Seputar Blora

Enam SMP di Blora Juara Lomba Perpustakaan 2023


Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kabupaten Blora, Jawa Tengah menyerahkan piala dan uang pembinaan kepada enam juara lomba perpustakaan sekolah tingkat SMP se Kabupaten Blora tahun 2023.

Piala dan uang pembinaan diserahkan langsung oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kabupaten Blora Achmad Nur Hidayat, SH., M.SI., MM., didampingi Kepala Bidang Perpustakaan DPK Blora Nugraheni Wahyu Utami, SP., Kasi Pembinaan SMP Dinas Pendidikan Blora Dian Ahmad Kindarto, S.Pd.SD (selaku tim juri) dan Pustakawan DPK Blora Mokhammad Farid Rohmawantika, S.Sos, Kamis (16/11/2023) di ruang pertemuan dinas setempat.

“Harapan saya semua SMP di Blora bisa mengelola perpustakaan dengan cerdas ya profesional, dan anak didik kita itu diedukasi untuk sering datang ke perpustakaan, karena samudranya ilmu itu di perpustakaan,” kata Achmad Nur Hidayat, SH., M.SI., MM., Kepala DPK Blora.

Pihaknya memberikan ucapan selamat dan menyampaikan apresiasi kepada enam juara yang telah ditetapkan oleh dewan juri.

“Selamat kepada enam juara lomba perpustakaan sekolah tingkat SMP se Kabupaten Blora tahun 2023, semoga lebih maju dan lebih baik serta menjadi virus kebaikan bagi sekolah lainnya,” ucapnya.

Adapun enam juara lomba perpustakaan sekolah tingkat SMP se Kabupaten Blora tahun 2023 yang diselenggarakan DPK Blora, yakni Juara I Perpustakaan Ganesa Pustaka SMPN 1 Cepu, Juara II Perpustakaan Pustaka Lumintu SMPN 3 Cepu, Juara III Perpustakaan Gema Cakrawala SMPN 1 Jiken.

Kemudian, Juara Harapan I Perpustakaan Veda Pustaka SMPN 1 Sambong, Juara Harapan II Perpustakaan Mentari Ilmu SMPN 1 Bogorejo, Juara Harapan III Perpustakaan SMPN 2 Kedungtuban.

Kepala Bidang Perpustakaan DPK Blora Nugraheni Wahyu Utami, SP., menjelaskan tujuan diselenggarakannya Lomba Perpustakaan tingkat SMP se Kabupaten Blora tahun 2023 yaitu untuk meningkatkan kualitas layanan perpustakaan di sekolah agar terwujud perpustakaan yang nyaman, menarik dan sesuai dengan standar nasional perpustakaan.

Selain itu, untuk meningkatkan minat dan budaya literasi bagi siswa menuju terwujudnya siswa yang berkualitas dan berdaya saing.

“Mengembangkan inovasi dan kreativitas literasi di sekolah melalui pengembangan ilmu pengetahuan, wawasan dan TIK,” jelas Nugraheni Wahyu Utami, SP., Kepala Bidang Perpustakaan DPK Blora.

Berikutnya, meningkatkan hubungan yang sinergis dan harmonis antar semua unsur pembangunan literasi di sekolah (kepala sekolah, pengelola perpustakaan, guru, siswa, wali murid, organisasi intra dan ekstra sekolah, organisasi dan lembaga lainnya).

“Tujuan yang tidak kalah penting adalah meningkatkan kualitas SDM pengelola perpustakaan,” tegasnya.

Selanjutnya, meningkatkan hubungan kerja sama dan jejaring yang baik antar lembaga perangkat daerah (Dinas Perpustakaan, sekolah, Dinas Pendidikan dan unsur lain yang terkait).

Mendapatkan informasi dari pihak perpustakaandan sekolah mengenai hal-hal yang perlu mendapatkan tindak lanjut dari stakeholder terkait pengembangan kualitas literasi di masa mendatang.

Untuk penyelenggaraan lomba, jelas Nugraheni Wahyu Utami, SP., DPK bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Blora menginformasikan pengumuman disertai petunjuk teknis, tanggal 3 Oktober 2023.

Sekolah yang berminat dan siap mendaftarkan keikutsertaan perpustakaannya untuk mengikuti lomba dan mengirimkan instrument penilaian mandiri dilengkapi profil perpustakaan dan lampiran yang dipersyaratkan.

“Panitia lomba menyeleksi 10 peserta terbaik untuk mengikuti penilaian tahap berikutnya berupa visitasi dan validasi di lokasi,” terangnya.

Selanjutnya tim juri melaksanakan visitasi, validasi dan rekapitulasi penilaian untuk menentukan kejuaraan. Penilaian akhir 15 November 2023.

Dikatakan Kepala Bidang Perpustakaan DPK Blora Nugraheni Wahyu Utami, SP., penilaian lomba mengacu instrument akreditasi Perpusnas per akhir tahun 2022 yang meliputi enam komponen penilaian, yaitu komponen koleksi perpustakaan, sarana prasarana, layanan, tenaga perpustakaan, penyelenggaraan perpustakaan dan pengelolaan penguatan perpustakaan.

“Lomba perpustakaan sekololah tingkat SMP se kabupaten Blora tahun 2023 diikuti 26 peserta,” ungkapnya.

Berdasarkan hasil seleksi terpilih 10 peserta terbaik, yaitu Perpustakaan SMPN 1 Jiken, SMPN 3 Cepu, SMPN 1 Cepu, SMPN 1 Doplang, SMPN 5 Cepu, SMPN 1 Sambong, SMPN 2 Kedungtuban, SMPN 1 Bogorejo, SMPN 4 Cepu dan SMPN 1 Randublatung.

“Dari hasil rekapitulasi akhir oleh Tim Juri, telah ditentukan enam pemenang lomba,” jelasnya.

Menimbang bahwa instrumet yang digunakan dalam pelaksanaan lomba adalah sebagian isntrument untuk akreditasi perpustakaan, diharapkan perpustkaan yang mendapatkan juara I sampai dengan juara Harapan III dapat mempersiapkan diri untuk mengikuti akreditasi dari Perpusnas.

“Rencananya, DPK Blora akan menyelenggarakan workshop pra akreditasi dan peningkatanSDM bagi para pengelola perpustakaan pada awal tahun 2023 untuk mendapatkan wawasan dan materi nyang lebih lengkap tentang penyelenggaraan perpustakaan berstandar nasional,” terangnya.

Pihaknya berharap ke depan akan lebih banyak lagi sekolah yang berpartisipasi mengikuti nlomba maupun akreditasi. (Tim Dinkominfo Blora).

    Berita Terbaru

    Fraksi-fraksi DPRD Sampaikan Pandangan Umum Terhadap Raperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APDB Kabupaten Blora 2023
    13 Juli 2024 Jam 18:15:00

    Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) bersama Pemkab Blora menyelenggarakan rapat paripurna...

    Grand Final Kakang Mbakyu DUWIS 2024 Dikemas Dengan Konsep Outdoor dan Garden Party, Rojihan dan Laras Juara Pertama
    13 Juli 2024 Jam 12:51:00

    Ajang pemilihan Kakang Mbakyu Duta Wisata Kabupaten Blora 2024, yang tahapan seleksinya dimulai...

    Anggota DPRD Jateng Ajak Purna Tugas dan Purnawirawan Aktif Melestarikan Seni Budaya Warisan Leluhur
    13 Juli 2024 Jam 10:58:00

    Anggota DPRD Komisi B Jawa Tengah  H. Abu Nafi, SH, mendorong dan mengajak para purna tugas...