Berita Terkini

Desa Wisata Nusantara Bangsri Berpeluang Masuk 15 Besar LDWN 2023


Desa Wisata Nusantara Bangsri, Kecamatan Jepon, Kabupaten Blora masuk 30 besar di ajang Lomba Desa Wisata Nusantara ( LDWN ) tahun 2023. Bahkan saat penilaian lapangan yang dilakukan oleh Tim dari Kementerian Desa, Selasa (7/11/23) khans untuk masuk 15 besar terbuka lebar.

Prestasi membanggakan, menyusul pada Lomba Desa Wisata Nusantara ( LDWN) tahun 2023 ini, setidaknya ada 2.007 Desa di seluruh Indonesia yang ikut berkompetisi.

Jika saja nantinya Desa Wisata Nusantara Bangsri masuk 15 besar, akan diundang ke Nusa Tenggara Barat (NTB) untuk menerima penganugerahan desa wisata nusantara.

Saat penilaian, tim juri didampingi langsung Bupati H. Arief Rohman bersama dinas terkait ikut keliling Desa Wisata Nusantara Bangsri. Diawali dengan penampilan tarian tayub yang terus di uri uri desa setempat, kemudian melihat potensi UMKM berupa pembuatan patung dari bahan gypsum. Dan terakhir di tempat wisata Noyo Gimbal View yang berada di pojok Desa Bangsri.

Direktur Pembangunan Sarana dan Prasarana Desa dan Perdesaan, Direktorat Jenderal Pembangunan Desa dan Perdesaan Kemendes PDTT, Nursaid, mengatakan, dalam lomba desa wisata ini melewati beberapa proses seleksi, hingga tahap visitasi ini.

Unsur yang menjadi penilaian antara lain; aspek ekonomi, aspek sosial dan budaya dan aspek lingkungan. Setelah dinyatakan lolos tahap 45 besar, peserta harus mempresentasikan berbagai aspek dalam pengelolaan Desa Wisata yang didaftarkan.

‘’Diantara aspek yang menjadi unsur penilaian juri, diantaranya aspek wisata berkelanjutan, aspek Sapta Pesona, kontribusi Desa Wisata terhadap PADes dan ketepatan antara data dan materi presentasi," jelas Nursaid saat berada di Desa Bangsri Selasa ( 7/11/2023) sore.

Setelah Tim Juri melihat secara langsung dan apa yang dipresentasikan oleh Desa sudah sesuai, demikian Nursaid, ‘’ya kita lihat nanti semoga membawa hasil," tambahnya.

Terus Mendukung

Sementara itu, Bupati Blora, H Arief Rohman mengucapkan terimakasih pada rombongan dari Kementerian Desa yang melakukan penjurian. Bupati mengaku terus mendukung pemerintah Desa untuk terus berinovasi dan berkreasi.

"Kami terus mendukung Inovasi desa, selain Pemda , BUMD, dinas terkait juga kami libatkan dalam kemajuannya dan tentu diharapkan bisa terus dilakukan secara berkelanjutan," ucapnya.

Orang nomor satu di Blora itu berharap, hasil final lomba nanti Desa Wisata Nusantara Bangsri bisa masuk 5 besar. Bahkan akan sangat menyenangkan bisa masuk tiga besar.

Bupati juga berharap keberadaan desa wisata ini bisa terus dibina, dan kedepannya dilakukan pengembangan secara berkelanjutan. "Ini salah satu destinasi wisata sudah mulai dikembangkan. Ada kereta, rumah kelinci dan beberapa wahana lain. Intinya keberadaan desa wisata ini bisa melibatkan masyarakat agar bisa mengurangi angka pengangguran," harapnya.

Terpisah Kepala Desa Bangsri, Laga Kusuma menyatakan, kedepan akan terus melakukan pengembangan untuk Desa Wisata di desanya. "Saat ini sudah dibuat kereta mini, waterboom dan penginapan. Mohon doanya semoga Desa Wisata Bangsri bisa terus berkembang," terangnya.

Untuk diketahui, Lomba Desa Wisata Nusantara Tahun 2023 merupakan ajang pemberian penghargaan kepada Desa Wisata yang memenuhi kriteria yang ditentukan pada proses seleksi dan penilaian.

LDWN 2023 juga memiliki 2 kategori yang diperebutkan. Kategori pertama yakni desa dengan status Indeks Desa Membangun (IDM) Desa Mandiri dan maju. Untuk kategori kedua adalah desa dengan IDM berkembang, tertinggal dan sangat tertinggal. (Tim Dinkominfo Blora).

    Berita Terbaru

    Samin Trans Diminta Tingkatkan Pelayanan
    20 Februari 2024 Jam 18:59:00

    Bupati Blora, H.Arief Rohman berpesan agar Samin Trans meningkatkan pelayanan kepada penumpang...

    Pemkab Blora Komitmen Libatkan Kelompok Rentan Dalam Pembangunan Daerah
    20 Februari 2024 Jam 18:34:00

    Pemerintah Kabupaten Blora menggelar Musrenbang Keren untuk keempat kalinya di Pendopo Rumah...

    TMMD Tahap I 2024 Kodim Blora Digelar di Desa Sendangrejo Kecamatan Ngawen
    20 Februari 2024 Jam 18:23:00

    Program TMMD Sengkuyung Tahap 1 T.A 2024 kini mulai dilaksanakan di Desa Sendangrejo, Kecamatan...