Seni dan Budaya

Pikat Ribuan Penonton, Festival Thek-Thek Pelajar Blora Sukses Digelar


Festival thek-thek perdana tingkat Kabupaten Blora sukses digelar dan menarik ribuan penonton, di Minggu (7/4/2024) malam.

Acara yang tergolong spektakuler di penghujung bulan Ramadan 1445 Hijriah itu diharapkan oleh Bupati Blora Arief Rohman,S.IP.,M.Si bisa digelar kembali tahun depan selama dua hari untuk kategori pelajar dan umum sehingga akan makin meriah.

“Ini luar biasa, saya tidak mengira bisa semeriah ini. Sambutan yang sangat luar biasa. Walaupun di kali pertama dilaksanakan baru tingkat pelajar,” papar Bupati yang akrab disapa Gus Arief.

“Tahun depan bisa dibuat dua hari, yakni di hari pertama untuk kategori pelajar, hari kedua untuk umum,” ucapnya.

Bupati mengucapkan terimakasih kepada Blosmed yang menginisiasi acara itu yakni Komunitas Blora Social Media (Blosmed) bekerja sama dengan Dinas Kominfo dan Kantor Pengawasan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Kudus yang memfasilitasi melalui anggaran DBH CHT 2024.

“Saya sampaikan terima kasih dan apresiasi kepada teman-teman Blosmed dan para pihak yang telah membantu Pemerintah Kabupaten Blora dalam mengangkat potensi tradisi budaya di bulan Ramadhan,” ucapnya.

Dikatakan, waktu pelaksanaan festival thethek pas, yakni di bulan Ramadan dan sudah masuk masa cuti Lebaran 2024. Sehingga acara bisa dinikmati warga Blora sedang mudik ke kampung halaman.

Apalagi, di festival thethek perdana yang dibuka langsung oleh Bupati Arief dan seluruh Forkompimda itu, mendatangkan spesial performance group musik tongklek dari Tuban, Jawa Timur, yaitu Keraton Luwuk.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Pratikto Nogroho pada technical meeting di ruang pertemuan Sekretariat Daerah Kabupaten Blora, Selasa 2 April 2024 menyampaikan sesuai rencana dimulai pukul 20.30. Start dari depan Kantor Pos dan Finish Simpang Empat Grojogan atau panjang rute lebih kurang 1 kilometer.

"Sedangkan panggung kehormatan di depan kantor Sekretariat Daerah Kabupaten Blora,” jelas.

Pratikto menjelaskan kegiatan itu dikerja samakan dengan komunitas Blora Sosial Media (Blosmed) sehingga diberi label Blosmed Thek-Thek Festival 2024.

“Tujuannya, memacu kreativitas masyarakat dalam berkreasi. Mengenalkan tradisi yang sudah lama ada kepada generasi muda. Melestarikan tradisi positif saat Ramadan kedalam event berskala Kabupaten. Membangun jiwa kebersamaan dan kekompakan antar Masyarakat Kab. Blora,” ucapnya.

Dikatakan, di tahun 2024 ini untuk pertama kali diselenggarakan tingkat Kabupaten Blora  melibatkan 25 kelompok.

Adapun unsur yang dinilai adalah Kreativitas, Kekompakan Rias/kostum/property, Penampilan.
Kepala Dinkominfo Blora berpesan agar para peserta nanti tidak membawa atribut atau melakukan atraksi yang memicu kerawanan dan membahayakan.

Sementara itu, untuk pengamanan, melibatkan petugas Polres Blora, Sat Pol PP dan Petugas Perhubungan Dinrumkimhub Blora.

Ketua Blosmed, Pippo Alvaro mengatakan, Blosmed Thek-Thek Fest ini merupakan event pertama yang digelar oleh kumpulan komunitas media sosial dalam hal ini Instagram.

"Ini event pertama kami, dan alhamdulillah berjalan lancar meriah," ucapnya.

Dijelaskan, event thethek tahun ini digelar untuk para pelajar. Hal ini agar para pelajar tetap nguri-uri budaya thek-thek. "Ini kami buat tradisional sehingga dengan harapan para pelajar tahu dan terus nguri- uri thek-thek, " jelas Pippo.

Pihaknya berharap kegiatan seperti ini terus dilakukan setiap tahunnya dengan tetap mengendepankan unsur tradisional. "Harapan kami ini jadi agenda tahunan kami, dan tentunya kedepannya tidak hanya pelajar namun juga digelar untuk umum," terangnya

Selaku yang dituakan di Blosmed, Pippo mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Blora terutama, Bupati Blora yang terus mensupport ide dan gagasan pada event pertama ini.

Sementara itu, Wawan salah satu warga Blora yang pulang ke Blora dari merantau, mengaku senang dan terhibur dengan adanya festival thek-thek. "Jadi hiburan masyarakat Blora khususnya kami yang merantau lama dan pulang disambut oleh acara yang meriah ini," ucapnya

Menurutnya, hiburan festival thethek tersebut sangat bagus. Terlebih baru pertama kali digelar, sehingga bisa terus dilestarikan bisa menjadi agenda tahunan. "Terimakasih pak Bupati kami sangat terhibur, Blora sekarang juga banyak kemajuan," kata Wawan. 

Meskipun hujan rintik, tidak membuat surut penonton yang rindu pertunjukan rakyat. (Tim Dinkominfo Blora).

    Berita Terbaru

    Peduli Lingkungan dan Pengembangan Wisata, Warga Desa Bangowan Bentuk Bank Sampah
    29 Mei 2024 Jam 20:49:00

    Warga Desa Bangowan Kecamatan Jiken mengembangkan Bank Sampah sebagai upaya mengurangi sampah...

    Dinkominfo Blora Gelar Rakor Bersama Admin SP4N-LAPOR! Organisasi Perangkat Daerah
    29 Mei 2024 Jam 15:08:00

    Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Kabupaten Blora menggelar rapat koordinasi bersama...

    Indeks SPBE Meningkat, Bupati Blora : Ayo Sesarengan Bangun SPPBE yang Lebih Baik
    27 Mei 2024 Jam 20:45:00

    Bupati Blora Arief Rohman menghadiri undangan di istana negara dalam rangka mengikuti acara SPBE...