Seputar Blora

SMPN 2 Cepu Raih Penghargaan Gala Kreasi Video KSS Kemendikbudristek RI


Blora - Karya video siswa SMP Negeri 2 Cepu Kabupaten Blora, masuk 10 nominasi terbaik dan menerima penghargaan Gala Kreasi Video Kampanye Sekolah Sehat (KSS) Tahun 2023 yang diselenggarakan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia (Kemendikbudristek RI).

Hal itu dibenarkan Kepala Bidang Pembinaan Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Blora Titik Umiyati, S.Pd, M.Si.

“Ini berdasarkan surat yang kami terima dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, SMPN 2 Cepu mendapatkan penghargaan terkait sekolah sehat,” kata Titik Umiyati, di Blora, Kamis (23/11/2023).

Menurutnya, penghargaan atas karya itu dinilai pas, karena dari kenyamanan anak-anak dalam belajar, penataan desainnya untuk pembelajaran anak-anak memang seperti yang diharapkan. Dimana, anak-anak bisa belajar dengan tenang, nyaman dan kantinnya memenuhi syarat untuk menjadi sekolah sehat.

“Ada beberapa instrumen penilaian dan di SMPN 2 Cepu itu ada dalam instrumen penilain sekolah sehat,” jelasnya.

“Kami dari Dinas Pendidikan mengapresiasi yang sangat luar biasa untuk SMPN 2 Cepu. Sehingga harapan kami untuk sekolah yang lain, itu menginspirasi dan bisa belajar atau studi tiru dari SMPN 2 Cepu,” tambahnya.

Dari studi tiru itu, kata Titik Umiyati, nantinya bisa diimplementasikan di satuan pendidikan sekolah-sekolah yang ada di Kabupaten Blora.

“Sehingga tidak hanya di SMPN 2 Cepu saja yang menjadi sekolah sehat, tetapi harapannya semua sekolah yang ada di Kabupaten Blora menjadi sekolah sehat, karena dengan kriteria yang ada itu bisa menjadi nyaman untuk anak-anak,” harapnya.

Kepala Bidang Pembinaan Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan Kabupaten Blora Titik Umiyati S.Pd, M.Si mengungkapkan kriteria sekolah sehat yaitu memiliki lingkungan sekolah bersih, indah, tertib, rindang dan memiliki penghijauan yang memadai.

Kemudian, memiliki tempat pembuangan dan pengelolaan sampah yang memadai dan representative. Memiliki kamar mandi/WC yang cukup jumlahnya, memenuhi rasio KM/WC terhadap siswa laki-laki 1:40 dan perempuan 1:25.

Berikutnya, menerapkan kawasan bebas rokok. Kepadatan ruang kelas minimal 1,75 meter persegi per anak. Tingkat kebisingan kurang dari 45 desibel. Memiliki lapangan/halaman/aula untuk pendidikan jasmani

Selanjutnya, memiliki sumber air bersih yang memadai, jarak 10 meter. Ventilasi kelas yang memadai. Pencahayaan kelas yang memadai.

“Dan memiliki kantin sekolah yang memenuhi syarat kesehatan,” tegasnya.

Pada kesempatan yang sama Kepala Seksi Pembinaan SMP Bidang Pembinaan Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan Kabupaten Blora Dian Ahmad Kindarto, S.Pd. SD., menambahkan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi menyelenggarakan Gala Kreasi Video Kampanye Sekolah Sehat (KSS) Tahun 2023.

“Berdasarkan Juknis Gala Kreasi Video KSS 2023, kegiatan ini merupakan ajang pemberian penghargaan kepada satuan pendidikan yang telah mengimplementasikan tiga sehat. Yaitu Sehat bergizi, Sehat fisik dan Sehat Sehat imunisasi,” terang Dian Ahmad Kindarto.

Apresiasi diberikan kepada satuan pendidikan yang memiliki nilai terbaik dalam pembuatan video Kampanye Sekolah Sehat.

“Lomba Video KSS 2023 diikuti oleh berbagai satuan pendidikan mulai dari PAUD, SD, SMP, SMA, SMK, SLB, Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) dan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM). Semua peserta 2.218. Adapun Tema KSS 2023 adalah Sekolah Sehat, Generasi Hebat," terangnya.

Sementara itu Kepala SMPN 2 Cepu M.E Erna Tutik Yustiani, S.Pd., ketika dikonfirmasi, mengatakan penghargaan diberikan oleh Kemendikbudristek RI di The Sultan Hotel & Residence Jakarta pukul 14.00 WIB, Selasa (21/11/2023).

“Alhamdulillah SMPN 2 Cepu ketegori video terpilih untuk kategori SMP, peringkat 10. Semua peserta 2.218. Itu yang buat video anak-anak, jadi kami punya tim,” kata Kepala SMPN 2 Cepu M.E Erna Tutik Yustiani.

Untuk karya video yang diikutkan Gala Kreasi Video KSS 2023 mengambil tema kearifan lokal, yaitu nasi pecel sehat bungkus daun jati. Pihaknya mengaku siap jika SMPN 2 Cepu dijadikan untuk studi tiru terkait sekolah sehat bagi sekolah lain di Kabupaten Blora. (Tim Dinkominfo Blora).

    Berita Terbaru

    OJK Selenggarakan Edukasi, Bupati Blora : Pelajar Perlu Waspada Investasi Bodong dan Pinjol Ilegal
    24 Juli 2024 Jam 21:59:00

    Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Jateng - DIY menyelenggarakan edukasi dalam rangka meningkatkan...

    Program TMMD Sengkuyung Tahap III di Desa Bogorejo Resmi Dibuka
    24 Juli 2024 Jam 14:50:00

    Komando Distrik Militer (Kodim) 0721/Blora menggelar upacara pembukaan program TNI Manunggal...

    Gladi Bersih Pembukaan TMMD Sengkuyung Tahap III 2024 di Desa Bogorejo
    22 Juli 2024 Jam 19:17:00

    Kodim 0721/Blora gelar gladi bersih dalam rangka persiapan pembukaan Upacara TNI Manunggal...