Seni dan Budaya

Ayo Bersiap Nonton ! Blosmed Thethek Festival 2024 Segera Digelar


Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Pratikto Nogroho menyampaikan untuk memeriahkan bulan Ramadan 1445 Hijriah dan memberikan hiburan masyarakat, khususnya warga Blora yang sudah mudik Lebaran 2024, pihaknya akan menggelar lomba ensambel musik kentongan bambu atau yang dikenal dengan sebutan thek-thek untuk kelompok SMP dan SMA sederajat.

“Acara ini mengusung tema Merawat Tradisi Budaya di Bulan Ramadan, sesuai rencana dimulai pukul 20.30. Start dari depan Kantor Pos dan Finish Simpang Empat Grojogan atau panjang rute lebih kurang 1 kilometer. Sedangkan panggung kehormatan di depan kantor Sekretariat Daerah Kabupaten Blora,” jelas Pratikto pada technical meeting di ruang pertemuan Sekretariat Daerah Kabupaten Blora, Selasa 2 April 2024.

Pratikto menjelaskan kegiatan itu dikerja samakan dengan komunitas Blora Sosial Media (Blosmed) sehingga diberi label Blosmed Thethek Festival 2024.

“Tujuannya, memacu kreativitas masyarakat dalam berkreasi. Mengenalkan tradisi yang sudah lama ada kepada generasi muda. Melestarikan tradisi positif saat Ramadan kedalam event berskala Kabupaten. Membangun jiwa kebersamaan dan kekompakan antar Masyarakat Kab. Blora,” ucapnya.

Dikatakan, di tahun 2024 ini untuk pertama kali diselenggarakan tingkat Kabupaten Blora dan akan dilaksanakan pada hari Minggu 7 April 2024 di Jalan Pemuda Blora dengan melibatkan 26 kelompok.

Puluhan peserta dikumpulkan untuk diberi pengarahan tentang tata tertib dan petunjuk teknis di ruang pertemuan Setda Blora, Selasa 2 April 2024. Adapun unsur yang dinilai adalah Kreativitas, Kekompakan Rias/kostum/property, Penampilan.

Kepala Dinkominfo Blora berpesan agar para peserta nanti tidak membawa atribut atau melakukan atraksi yang memicu kerawanan dan membahayakan.

Dijelaskannya, kegiatan itu didukung dan difasilitasi melalui Dana Bagi Hasil Ketentuan di Bidang Cukai Tembakau (DBH CHT) tahun 2024 dari Kantor Pengawasan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) Tipe Madya Kudus. (Tim Kominfo Blora)

    Berita Terbaru

    Kalaksa BPBD Blora : Pos Komando Tanggap Darurat Bencana 2024 Dilaksanakan Lintas Sektoral
    15 April 2024 Jam 13:43:00

    Pemerintah Kabupaten Blora mendirikan pos komando tanggap darurat bencana banjir, tanah longsor...

    Jelang Lebaran Ketupat 2024, Penjual Janur Kelapa Bermunculan di Pasar Tradisional
    12 April 2024 Jam 12:24:00

    Penjual janur kelapa mulai bermunculan di pasar tradisional Blora, Jawa Tengah menjelang Lebaran...

    Aman dan Lancar, Pengamanan Idulftri 1445 H dan Arus Mudik Polres Blora Diapresiasi Bupati
    11 April 2024 Jam 09:49:00

    Bupati Blora Dr. (Chand) H. Arief Rohman, SIP, M. Si menyampaikan apresiasi atas pelaksanaan...