Indeks Nilai SPBE 2023 Pemkab Blora Raih Skor 3.49


Asisten Administrasi Umum Sekda Blora Pujo Catur Susanto, SE., MM, mewakili Sekretaris Daerah (Sekda) Blora Komang Gede Irawadi, SE., M.Si., memberikan apresiasi atas kerja keras tim Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) Kabupaten Blora hingga berhasil mendapatkan nilai yang diharapkan dengan perolehan nilai sementara 3,49 dari total nilai 5,00 yang telah dipersiapkan beberapa hari terakhir.

Hal itu disampaikan oleh Pujo Catur dalam rapat SPBE di Ruang Command Center Setda Blora, Kecamatan Blora, Kabupaten Blora, Jawa Tengah, Kamis (21/9/2023).

Pelaksanaan Penilaian Interviu SPBE dipimpin langsung oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Blora Praktikto Nugroho,S.Sos. MM yang dihadiri oleh Dr. Erna Hikmawati selaku Tim Asesor Eksternal SPBE dari Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Republik Indonesia secara daring melalui zoom meeting.

Kemudian, turut hadir juga secara langsung beberapa Kepala Dinas yang terlibat dalam penilaian SPBE beserta Tim SPBE yang telah dibentuk dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Blora.

Pelaksanaan Penilaian Interviu SPBE membahas tentang penjelasan teknis atas evaluasi penilaian SPBE 2023 dari dokumen-dokumen yang telah dikirim tempo hari lalu kepada tim asesor untuk diverifikasi dengan penilaian yang terdiri dari 47 indikator.

Erna menjelaskan bahwa dari keseluruhan indikator, terdapat beberapa indikator dari Pemkab Blora untuk dilakukan verifikasi ulang.

Kemudian, nanti akan diberikan waktu tambahan selama tujuh hari kerja untuk perbaikan dokumen beserta bukti pendukungnya agar mendapatkan nilai yang lebih tinggi.

“Hasil penilaian sementara dari dokumen yang telah saya koreksi, Pemkab Blora mendapatkan indeks nilai 3.49 dari total nilai 5.00. Ini merupakan nilai yang baik dan luar biasa bagi Pemkab Blora,” jelas Erna mengapresiasi nilai sementara SPBE 2023 Pemkab Blora.

Mendengar capaian nilai sementara dalam kategori baik Kepala Dinas Kominfo Blora beserta seluruh Tim SPBE Kabupaten Blora mengaku senang dan bersyukur.

Hal itu karena capaian yang ditargetkan terkait nilai SPBE tahun ini minimal 3.00 dari 5.00 total keseluruhan nilai.

“Sebenarnya tahun ini kita targetkan 3,00 untuk nilai SPBE 2023. Namun, tahun ini nilai sementara saja mendapat 3,49,” ucap Kepala Dinas Kominfo Blora disambut tepuk tangan peserta penilaian interviu SPBE 2023.

Kepala Dinas Kominfo Blora Praktikto Nugroho berharap dengan nilai sementara ini kedepannya membuat Pemkab Blora optimis bisa lebih baik lagi dan perbaikan untuk penilaian kali ini dapat diselesaikan dengan sebaik-baiknya.

“Dengan adanya kerja sama kali ini harapannya kita dapat saling bersinergi untuk mengembangkan apa yang kita capai terkait visi misi Sesarengan MBANGUN Blora,” jelas Kepala Dinas Kominfo Blora dalam penutupan pertemuan Penilaian Interviu SPBE 2023.

Untuk diketahui Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik yang disingkat SPBE adalah penyelenggaraan pemerintahan yang memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk memberikan layanan kepada pengguna SPBE secara terintegrasi.

SPBE bertujuan untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, transparan, dan akuntabel serta pelayanan publik yang berkualitas dan terpercaya.

Tata kelola dan manajemen sistem pemerintahan berbasis elektronik juga diperlukan untuk meningkatkan keterpaduan dan efisiensi sistem pemerintahan berbasis elektronik. (DINKOMINFO BLORA).

    Berita Terbaru

    Peduli Lingkungan dan Pengembangan Wisata, Warga Desa Bangowan Bentuk Bank Sampah
    29 Mei 2024 Jam 20:49:00

    Warga Desa Bangowan Kecamatan Jiken mengembangkan Bank Sampah sebagai upaya mengurangi sampah...

    Dinkominfo Blora Gelar Rakor Bersama Admin SP4N-LAPOR! Organisasi Perangkat Daerah
    29 Mei 2024 Jam 15:08:00

    Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Kabupaten Blora menggelar rapat koordinasi bersama...

    Indeks SPBE Meningkat, Bupati Blora : Ayo Sesarengan Bangun SPPBE yang Lebih Baik
    27 Mei 2024 Jam 20:45:00

    Bupati Blora Arief Rohman menghadiri undangan di istana negara dalam rangka mengikuti acara SPBE...