Seputar Blora

UDD PMI Blora Kini Punya Gedung Baru Untuk Pusat Pelayanan Kemanusiaan


Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Blora. Ir. Sutikno Slamet menjelaskan sebagaimana telah diinstruksikan oleh PMI pusat bahwa tahun 2024 semua gedung Unit Donor Darah (UDD) di seluruh Indonesia harus sudah terakreditasi.

“Dengan segala daya dan upaya segera bergegas menyiapkan diri untuk segera membangun gedung dan melengkapi sarana prasarana yang diperlukan UDD sesuai standar yang telah ditentukan,” kata Sutikno Slamet pada peresmian gedung baru UDD PMI Kabupaten Blora di Jalan GOR I Kecamatan Blora, Kamis 15 Mei 2024.

Pembangunan gedung UDD PMI telah dimulai bulan Juni 2023 dengan menelan biaya Rp1.648.400.000,00. Biaya tersebut belum termasuk kelengkapan sarana dan prasarana lainnya.

“Keberadaan gedung UDD dengan sarana prasarana yang memadai pada saat ini sudah menjadi tuntutan, hal ini tentunya sejalan dengan pokok-pokok kebijakan dan rencana strategis PMI antara lain meningkatkan ketersediaan darah yang aman, mudah dijangkau, berkualitas dan berkesinambungan,” jelas Sutikno Slamet.

Pihaknya melaporkan kepada Bupati Blora Arief Rohman, S.IP., M.Si yang hadir di acara tersebut, bahwa ketersediaan darah di UDD Blora sampai saat ini selalu dalam posisi aman.

“Bahkan mampu mensuplay kebutuhan darah di luar Kabupaten Blora, antara lain RSUD Padangan Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur dan UDD PMI Kabupaten Demak, Jawa Tengah,” terangnya.

Hal itu, didukung oleh pendonor yang tergabung di kampung donor yang ada di desa/kelurahan yang sudah terbentuk sejumlah 31 kampung donor.

Di sela acara, sebagai bentuk kepedulian PMI terkait ketersediaan air bersih bagi anak sekolah diserahkan bantuan tndon air kepada MI Negeri Blora, MTs Negeri Blora dan MA Negeri Blora, masing-masing dua buah tandon air.

Secara simbolis bantuan tandon air diserahkan Bupati Blora Arief Rohman didampingi Forkopimda Blora kepada pihak sekolah yang menerima.

Peresmian gedung UDD PMI ditandai dengan pemotongan tumpeng oleh Bupati Blora Arief Rohman, kemudian diserahkan kepada Sutikno Slamet selaku Ketua PMI Blora.

Selain itu Bupati Blora juga menandatangani prasasti peresmian gedung UDD PMI dan pengguntingan pita, dilanjutkan dengan meninjau ruangan donor darah.

Bupati Blora Arief Rohman mengatakan untuk menjaga kondisi darah yang aman dan berkualitas, PMI diminta untuk terus mengembangkan kampung donor yang ada di desa/kelurahan serta meningkatkan kualitas mutu dan pelayanan.

“Alhamdulillah, Atas nama pribadi dan Pemerintah Kabupaten Blora, saya ucapkan selamat terbangunnya gedung UDD PMI Kabupaten Blora dan diresmikan hari ini,” ucap Bupati Blora Arief Rohman.

Kepada relawan yang tergabung dalam komunitas relawan disampaikan terimakasih atas respon cepatnya dalam membantu saudara-saudara kita yang membutuhkan bantuan darah.

“Semoga gedung ini benar-benar menjadi pusat pelayanan kemanusiaan, baik masyarakat Kabupaten Blora atau siapapun yang membutuhkan pelayanan,” tuturnya.

Selain itu diharapkan memunculkan inovasi baru dalam upaya mempertahankan UDD sebagai lembaga penyedia darah.

“Pertahankan terus dan usahakan menambah jumlah relawan pendonor darah untuk menjamin ketersediaan darah yang aman, sehingga tidak ada keluhan dari masyarakat terkait kekosongan darah,” tegasnya.

Dengan terbangunnya gedung baru yang sesuai dengan standar akreditasi, Bupati Blora berharap PMI dengan salah satu tugasnya sebagai lembaga penyedia darah terus berupaya meningkatkan kualitas dan pelayanan. (Kominfo Blora). 


    Berita Terbaru

    Sambut HUT ke-5, Relawan Kabupaten Blora Buat Ratusan Liter Eco Enzyme
    27 Juli 2024 Jam 09:19:00

    Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Blora Ir. Samgautama Karnajaya,...

    Koordinasi Sinergitas, Dua Jenderal Asli Blora Pulang Kampung
    26 Juli 2024 Jam 21:15:00

    Wakapolri, Komjen Pol. Drs. Agus Andrianto SH, MH, dan Kabaintelkam Polri, Komjen. Pol. Drs....

    Pengabdian Panjang Tuntas, Dua Kepala Dinas di Blora Purna Tugas
    26 Juli 2024 Jam 12:42:00

    Menyusul 54 PNS di lingkungan Pemkab Blora terima SK pensiun dari Bupati Blora, H. Arief Rohman,...