Commad Center Diresmikan, Salah Satu Kado di Hari Jadi ke-273 Blora


Asisten Administrasi Umum Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Blora Pujo Catur Susanto, SE., MM mengatakan aplikasi Command Center telah diluncurkan (dilaunching) pada 26 Februari 2022 lalu sebagai bentuk keseriusan pemerintah dalam memberikan informasi kepada masyarakat, meskipun peralatan yang digunakan masih terbatas dan masih menggunakan ruangan Data Center Dinas Komunikasi dan Informatika di Setda Blora.

Hal itu diungkapkan saat membacakan laporan Sekretaris Daerah Blora Komang Gede Irawadi, SE., M.Si., pada acara peresmian Command Center Room Kabupaten Blora, Selasa (13/12/2022) di halaman Setda Blora.

“Dan saat ini, Alhamdulillah telah terealisasi ruangan khusus untuk Command Center Room yang memadai dengan fasilitasnya yang lebih terstandart, yang telah dilengkapi dengan videowall dan dashborad sebagai penyaji data,” jelas Sekda Blora Komang Gede Irawadi dalam laporannya yang dibacakan Pujo Catur Susanto.

Dikatakan, jumlah anggaran total untuk pembuatan Commad Center Room, sebesar Rp1.685.000.000,00 yang berasal dari APBD Kabupaten Blora Tahun Anggaran 2022.

Anggaran tersebut diampu oleh dua OPD yaitu Bagian Umum Setda Blora sebesar Rp385.000.000,00. Dan Bidang Teknologi Informasi Dinkominfo Blora Rp1.300.000.000,00.

“Semoga dengan peresmian Command Center Room ini keseriusan pemerintah dalam memberikan informasi kepada masyarakat semakin baik dan akurat,” harapnya.

Peresmian Commad Center ditandai dengan pengguntingan pita oleh Bupati Blora H. Arief Rohmman, S.IP., M.Si didampingi Forkopimda dan pimpinan OPD Blora serta sejumlah tamu undangan khusus.

Usai pengguntingan pita dilanjutkan penandatanganan prasasti oleh Bupati Blora yang akrab disapa Mas Arief.

Commad Center terletak pada bangunan di kompleks gedung Samin Blora.

“Alhamdullilah, pada hari ini kita semua diberi kesehatan kesempatan, bisa hadir dalam rangka peresmian Comamd Center ini. Terimakasih saya sampaikan kepada Pak Sekda dan Pak Kadinas serta seluruh pihak yang telah berkomitmen mewujudkan transformasi digital, Smart City di Kabupaten Blora,” kata Bupati Blora dalam sambutannya.

Akhirnya, kata Bupati Blora, mimpi kita untuk mewujudkan Command Center, di Hari Jadi ke-273 Kabupaten Blora, bisa terlaksana.

“Sebagai salah satu kado untuk Hari Jadi ke-273 Kabupaten Blora,” kata Bupati Blora.

Bupati menyampaikan, bahwa dengan diresmikannya Commad Center Blora, adalah bukti keseriusan Kabupaten Blora membangun Smart City.

Bupati meminta dengan diresmikannya Command Center Blora supaya semakin gencar disosialisasikan kepada publik Blora agar semakin tahu, terkait dengan informasi yang memang tidak rahasia, termasuk untuk edukasi juga. Bupati meminita agar ada petugas yang jaga di Command Center secara bergiliran dan dijadwal.

Apresiasi peresmian Comamd Center Blora, disampaikan Dekan Fakultas Teknik Elektro Universitas Telkom Bandung, Dr. Bambang Setya Nugroho, ST.

“Kami sangat apresiasi, dan tentu saja mendukung sekali. Semoga ke depan bisa bermanfaat,” ucapnya.

Sebelumnya Kepala Dinkominfo Blora Pratikto Nugroho, S.Sos., MM menyampaikan paparan terkait perkembangan dasboard Comand Center hingga saat ini.

Diawali, Penandatangan MoU Pemkab Blora dengan PT. Telkom Persero Witel Kudus, Jumat (19/8/2021). Kemudian, Penandatangan MoU Pemkab Blora dengan Telkom University (Tel-U),Kamis (9/12/2021). Selanjutnya, Penandatangan MoU Pemkab Blora dengan Pemkab Sumedang, Selasa (21/12/2021).

“Hasil kerja sama di Tahun 2022 Bidang TIK Pengembangan jaringan Fiber Optik di 165 titik Desa se Kab. Blora sudah terpasang 88 titik,” terang Kepala Dinkominfo Blora.

Pendampingan Pengembangan Command Center, SPBE dan Smart City oleh TEL-U, Master Plan SPBE dan Peta Rencana (2022), Command Center (2022).

“Mohon maaf untuk master plan Smart City 2023 masih dalam penyelesaian,” ujarnya.

Selain itu berkaitan hibah aplikasi e-office dan e-sakip, sehingga terwujud Web Base Application dan Mobile Application.

Program ke depan di Kab. Blora yaitu manajemen dan tata kelola TIK dan komitmen para stakeholder (SPBE).

Penguatan jaringan untuk area blank spot. Penyiapan SDM BerbasisDigital Hingga Tingkat Desa (TTE Tingkat Desa,DEA) Optimalisasi Website OPD dan Medsos (Twitter, Facebook, IG) Website Desa Pendampingan KKN, PPID dan Satu Data.

Peresmian juga dihibur dengan sajian tari kreasi Lodra oleh sejumlah seniman tari Blora. (Tim Dinkominfo Blora).

    Berita Terbaru

    Gerak Cepat, Bupati Arief Bantu Korban Kebakaran Desa Jepangrejo
    31 Januari 2023 Jam 08:16:00

    Bupati H. Arief Rohman, S.IP., M.Si., gerak cepat langsung datangi dan berikan bantuan kepada...

    FPTI Blora Optimis Raih Medali Lebih Banyak di Porprov 2023
    31 Januari 2023 Jam 08:11:00

    Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Blora, menargetkan lebih banyak meraih medali di ajang...

    Ditlantas Polda Jateng Gelar Uji Coba ETLE Drone di Blora
    30 Januari 2023 Jam 15:42:00

    Penerapan ETLE drone sudah mulai memasuki tahap uji coba. Salah satu daerah yang...