Berita Terkini

Baznas Salurkan Bantuan Modal Kepada 72 Warga Kurang Mampu


BLORA - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Blora menyalurkan bantuan modal usaha kepada sedikitnya 72 warga kurang mampu yang tinggal di beberapa kecamatan di Blora, Senin (20/2/2023).

Bantuan yang diserahkan di Kantor Kecamatan Jepon dan dihadiri Wakil Bupati Blora Tri Yuli Setyowati, ST, MM tersebut, diharapkan dapat dipergunakan untuk mendukung kelancaran usaha mereka sehingga terlepas dari kemiskinan.

Menurut Ketua Baznas Blora, H Sutaat,S.Pd, besaran bantuan untuk mendorong usaha warga miskin itu masing-masing di kisaran Rp 1,5 juta setiap orang. ‘’Mudah-mudahan bermanfaat dan bisa untuk mengembangkan usahanya,’’ jelasnya, Selasa (21/2/2023)

Dijelaskan, bantuan serupa juga pernah diberikan kepada warga dari kecamatan. Diantaranya, Randublatung, Ngawen, Cepu.

Wakil Bupati Blora yang akrab disapa Mbak Etik, menyambut baik adanya program dari Baznas tersebut, dimana tujuannya dalam rangka pengentasan kemiskinan di Blora.

"Kita bersama-sama, dengan Baznas bergotong-royong sesarengan untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat. Bantuan ini dikhususkan terutama kepada warga kurang mampu yang sedang melakukan kegiatan UMKM di 5 kecamatan,’’ papar Mbak Etik

Mbak Etik yang juga Ketua Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan (TKPK) Kabupaten Blora mengungkapkan, dibawah kepemimpinan Bupati Blora H. Arief Rohman, S.IP,M.Si dan dirinya, pemerintah berkomitmen untuk menurunkan angka kemiskinan di Blora.

"Pak Bupati dan saya berkomitmen untuk menurunkan kemiskinan di Blora. Upaya pengentasan kemiskinan akan terus kita giatkan termasuk kaitannya dengan kemiskinan ekstrem. Kita juga melibatkan berbagai pihak termasuk bersama Baznas pada hari ini," imbuh Wabup Etik.

Pada kesempatan itu pula, Wakil Ketua Baznas, Nur Rokhim menuturkan bahwa dana yang dikumpulkan Baznas kemudian ditasyarufkan kepada delapan asnaf yang diantaranya adalah fakir dan miskin. Bantuan kali ini diberikan kepada masyarakat yang dikategorikan miskin yang masih bisa untuk produktif.


"Kita tasarufkan kepada 8 golongan atau 8 asnaf yang diantaranya, diutamakan untuk fakir dan miskin. Semoga bisa menambah semangat para penerima dalam bekerja sehingga bisa berkembang usahanya dan bisa terlepas dari kemiskinan," papar Nur Rokhim

Terpisah, salah satu penerima manfaat bantuan dari Baznas tersebut, Tumini (48) dari Kecamatan Tunjungan menyatakan bersyukur. Dikatakan bantuan tentu akan sangat bermanfaat untuk menambah modal usaha warung makannya.

"Alhamdulillah, maturnuwun, bantuannya sangat bermanfaat untuk keluarga saya. Saya terbantu ini bisa digunakan untuk tambah modal usaha jualan minuman kopi dan makanan lontong," ungkap Tumini. (Dinkominfo Blora/Prokompim).

    Berita Terbaru

    Hasil Seleksi Administrasi Calon Direksi PT. Blora Patra Energi (Perseroda) Periode 2024 - 2026
    18 April 2024 Jam 17:41:00

    Pengumuman  Hasil Seleksi Administrasi Calon Direksi PT. Blora Patra Energi (Perseroda)...

    Hasil Seleksi Administrasi Calon Dewan Pengawas Perumda Blora Wira Usaha Masa Jabatan 2024 - 2028
    18 April 2024 Jam 17:09:00

    Pengumuman  Hasil Seleksi Administrasi Calon Dewan Pengawas Perumda Blora Wira Usaha Masa...

    Hasil Seleksi Administrasi Calon Direksi Perumda Blora Wira Usaha Periode 2021 - 2026
    18 April 2024 Jam 17:06:00

    Pengumuman  Hasil Seleksi Administrasi Calon Direksi Perumda Blora Wira Usaha Periode 2021...