Berita Terkini

Sejumlah Komunitas Bersihkan Sampah di Seputaran Taman Tirtonadi Blora


World Cleanup Day (WCD) di Blora diwarnai dengan aksi berbagai komunitas maupun organisasi di Kabupaten Blora membersihkan sampah di sekitar Taman Budaya (TB) Tirtonadi, Minggu (17/9/2023).


Diketahui, World Cleanup Day (WCD) adalah aksi bersih-bersih yang dilaksanakan serentak di 191 negara di dunia dengan tujuan menyatukan umat manusia dari berbagai budaya, agama, suku dan ras untuk membersihkan dunia dari permasalahan sampah.

Bupati Blora H. Arief Rohman, S.IP., M.Si yang turut langsung di WCD itu, mengapresiasi aksi yang dilakukan oleh berbagai komunitas dan organisasi di Blora tersebut .

“Saya mengapresiasi aksi yang dilakukan oleh berbagai organisasi ini. Harapannya, kegiatan bersih-bersih jangan hanya peringatan saja. Kalau perlu lakukan setiap hari dan mulai dari diri sendiri,” ucap Bupati Arief.

Menurutnya, kebersihan lingkungan merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan karena prinsip dari pengelolaan sampah adalah dilakukan sedekat-dekatnya dari sumber sampah, yaitu rumah.

Pemkab, kata Bupati, akan terus menegakkan Perda tentang lingkungan agar masyarakat lebih sadar kebersihan lingkungan. Lebih dari itu, Bupati yang akrab dipanggil Mas Arief itu mengajak masyarakat Blora untuk menjadikan sampah bernilai ekonomis.

“Saya mengajak seluruh peserta WCD untuk menjadikan sampah sebagai barang bernilai ekonomis. Pemerintah Kabupaten Blora akan terus mensupport apabila ada produk UKM yang diolah dari bank sampah,” ucapnya.

Menurutnya, dengan menjadikan sampah bernilai ekonomis akan mempengaruhi daya beli masyarakat untuk menggunakan produk recycle. Sekaligus akan meningkatkan produktivitas dan menghasilkan produk unggulan dari sampah. (Dinkominfo Blora/Prokompim).

    Berita Terbaru

    Peduli Lingkungan dan Pengembangan Wisata, Warga Desa Bangowan Bentuk Bank Sampah
    29 Mei 2024 Jam 20:49:00

    Warga Desa Bangowan Kecamatan Jiken mengembangkan Bank Sampah sebagai upaya mengurangi sampah...

    Dinkominfo Blora Gelar Rakor Bersama Admin SP4N-LAPOR! Organisasi Perangkat Daerah
    29 Mei 2024 Jam 15:08:00

    Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Kabupaten Blora menggelar rapat koordinasi bersama...

    Indeks SPBE Meningkat, Bupati Blora : Ayo Sesarengan Bangun SPPBE yang Lebih Baik
    27 Mei 2024 Jam 20:45:00

    Bupati Blora Arief Rohman menghadiri undangan di istana negara dalam rangka mengikuti acara SPBE...