Sebanyak 780 Koperasi di Blora Diminta Terus Berinovasi dan Dukung Sektor UMKM


Bersamaan dengan momen peringatan Hari Koperasi ke -76 yang digelar dalam acara Car Free Day di Alun-Alun Blora, Minggu pagi (9/7/2023), Bupati Blora, H. Arief Rohman, S.IP, M.Si titip pesan kepada seluruh insan koperasi yang ada di Blora untuk terus berinovasi.

"Di tahun 2023 ini agar koperasi di Blora siap menghadapi tantangan baru, era sekarang, era digital, harus mampu inovasi produk. Kami minta koperasi juga selalu melakukan inovasi dalam hal bisnis maupun usaha untuk memberikan kemanfaatan untuk anggotanya," harap Bupati

Dikatakan, jumlah koperasi di Blora yang jumlahnya hampir 780, merupakan sebuah potensi yang cukup besar, untuk menggerakan perekonomian yang ada di Blora. Termasuk penting untuk mendorong sektor UMKM yang ada di Blora agar berkembang.

Pemkab Blora senantiasa memberikan support bagi koperasi yang ada di Blora. "Terus kita adakan pembinaan dan dukungan, baik terkait perizinan dan sebagainya, kita bantu fasilitasi untuk izin berusaha," tambah Bupati Arief.

Dicontohkan, salah satu koperasi yang menaungi para pelaku usaha UMKM tempe dan tahu di Blora yakni KOPTI. Saat meninjau produk hasil inovasi dan kreasi para pelaku UMKM tempe yang tergabung dalam KOPTI di alun-alun, Bupati mengapresiasi dan menyambut baik, dimana keberadaan koperasi turut berperan dalam mendukung sektor usaha tempe berkembang.

"Potensi seperti ini tempe ternyata menjadi salah satu UMKM andalan Blora. Mereka tergabung dalam KOPTI yang mana orang Blora ini sukanya tempe, UMKM disini sangat berkembang baik," tambahnya


Berbagai Kegiatan

Sementara itu, Kepala Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM Blora, Kiswoyo SH, M.Si, menuturkan, peringatan Hari Koperasi di Blora yang digelar dalam acara Car Free Day di Alun-Alun tersebut juga diisi dengan berbagai kegiatan positif.

Mulai dari donor darah, senam sehat dengan aneka doorprize, hingga lomba kontes desain dan kreasi Tempe bekerjasama dengan KOPTI. Kemudian juga akan dilaksanakan bazar sembako murah dan bazar UMKM.

"Kegiatan ini adalah kerja bareng, dari Gerakan Koperasi Kabupaten Blora untuk bersama sama menyelenggarakan peringatan Hari Koperasi ke -76 tingkat Kabupaten Blora," paparnya

Berkaitan dengan lomba inovasi dan kreasi tempe, jelas Kiswoyo, diharapkan dapat menambah semangat para pelaku usaha tempe agar terus berinovasi, agar mampu bersaing dengan produk tempe dari daerah lain.

Salah satu pelaku UMKM tempe yang ada dalam koperasi KOPTI, Mulyo (66),warga Kelurahan Kedungjenar, Kecamatan Blora, mengau senang produk tempenya dibeli Pak Bupat. ‘’Tempe saya pakai bungkus daun jati jadi punya rasa khas. Saya dari kecil sudah menekuni jualan tempe bersama keluarga," paparnya. (DINKOMINFO Blora/Prokompim).

    Berita Terbaru

    Ziarah Makam Bupati Blora Soepadhi Joedodarmo di TMP Kusumanegara Yogyakarta Berlangsung Khidmat
    29 November 2023 Jam 16:18:00

    Ziarah dan tabur bunga almarhum Bupati Blora Soepadhi Joedodarmo di Taman Makam Pahlawan (TMP)...

    Menjabat 1966-1973, Bupati Blora Srinardi Dimakamkan di TMP Kusuma Bhakti Kota Surakarta
    29 November 2023 Jam 11:59:00

    Taman Makam Pahlawan (TMP) Kusuma Bhakti Kecamatan Jebres, Kota Surakarta tampak rapi dan...

    Blora Terima Penghargaan Swasti Saba Padapa Kemenkes
    29 November 2023 Jam 09:12:00

    Kabupaten Blora berhasil menyabet predikat kabupaten sehat tahun 2023, dan atas prestasi itu...