tutur secara lisan, maka jika dengan buku akan menjadi lain,” ucapnya.

Gerakan Blora membaca, kata dia, selain melalui organisasi wanita, juga akan menyasar seperti para santri di pondok pesantren, dan lembaga masyarakat lainnya.

“Untuk buku-bukunya akan kami fasilitasi. Jadi ini akan menjadi kebangkitan bersama di Kabupaten Blora,” jelasnya.

Selain itu, kata dia, juga akan ditampilkan hiburan badut dan permainan lainnya.  (Dinkominfo Kab. Blora).

    Berita Terbaru

    Seleksi Calon Paskibraka 2024, Kaban Kesbangpol Blora : Diharapkan Terpilih Calon Paskibraka Berpotensi Tinggi, Semangat dan Bertanggungjawab
    17 April 2024 Jam 12:33:00

    Pemerintah Kabupaten Blora melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) telah...

    Kalaksa BPBD Blora : Pos Komando Tanggap Darurat Bencana 2024 Dilaksanakan Lintas Sektoral
    15 April 2024 Jam 13:43:00

    Pemerintah Kabupaten Blora mendirikan pos komando tanggap darurat bencana banjir, tanah longsor...

    Jelang Lebaran Ketupat 2024, Penjual Janur Kelapa Bermunculan di Pasar Tradisional
    12 April 2024 Jam 12:24:00

    Penjual janur kelapa mulai bermunculan di pasar tradisional Blora, Jawa Tengah menjelang Lebaran...