Jadi Seragam ASN, Produksi Batik Motif Jati Lestari Blora Meningkat


Sebanyak 35 perajin batik di Blora yang tergabung dalam Gabungan Pengusaha Batik Blora (Gahatikra) mendapatkan berkah pesanan motif Jati Lestari dari seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kabupaten blora.

Berkah pesanan itu diperoleh setelah motif batik Jati Lestari dicanangkan sebagai motif seragam  pegawai Aparatur Sipil Negara  (ASN) di Blora oleh Bupati H. Arief Rohman, S.IP., M.Si pada 5 Juni 2023.

Pesanan dikoordinasikan oleh Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda Blora) agar masing- masing perajin mendapatkan bagian yang sama dalam proses produksi batik motif Jati Lestari  Demikian juga tentang pembayaran juga dikelola oleh OPD ke Dekranasda dan difasilitasi oleh bank yang dikelola pemerintah daerah.

Yana (47) pemilik batik sekar kedaton di Kelurahan Mlangsen, Kecamatan Blora, mengatakan meskipun harga yang ditetapkan oleh pemkab sama, yaitu Rp150.000 per lembar, namun masih mendapatkan untung.

“Motif dan warnanya harus sama dengan perajin lain, sehingga memudahkan kami dalam proses produksi secara massal,” kata Yana, Senin (7/8/2023).

Ia mengatakan terjadi peningkatan produksi yang lumayan, sekitar 50% dari intensitas produksi harian.

Motif Jati Lestari sendiri adalah motif yang memenangkan lomba design batik Blora yang diselenggarakan oleh pemkab Blora pada tahun 2022. Dalam motif ini terdapat unsur kearifan lokal sebagai ciri khas Blora seperti barongan, daun jati, kembang jati, dan warna hijau yang melambangkan kesuburan, kedamaian, dan harapan.

Walaupun motif Jati Lestari yang ditetapkan sebagai seragam ASN di Blora sudah ditetapkan, namun tidak menutup kemungkinan akan berkembang untuk memenuhi kebutuhan industri fashion. Motif batik Lestari dapat dikembangkan dengan teknik tulis, cap, maupun kontemporer. Warna dan kombinasi design juga boleh dikembangkan sesuai kreasi perajin dan dijualbelikan secara bebas untuk dipakai kalangan umum. (Dinkominfo Blora).


    Berita Terbaru

    Kalaksa BPBD Blora : Pos Komando Tanggap Darurat Bencana 2024 Dilaksanakan Lintas Sektoral
    15 April 2024 Jam 13:43:00

    Pemerintah Kabupaten Blora mendirikan pos komando tanggap darurat bencana banjir, tanah longsor...

    Jelang Lebaran Ketupat 2024, Penjual Janur Kelapa Bermunculan di Pasar Tradisional
    12 April 2024 Jam 12:24:00

    Penjual janur kelapa mulai bermunculan di pasar tradisional Blora, Jawa Tengah menjelang Lebaran...

    Aman dan Lancar, Pengamanan Idulftri 1445 H dan Arus Mudik Polres Blora Diapresiasi Bupati
    11 April 2024 Jam 09:49:00

    Bupati Blora Dr. (Chand) H. Arief Rohman, SIP, M. Si menyampaikan apresiasi atas pelaksanaan...