Dinas Kesehatan Blora Raih Dua Kategori Juara Lomba Media Sosial Antar OPD


Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Blora meraih dua kategori juara lomba media sosial (medsos/instagram) antar Organisasi Perangkat Daerah (OPD) 2023 yang diselenggarakan Pemerintah Kabupaten Blora melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo). Yakni, juara kategori Terbaik  dan  Juara kategori Inovatif dan Kreatif.

Penghargaan diserahkan pada acara penganugerahan Blora SocMed Award 2023 di pendopo rumah dinas Bupati Blora, Kamis (1/12/2023) malam, yang dihadiri langsung Bupati Blora Arief Rohman., S.IP., M.Si, pimpinan perangkat daerah serta admin media sosial OPD.

Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Dinkominfo Kab. Blora, Kariyono, ST., MT mewakili Kepala Dinkominfo Blora Pratikto Nugroho, S.Sos., MM menjelaskan ada sejumlah kategori penilaian yang sudah mulai dilakukan tim juri.

“Media sosial yang dimaksud adalah konten di Instagram OPD se Kabupaten Blora. Ada puluhan OPD yang sudah kami data,” jelas Kabid IKP, Kariyono, ST., MT

Kategori penilaian, lanjut Kabid IKP Dinkominfo Blora, meliputi kategori media sosial Terbaik, Teraktif, Kreatif dan Inovatif, Responsif dan Edukatif.

“Hanya saja yang dilakukan penilaian juri khusus konten periode November 2023, atau pasca diselenggarakan pelatihan admin medsos OPD beberapa waktu lalu, (per tanggal 11 November 2023),” ucapnya.

Salah satu tujuan diselenggarakannya lomba Medsos agar semua OPD di Blora aktif di media sosial untuk menyebarluaskan informasi program dan kegiatan serta cepat tanggap jika ada keluhan dari masyarakat.

Adapun Juara kategori Terbaik Dinas Kesehatan Kabupaten Blora. Juara kategori Teraktif Dindukcapil Blora. Juara kategori Inovatif dan Kreatif Dinas Kesehatan Kabupaten Blora. Juara kategori Responsif RSUD Cepu. Juara kategori Edukatif DPUPR Blora.

Penghargaan diserahkan oleh perwakilan juri, Kepala Bappeda Blora, Kepala Dinkes Blora, Kepala Dinkominfo Blora kepada pimpinan OPD yang meraih juara lomba didampingi admin medsos. Sedangkan khusus juara ketegori terbaik diserahkan langsung oleh Bupati Blora Arief Rohman, S.IP., M.Si.

“Alhamdulillah, kita bisa hadir disini dalam rangka Blora Socmed Award 2023, kami ucapkan terimaksih dan apresiasi kepada panita, Pak Kadiskominfo yang telah mempersiapkan kegiatan ini dan juga dari Kantor Bea Cukai Kudus yang telah memfasilitasi melalui dana DBHCHT untuk optimalisasi penggunaan medsos bagi kinerja Pemkab Blora,” kata Bupati Blora yang akrab disapa Mas Arief.

Bupati Blora mengatakan, dirinya beberapa waktu lalu meminta kepada Kepala Dinkominfo Blora Pratikto Nugroho, S.Sos., MM., untuk mengundang teman-teman admin socmed maupun pegiat socmed untuk diaakan kumpul bersama, diskusi dan olahraga bersama.

“Dan saya hadir disana, menyampaikan bahwasanya tuntutan sekarang ini eranya adalah era digital, bahwasanya masyarakat dan para pihak itu memantau kinerja kita, kinerja Bapak/Ibu semuanya, termasuk saya juga, melalui aktivitas media sosial,” jelas Bupati Blora.

Mas Arief ingin agar kedepan teman-teman admin di masing-masing kantor/dinas untuk lebih bisa diajak komunikasi, karena menjadi salah satu tolok ukur kinerja, bagaimana memberikan pelayanan yang terbaik untuk masyarakat.

“Ketika ada pengaduan direspon secara cepat. Jadi masyarakat itu tidak muluk-muluk ketika ada pengaduan minimal ditanggapi,” ucap Mas Arief.

Melalui socmed, lanjut Bupati Blora, masyarakat bisa berinteraksi langsung dengan Pemkab Blora, baik itu aduan, keluhan, kritik, saran untuk kemajuan pembangunan di Kabupaten Blora.

“Kami ucapkan selamat kepada pemenang, bagi yang belum jangan kawatir nanti kita adakan event penghargaan-penghargaan berikutnya, dan saya minta kualitasnya lebih ditingkatkan. Bapak/Ibu supaya bisa memberikan arahan langsung. Paling tidak Kecamatan, jangkauannya bisa meliput potensi desa yang ada,” ungkapnya.

Termasuk di masing-masing OPD punya Kabag dan Kabid, yang kegiatannya bisa diberitakan. Minimal, masing-masing OPD setiap hari ada yang di upload, melakukan apa saja, dan juga antara admin yang satu dan lainnya saling mendukung, saling memberikan like.

“Insya Allah, manfaatnya pasti ada. Jadi kita melayani masyarakat dengan medsos yang ada, medsos kita gunakan menjadi sesuatu hal yang baik,” ucapnya.

Sebelum acara Blora Socmed Award 2023 berlangsung, Sidiq Gandi Baskoro, Pemeriksa Bea dan Cukai Pertama, dari Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) Tipe Madya Kudus mengajak para pegiat media sosial untuk memahami tentang manfaat cukai, sehingga bisa ikut berperan dalam pencegahan peredaran rokok ilegal di Kabupaten Blora.

Dikatakannya, pita cukai pada rokok ini berfungsi sebagai tanda bahwa produk tersebut telah dikenakan cukai dan sah untuk dijual atau digunakan. (Dinkominfo Blora).



    Berita Terbaru

    Mendongeng, Metode Belajar yang Diminati Anak
    20 Juni 2024 Jam 18:32:00

    Mendongeng masih menjadi metode belajar yang saat ini masih diminati anak-anak selain program...

    Penyampaian Informasi Kebijakan dan Program Pembangunan Kepada Masyarakat, Dukung Keterbukaan Informasi Publik
    20 Juni 2024 Jam 16:16:00

    Hasil pembangunan maupun kebijakan yang direalisasikan pemerintah, tidak akan diketahui...

    Pemkab Serahkan Buku Raperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD 2023 Kepada DPRD Blora
    19 Juni 2024 Jam 23:32:00

    Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blora secara resmi menyerahkan Buku Rancangan Peraturan Daerah...