SMPN 7 Blora Wajibkan Siswa Bisa Komputer


Ruang Komputer SMPN 7 Blora dari luar kelihatan sepi tidak aktivitas, pintunya pun tertutup. Tapi siapa sangka ketika masuk di dalamnya, para siswa sedang serius mengikuti pelajaran berbasis teknologi di bawah bimbingan guru yang berkompeten.

Puluhan komputer di ruang itu disediakan dan menjadi piranti untuk mencerdaskan Gen-Z di bidang teknologi serta menjadi kewajiban yang harus diikuti, dipelajari bagi peserta didik di sekolah setempat.

“Untuk pelajaran TIK semua siswa wajib mengikuti dan bisa. Karena kami sudah punya Ruang Komputer. Bahkan kami juga sudah melaksanakan Asesmen Nasional Berbasis Komputer, yaitu asesmen yang menggunakan komputer,” jelas Kepala SMPN 7 Blora Endang Sri Wahyuni, S.Pd, M.Pd di ruang kerjanya, Rabu  (1/11/2023).

Bahkan, menurut Endang, di SMPN 7 Blora telah memiliki 60 gawai android bantuan afirmasi sekitar tahun 2018-2019.

“Kami ada 60 handphone android, yang aplikasinya sudah terkoneksi dengan server, sehingga praktis bisa digunakan untuk kegiatan belajar mengajar peserta didik, kami sengaja untuk ulangan peserta didik menggunakan handphone, dan langsung bisa dikoreksi oleh guru,” terangnya.

Pihakanya juga menggagas untuk pelaksanaan ujian akhir semester menggunakan hand phone karena dinilai lebih hemat daripada foto copy naskah soal.

Sementara itu, untuk menumbuhkan siswa supaya lebih waspada, SMPN 7 Blora secara intensif mengadakan kegiatan edukasi cegah bullying dengan menanamkan wawasan komprehensif bersinergi dengan Polri dan TNI.

Sedangkan untuk peduli lingkungan dan kesehatan, pihaknya secara rutin bekerja sama dengan Puskesmas terdekat.

“Untuk edukasi gizi, kami minta anak-anak bawa bekal makanan dari rumah, kemudian dimakan bersama di sekolah, setelah itu mendapatan pembinaan dari pihak Puskesmas, bahkan mendapatkan tablet tambah darah sesuai ketentuan,” terangnya.

Di hari Jumat, peserta didik SMPN 7 Blora diajak gotong royong membersihkan lingkungan serta kegiatan keagamaan.

Untuk diketahui, SMPN 7 Blora yang beralamat di Jalan Sayuran Desa Purwosari Blora, memiliki 170 siswa yang terbagi dalam 6 rombel. (Dinkominfo Blora).


    Berita Terbaru

    Mendongeng, Metode Belajar yang Diminati Anak
    20 Juni 2024 Jam 18:32:00

    Mendongeng masih menjadi metode belajar yang saat ini masih diminati anak-anak selain program...

    Penyampaian Informasi Kebijakan dan Program Pembangunan Kepada Masyarakat, Dukung Keterbukaan Informasi Publik
    20 Juni 2024 Jam 16:16:00

    Hasil pembangunan maupun kebijakan yang direalisasikan pemerintah, tidak akan diketahui...

    Pemkab Serahkan Buku Raperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD 2023 Kepada DPRD Blora
    19 Juni 2024 Jam 23:32:00

    Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blora secara resmi menyerahkan Buku Rancangan Peraturan Daerah...