Berita Terkini

Presiden Pastikan Manfaat JKN-KIS Bagi Masyarakat Blora


Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo menyempatkan bersilaturahmi dengan ribuan peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS)  di Gedung Larasati, Kec/Kab. Blora,  Jawa Tengah, Selasa (23/1/2024).

Selain menyapa para peserta JKN-KIS yang ada di Kabupaten Blora, dalam kunjungan kerjanya itu, Presiden juga menunjuk secara acak meminta testimoni dari perwakilan peserta. Pihaknya ingin mendengarkan terkait manfaat program tersebut secara langsung dari masyarakat.

Bahkan, Bupati Blora H. Arief Rohman,S.IP., M.Si., bersama dengan Menteri Kesehatan RI dan Pimpinan BPJS Kesehatan, secara langsung menyaksikan Presiden saat mewawancarai salah satu warganya.

Salah satunya adalah Suwito, warga Kelurahan Bangkle, Kec.Blora, ia ditunjuk secara acak oleh Presiden Jokowi untuk menceritakan pengalamannya dalam memanfaatkan program JKN-KIS.

Suwito, yang bercerita mengalami penyakit di lambung dan kerap kali dibawa ke rumah sakit daerah di Blora.

Presiden Jokowi juga menanyakan bagaimana pelayanan di rumah sakit kepadanya.

“Terus panjenengan kalau kerumah sakit pakai kartu atau KIS nggih? Dipungut biaya mboten? (lalu kalau ke rumah sakit pakai kartu atau KIS ya? Dipungut biaya tidak?)” tanya Jokowi.

“Mboten, penanganane nggih sae (tidak, penanganannya juga bagus),” jawab Suwito di hadapan Presiden.

Seusai mewawancarai Suwito, Jokowi tersebut menyerahkan satu buah sepeda, sebagai bentuk apresiasi kepadanya yang telah mau berbagi pengalaman dihadapan ribuan peserta JKN KIS lainnya.

“Pak suwito diwawancarai juga ngendiko opo onone nggih, dapet sepeda (Pak Suwito diwawancarai juga bilang apa adanya, dapat sepeda,” ucap Jokowi disambut meriah masyarakat.

Hal yang sama juga dilakukan kepada Devi, warga Bangkle, yang telah berani maju dan menceritakan pengalamannya selama memanfaatkan kartu KIS untuk memperoleh pelayanan kesehatan dan dirinya juga bercerita bahwa tidak dipungut biaya.

Presiden mengapresiasi pelayanan rumah sakit tersebut, bahkan menegaskan bahwa memang seharusnya rumah sakit untuk bisa melayani masyarakat dengan baik.

“Pak Bupati katanya pelayananya sae (bagus), karena memang rumah sakit, dokter, harus melayani masyarakat sebaik-baiknya,” terangnya.

Kedatangan Presiden di Kabupaten Blora salah satunya ingin memastikan bagaimana kebermanfaatan Kartu Indonesia Sehat (KIS) dan Kartu Indonesia Pintar  (KIP) bagi masyarakat.

“Ini supaya yang lain juga tahu bahwa pemerintah sudah berusaha penuh agar kehidupan masyarakat baik di bidang kesehatan, ada KIS, di bidang pendidikan ada Kartu Indonesia Pintar (KIP), KIP kuliah juga ada ditambah lagi anggarannya,” paparnya

Berkaitan dengan silaturahmi dengan para peserta JKN KIS di Blora ini, Presiden ingin memastikan pelaksanaan program tersebut di daerah.

“Saya ingin bertemu dengan bapak ibu sekalian ingin memastikan bahwa KIS itu sangat berguna BPJS itu sangat berguna bagi rakyat kita itu yang pengn saya sampaikan,” kata Jokowi.

Pihaknya mengapresiasi masyarakat Blora yang telah terus terang menceritakan bagaimana bermanfaatnya KIS ini.

“Saya senang tadi semuannya sudah menyampaikan secara blak-blakan tadi sudah saya tunjuk secara acak untuk memastikan bahwa Kartu Indonesia Sehat, BPJS betul-betul bermanfaat bagi seluruh masyarakat kita,” ujarnya.

Hadir pula dalam kegiatan tersebut sejumlah Menteri, yakni Menko PMK, Menteri PUPR, PJ Gubernur Jawa Tengah, pimpinan BPJS Kesehatan, serta Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Blora. (Tim Dinkominfo Blora).

    Berita Terbaru

    Seleksi Calon Paskibraka 2024, Kaban Kesbangpol Blora : Diharapkan Terpilih Calon Paskibraka Berpotensi Tinggi, Semangat dan Bertanggungjawab
    17 April 2024 Jam 12:33:00

    Pemerintah Kabupaten Blora melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) telah...

    Kalaksa BPBD Blora : Pos Komando Tanggap Darurat Bencana 2024 Dilaksanakan Lintas Sektoral
    15 April 2024 Jam 13:43:00

    Pemerintah Kabupaten Blora mendirikan pos komando tanggap darurat bencana banjir, tanah longsor...

    Jelang Lebaran Ketupat 2024, Penjual Janur Kelapa Bermunculan di Pasar Tradisional
    12 April 2024 Jam 12:24:00

    Penjual janur kelapa mulai bermunculan di pasar tradisional Blora, Jawa Tengah menjelang Lebaran...