Seputar Blora

Pemkab Blora Gelar Musrenbang RPJPD 2025-2045 dan RKPD 2025


Pemerintah Kabupaten Blora menggelar Musyawarah Pembangunan Daerah (Musrenbang) Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) 2025-2045 dan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) tahun 2025 di Graha Oktana Politeknik Energi dan Mineral Akamigas (PEM Akamigas) Cepu, Kamis (28/3/2024).

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Blora A. Mahbub Djunaidi, S.Pd., M.Si melaporkan acara itu sudah langkah yang kelima dilakukan setelah Musrenbang desa, Kecamatan, Kabupaten, Forum Lintas OPD dan pendapat masyarakat.

“Maka hari ini kita Musrenbangkan untuk menerima masukan serta arahan dari pemangku kepentingan, untuk penyempurnaan RPJPD dan RKPD tahun 2025. Ini adalah kerja bareng kita, hasil MoU kita dengan perguruan tinggi, ” kata A. Mahbub Djunaidi dalam laporannya di hadapan Bupati Blora dan Forkopimda Blora serta undangan lainnya yang hadir di Musrenbang.

Kepala Bappeda Blora menyampaikan terimakasih kepada perguruan tinggi yang telah mendampingi, di antaranya Plt. Rektor UNS Dr. Chatarina Muliana, S.H., S.E., M.H., kemudian Rektor Unnes Prof Dr S Martono, M.Si. dan Wakil Rektor Prof. Dr. Ngabiyanto M.Si. Termasuk dengan PEM Akamigas, yang telah memfasilitasi tempat.

“Ini adalah wujud sesarengan Perguruan Tinggi untuk sesarengan mbangun Blora,” ucapnya.

Dikatakannya, dari Dekranasda Blora pada acara tersebut siap memamerkan hasil UMKM. “Nanti nyuwun tulung dilarisi, tadi Bapak Bupati dan Ibu sudah memberi contoh dilarisi, teman-teman Bappeda nanti juga minta tolong dilarisi,” kata Mahbub.

Dikatakannya, tema dari Musrenbang Kabupaten Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) 2025-2045 dan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) tahun 2025 Penguatan Ekonomi dan Kesejahteraan Masyarakat didukung Pelayanan Publik yang Berkualitas, telah diinput di https://sipd-ri.kemendagri.go.id

“Segala masukan, saran baik yang berupa hibah maupun bantuan sosial maupun bantuan untuk organisasi sudah diinput di sipd-ri.kemendagri.go.id, sesuai dengan komitmen kami dengan KPK satu minggu sebelum musrenbang aplikasi ditutup, sudah tidak ada masukan lagi bantuan berupa hibah, dan lain sebagainya,” tandasnya.

Musrenbang dihadiri 154 undangan, di antaranya dari Bappeda Provinbsi Jawa Tengah, Kemendagri, Setda Blora, Organisasi Wanita atau Organisasi Masyarakat, Tokoh Agama, LSM , Wartawan juga Perguruan Tinggi serta kabupaten tetangga Blora.

Mahbub menjelaskan, sesuai dengan amanat Menteri Dalam Negeri, hasil musrenbang itu untuk menyempurnakan rancangan akhir RPJPD dan RKPD 2025.

Dalam Musrenbang itu Bupati Blora H. Arief Rohman S.IP., M.Si mengatakan masa jabatan kepemimpinannya yang seharusnya lima tahun hanya berlangsung tiga tahun, sehingga Bupati yang akrab disapa Gus Arief itu minta maaf jika dalam pelayanan masih banyak kekurangan.

“Ada beberapa pembangunan infrastruktur yang belum tuntas, tentunya kedepan akan terus dilanjutkan,” ucapnya.

Namun demikian, kata Bupati, sudah mengawali pembangunan infrastruktur dengan segala prioritas selama tiga tahun, yang semestinya bisa dituntaskan hingga lima tahun.

Sementara itu Ketua DPRD Blora HM. Dasum, SE., MMA mengatakan pelaksanaan Musrenbang mempunyai peran dan point strategis dalam penyampaian dokumen hasil penelahan pokok-pokok pikiran DPRD yang merupakan daftar permasalahan berupa saran dan pendapat yang didasarkan pada hasil isu strategis dan isu dinamis yang berkembang di masyarakat saat ini.

“Hasil pelaksanaan reses DPRD, hasil aspirasi masyarakat berdasarkan audiensi, hasil aspirasi berdasarkan demonstrasi komponen masyarakat, hasil studi banding dari DPRD Kabupaten Blora, masukan kelompok pakar, tenaga ahli dan lainnya. Serta telah disinkronisasi dengan prioritas pembangunan,” jelas Ketua DPRD Blora. (Tim Dinkominfo Blora).

    Berita Terbaru

    Berusia 74 Tahun, RSUD dr. Soetijono Blora Punya 6 Inovasi Layanan Kesehatan
    25 April 2024 Jam 17:47:00

    Bertepatan dengan peringatan ulang tahunnya ke-74, Kamis (25/4/2024), RSUD dr. R. Soetijono...

    Lokakarya 7 Panen Hasil Belajar PGP, Bupati Blora Minta Guru Semakin Kreatif dan Inovatif
    24 April 2024 Jam 00:58:00

    Bupati Blora H. Arief Rohman secara resmi membuka Lokakarya 7 Panen Hasil Belajar, Program...

    PENGUMUMAN PENGADAAN CALON DEWAN PENGAWAS PERUMDA AIR MINUM TIRTA AMERTA KABUPATEN BLORA
    23 April 2024 Jam 10:55:00

    Perumda Air Minum Tirta Amerta Kabupaten Blora membuka kesempatan bagi ASN untuk mengisi...