BLK Dinperinnaker Blora Buka Pelatihan Bidang Kejuruan Konten Kreator


Blora - Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Balai Latihan Kerja (BLK) Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Dinperinnaker) Kabupaten Blora, Jawa Tengah, secara intensif terus menyelenggarakan sejumlah pelatihan keterampilan bagi pencari kerja.

Seiring perkembangan teknologi dan pemasaran serta platform digital, BLK Dinperinnaker Kabupaten Blora, pada tahun 2023 ini menyelengarakan pelatihan berbasis kompetensi, program peningkatan kompetensi tenaga kerja dan produktivitas  dalam bidang  kejuruan konten kreator untuk 16 pemuda Blora.

Pelatihan dibuka oleh Kepala Dinperinnaker Endro Budi Darmawan, SE., M.Si., didampingi Kepala UPTD BLK, Priyadi, SE, MM dan Kepala Subbagian Tata Usaha UPTD BLK Dinperinnaker Blora Dwi Hanto Bagus Sulistyono, ST, Jumat (17/2/2023).
Secara simbolis, perwakilan peserta pelatihan konten kreator menerima baju seragam dan tas.

Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Balai Latihan Kerja (BLK), Priyadi, SE, MM dalam laporannya menyampaikan tujuan pelatihan, pertama, untuk meningkatkan keterampilan bagi para peserta dalam bidang kejuruan konten kreator agar mempunyai keahlian di bidang tersebut yang nantinya diharapkan bisa membuka usaha mandiri atau kelompok.

“Yang kedua, agar peserta paham proses pembuatan konten dengan aneka kreativitas untuk menarik perhatian seseorang dan membuat mereka mau pada kontenn yang dibuat, dan bisa menggaet audien dan mencari penghasilan, bagaimana memasarkan, membuat foto dan video,” jelas Priyadi.

Jumlah peserta sebanyak 16 orang, pelaksanaan selama 25 hari, mulai 17 Februari 2023 hingga 18 Maret 2023. Peserta wajib masuk setiap hari Senin sampai dengan Sabtu.

“Tempat pelatihan di BLK ini, bersamaan dengan kegiatan tiga kejuruan lainnya, yaitu kejuruan menjahit, boga dan tata kecantikan. Setiap pagi nanti diapelkan, dan ini harap ditaati,” ucapnya.

Instruktur bekerja sama dengan sejumlah praktisi media. Sumber dana dari APBD 2023. Fasilitas yang diberikan peserta selama pelatihan nanti ada ATK, Modul, tas, baju seragam konsumsi (snack dan makan siang), sertifikat, transport/uang saku per hari potong pajak.

Pada kesempatan itu Kepala Dinas Perinnaker Blora, Endro Budi Darmawan meminta agar peserta bisa mengikuti pelatihan konten kreator tersebut, dengan sungguh - sungguh dan disiplin, sehingga hasilnya akan bermanfaat untuk 16 orang peserta. Diharapkan usai mengikuti pelatihan yang tidak dipungut biaya gratis, bisa bermanfaat untuk meningkatkan ekonomi pribadi bahkan untuk keluarga.

"Saya berharap seluruh peserta bisa mengikuti dengan baik, disiplin dan sungguh - sungguh, agar kemudian hari setelah pelatihan ini, bisa bermanfaat untuk bagaimana bisa mendapatkan penghasilan melalui handphone Android anda masing - masing, pelatihan ini gratis, semua sudah dibiayai oleh Pemerintah Kabupaten Blora, bahkan mendapatkan jaminan BPJS Ketenagakerjaan dan JKN, selama pelatihan berlangsung," ungkap Kadinas Perinnaker Endro Budi Darmawan.

Salah satu Instruktur untuk konten kreatif video pendek, Firmansyah mengungkapkan strategi pembuatan konten melalui platform - platform konten digital terbaru, seperti Tik Tok yang sekarang banyak dilihat oleh banyak penonton, karena perkembangan perilaku. Platform melalui media sosial yang sudah ada seperti YouTube, Instagram, Twitter ataupun Facebook cukup sulit untuk bisa meraih penghasilannya.

"Saat ini para konten kreator akan mengirimkan channel - channelnya di platform yang paling banyak ditonton oleh orang, saat ini adalah Tik Tok paling dinikmati, dan bisa menghasilkan uang, bila dibandingkan platform yang sudah ada sebelumnya, jadi kuncinya adalah senang dan terus berkreasi, apapun yang Anda senangi, anda rekam sendiri, kemudian unggah, jangan cuma menjadi netizen saja, jadilah konten kreator, anda bisa mendapatkan penghasilan, cari duit dari gawai," papar penggagas akun Facebook fanpages Blora Updates ini.

Instruktur kedua dari pegiat fotografi dan berita media sosial online, Teguh juga memberikan pesan untuk peserta agar sungguh - sungguh dalam mengikuti pelatihan tersebut di atas, karena di era kemajuan informasi dan teknologi ini, semua mengandalkan handphone, untuk mencari berita, melihat foto, video dan informasi lainnya melalui konten - konten yang ada.

"Mari kita belajar dengan sungguh - sungguh, pelatihan ini sangat bermanfaat untuk anda semua, untuk meningkatkan kapasitas intelijensia dan kemampuan dalam memanfaatkan teknologi IT, saat ini kemajuan teknologi digital adalah keniscayaan, yang tidak bisa dibendung," katanya. (Dinkominfo Blora).





    Berita Terbaru

    Sambut Hari Bhayangkara ke-78, Polres Blora Laksanakan Giat Bakti Religi
    14 Juni 2024 Jam 15:11:00

    Polres Blora gelar personel untuk melaksanakan bakti religi dan bakti sosial di wilayah...

    Bupati Blora : Terminal Bus Cepu Jadi Terbaik di Perbatasan Jateng - Jatim, Terimakasih Pak Presiden, Pak Menteri Perhubungan
    13 Juni 2024 Jam 21:52:00

    Bupati Blora, H. Arief Rohman, terkesan dengan hasil pembangunan Terminal Bus Tipe A Cepu,...

    Puncak Hari Lingkungan Hidup 2024, Ribuan Pohon Ditanam di Sepanjang Jalan Sumber-Temulus
    13 Juni 2024 Jam 20:16:00

    Penanaman ribuan pohon di sepanjang jalan Sumber - Temulus, Kecamatan Menden menjadi puncak...