Berita Terkini

Pawai Ta'aruf Peringatan HSN 2023 di Blora Meriah


Peringatan Hari Santri Nasional (HSN) Tahun 2023 di Kabupaten Blora, Minggu (22/10/2023) pagi hingga siang hari berjalan meriah. Ribuan santri lintas generasi, mulai anak-anak hingga remaja dan orang tua, ikut meramaikan peringatan HSN 2023 di Alun-alun Blora tersebut.

Usai pelaksanaan apel, dilanjutkan dengan Kirab Santri. Kirab dilepas Bupati Arief Rohman di depan Gapura Rumah Dinasnya bersama jajaran Forkopimda, dan tokoh agama.

Meskipun cuaca terik, tidak menyurutkan semangat ribuan santri yang mengikuti pawai. Ribuan santri dari seluruh Pondok Pesantren di Blora, dengan menampilkan beragam kesenian bernuansa Islami seperti hadroh, sholawatan, drumband, serta aneka replika dan panji-panji pesantren.

Ada juga pembentangan bendera merah putih raksasa yang dibawa oleh Banser sebagai pembuka pawai, dan simbol bahwa santri sangat setia pada Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Bupati Blora, H. Arief Rohman mengapresiasi semangat dan terselenggaranya rangkaian kegiatan dalam rangka memeriahkan peringatan hari Santri tahun 2023 ini.

"Kami atas nama pemerintah daerah mengucapkan terimakasih atas terselenggaranya peringatan hari Santri ini yang berlangsung meriah, semoga Santri terus berkontribusi dalam rangka membangun negeri ini khususnya di Blora," terangnya.

Tak hanya itu, Bupati juga berharap keberadaan santri mampu memberikan spirit semangat dan juga manfaat untuk masyarakat.

Sementara itu, Kepala Kemenag Blora, M Fatah menjelaskan, dalam peringatan hari Santri tahun ini, setidaknya beberapa hari lalu sudah awali dengan sholawatan, ziarah makam para tokoh NU yang sudah wafat. Kemudian ada pembacaan sholawat nariyah , apel hari Santri dan diakhiri dengan Pawai ta'aruf meramaikan HSN.

"Sejumlah kegiatan Alhamdulillah sudah dilaksanakan sebelum Hari Santri dan Hari ini puncaknya, ada apel serta kirab santri menempuh jarak sekitar 3 kilometer dari Alun-alun - Jl.Pemuda - Tugu Pancasila - Jl.Ahmad Yani dan finish di GOR Mustika," jelas Fatah.

Peserta pawai yang berasal dari seluruh ponpes, madrasah Diniyah yang ada di Blora,dan beberapa peserta lain yang ikut memeriahkan.

"Kami berharap dengan peringatan hari santri ini tentunya kami ingin meningkatkan peran santri di masyarakat khususnya di Blora ini untuk sesarengan mbangun Blora membantu pembangunan pemkab Blora agar lebih makmur dan bermartabat," harapnya.

Aminah, salah satu peserta apel akbar sekaligus pawai Taaruf menyatakan bahwa dirinya senang bisa mengikuti rangkaian HSN 2023 di Alun-alun Blora.

“Saya dari Ngawen, sudah sejak pagi tadi berangkat bersama teman-teman menuju Alun-alun. Alhamdulillah ramai sekali dan meriah. Terimakasih kepada Pak Bupati beserta jajarannya yang sudah bersedia menyaksikan kami pawai hingga selesai meskipun cuaca sangat panas. Semoga bisa membawa berkah untuk semuanya, aamiin,” ujar Aminah. (Dinkominfo Blora/Prokompim).

    Berita Terbaru

    Pemkab Blora Rakor Bersama BPKP Tingkatkan Kualitas dan Efektivitas Melalui SPIP
    28 Februari 2024 Jam 14:45:00

    Pemerintah Kabupaten Blora menggelar rapat koordinasi bersama Perwakilan Badan Pemeriksa...

    Mahasiswa Institut Agama Islam Al Muhammad Cepu Diminta Ikut Merancang Program SSN
    26 Februari 2024 Jam 17:16:00

    Bupati Blora, H. Arief Rohman, S.I.P, M.Si, terus menggaungkan kebijakan Sekolah Sisan Ngaji...

    Haul Kedua, Makam Eyang Dipojoedo Direncanakan Jadi Destinasi Wisata Religi
    25 Februari 2024 Jam 17:05:00

    Makam Eyang Dipojoedo di Desa Tambaksari Kecamatan Blora. Kabupaten Blora, Jawa Tengah...