Berita Terkini

Puncak Acara HKN ke-59 di Blora : Enam Pilar Transformasi Kesehatan Harus Ditegakkan Bersama


Wakil Bupati Blora Tri Yuli Setyowati, ST., MM menegaskan enam pilar transformasi kesehatan harus ditegakkan bersama, baik oleh pemerintah pusat, daerah dan seluruh elemen masyarakat sebagai langkah meningkatkan taraf kesehatan masyarakat Kabupaten Blora.

Enam pilar tersebut adalah transformasi layanan primer, layanan rujukan, sistem ketahanan kesehatan, sistem pembiayaan kesehatan, SDM kesehatan, dan teknologi kesehatan.

Hal itu disampaikan Wakil Bupati Blora Tri Yuli Setyowati, ST.MM dalam sambutannya, mewakili Bupati Blora H. Arief Rohman S.IP., M.Si., pada puncak acara peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-59 dengan mengusung tema Transformasi Kesehatan untuk Indonesia Maju, di Alun-alun Blora, Minggu (19/11/2023) pagi.

“Alhamdulillah, hari ini kita dapat berkumpul untuk memperingati Hari Kesehatan Nasional ke-59, Hari Jadi ke-274 Kabupaten Blora, Hari Ibu ke-95 dan HUT Dharma Wanita Persatuan ke-24 dalam satu rangkaian kegiatan,” kata Wabup yang akrab disapa Mbak Etik.

Wabup mengatakan, bagi kita sebagai aparatur, yang terpenting adalah tetap berpegang teguh pada transformasi budaya kerja serta lebih memaksimalkan peran teknologi.

“Selamat memperingati Hari Kesehatan Nasional ke-59 bagi selurun insan kesehatan di Kabupaten Blora. Semoga ke depan kita dapat terus meningkatkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat,” ungkapnya.

Kepada seluruh perempuan di Kabupaten Blora, lanjut Mbak Etik, diucapkan selamat Hari Ibu. Menurutnya, perempuan dan laki-laki memiliki peran dan kedudukan setara dalam mencapai tujuan negara serta memperjuangkan kesejahteraan di semua bidang pembangunan seperti pendidikan, ekonomi, sosial, politik dan hukum.

“Untuk itu saya mengajak semua perempuan Blora untuk terus maju, menjadi sosok yang mandiri, kreatif, inovatif, percaya diri dan terus meningkatkan kualitas dan kapabilitas dirinya, sehingga bersama laki-laki menjadi kekuatan besar dalam membangun keluarga, masyarakat dan bangsa,” kata Wabup Blora.

Kepada seluruh pengurus dan anggota organisasi wanita yang ada di Blora, disampaikan terimakasih atas sinergi yang terjalin baik dalam Sesarengan mBangun Blora. Terutama untuk Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Blora, atas nama Pemkab Blora disampaikan apresiasi dan ucapan terimakasih atas dukungan mental dan spiritual kepada jajaran ASN Pemkab Blora, sehingga dalam melaksanakan tugas dapat berjalan dengan baik dan lancar. “Dirgahayu Dharma Wanita Persatuan,” ucapnya.

Wabup berharap rangkaian kegiatan hari itu, yang juga dalam rangka Hari Jadi ke-274 Kabupaten Blora, dapat menjadi kesempatan yang baik untuk meningkatkan kualitas SDM dengan berolahraga, sebab seperti kita tahu peningkatan kualitas SDM tidak hanya sekedar meningkatkan keterampilan dan pengetahuan saja tetapi juga perlu adanya peningkatan kualitas jasmani dan rohani serta mengajak masyarakat meningkatkan kepedulian sosial, sekaligus menjaga kesehatan.

Setelah menyampaikan sambutan, Wakil Bupati Blora Tri Yuli Setyowati, melakukan pemotongan tumpeng didampingi Sekda Blora Komang Gede Irawadi, SE., M.Si., Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Blora Hj. Ainia Sholichah, SH, M.Pd.AUD, M.Pd.BI, Ketua DWP Kabupaten Blora Ratnasari Irawadi dan Forkopimda Blora. Tumpeng diserahkan Wabup kepada Kepala Dinkes Blora Edi Widayat S.Pd., M.Kes., M.H.

Pada puncak acara memperingati HKN ke-59 digelar senam bersama dan jalan sehat yang diikuti ribuan peserta. Mereka mendapatkan kupon undian gratis dari panitia untuk meraih hadiah menarik, yakni sapi, kambing, sepeda gunung, kulkas, mesin cuci, televisi dan lainnya.

Jalan sehat dimulai setelah pelepasan balon dan pengibasan bendera start oleh Wakil Bupati Blora dan Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Blora Hj. Ainia Sholichah. Start dan finish jalan sehat di Alun-alun Blora.

Membersamai rangkaian acara ada penyuluhan gigi anak sekolah, donor darah, stand bazar pelayanan kesehatan dan flasmob minum, serta lainnya.

Berdasarkan informasi dari Dinkes Blora rangkaian kegiatan sebelunya dalam rangka memperingati HKN ke-59 di Blora yaitu Bakti Sosial (baksos) bantuan air bersih, pengobatan gratis, deteksi dini faktor risiko PTM, CTPS di Desa Singonegoro Kecamatan Jiken, pada tanggal 27 Oktober 2023.

Kemudian upacara peringatan HKN yang dipimpin Bupati Blora Arief Rohman, S.IP., M.Si di halaman Setda Kabupaten Blora pada tanggal 13 November 2023.

Sementara itu, salah seorang peserta jalan sehat Anis, mengaku ikut acara itu ingin berburu hadiah utama, yaitu sapi.

“Siapa tahu bernasib baik dapat hadiah sapi, tapi yang lebih utama itu biar badan sehat, bisa berkumpul bersama teman, dan menyemarakkan HKN 2023 di Blora,” kata dia. (Tim Dinkominfo Blora).



    Berita Terbaru

    Kalaksa BPBD Blora : Pos Komando Tanggap Darurat Bencana 2024 Dilaksanakan Lintas Sektoral
    15 April 2024 Jam 13:43:00

    Pemerintah Kabupaten Blora mendirikan pos komando tanggap darurat bencana banjir, tanah longsor...

    Jelang Lebaran Ketupat 2024, Penjual Janur Kelapa Bermunculan di Pasar Tradisional
    12 April 2024 Jam 12:24:00

    Penjual janur kelapa mulai bermunculan di pasar tradisional Blora, Jawa Tengah menjelang Lebaran...

    Aman dan Lancar, Pengamanan Idulftri 1445 H dan Arus Mudik Polres Blora Diapresiasi Bupati
    11 April 2024 Jam 09:49:00

    Bupati Blora Dr. (Chand) H. Arief Rohman, SIP, M. Si menyampaikan apresiasi atas pelaksanaan...