Seputar Blora

Semarak May Day 2024 di Kabupaten Blora


Semarak Hari Buruh Internasional atau May Day 2024 dirayakan dengan penuh semangat di Kabupaten Blora. Acara dihelat di lapangan Kridosono Blora, Minggu 19 Mei 2024 pagi.

Acara dihadiri Wakil Bupati Blora Tri Yuli Setyowati, ST., MM, Wakil Ketua DPRD Blora Siswanto, Perwakilan Forkopimda Blora, Kepala Dinperinnaker Blora Endro Budi Darmawan, SE., M.Si beserta jajarannya, Perbankan, Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia Kabupaten Blora, Ketua Serikat Pekerja Kabupaten Blora dan ratusan peserta senam pagi dan jalan sehat.

Ketua panitia penyelenggara Fredi Hinggo Sugiarto dalam laporannya menyampaikan maksud dan tujuan diselenggarakannya peringatan Hari Buruh Internasional tahun 2024 tingkat Kabupaten Blora, bahwa May Day merupakan momentum kebersamaan bagi pekerja, pengusaha dan pemerintah guna menciptakan hubungan industrial yang dinamis, kondusif, harmonis dan berkeadilan bagi kesejanteraan pekerja/buruh.

“Tema yang diusung, May Day 2024, Kerja bersama wujudkan pekerja/buruh yang berkompeten. Peringatan. Peringatan Hari Buruh Intenasional tahun 2024 tingkat Kabupaten Blora diikuti unsur APINDO, Serikat Pekerja yang ada di Blora,” jelas Fredi.

Pada acara itu Wakil Bupati Blora Tri Yuli Setyowati mewakili Bupati Blora H. Arief Rohman, S.IP., M.Si dalam sambutannya menyampaikan, melalui momentum peringatan hari buruh mengajak untuk membangun keharmonisan dalam hubungan kerja dan menciptakan simbiosis mutualisme yang berazaskan keadilan dan berlandaskan profesionalitas.

“Hari Buruh Internasional hendaknya yeng setiap tahun diperingati pada 1 Mei, hendaknya menjadi pengingat untuk senantiasa berkomitmen dalam mengedepankan profesionalitas dan hubungan kerja yang sehat serta memelihara hubungan baik antara pekerja, pengusaha dan pemerintah,” kata Wabup Blora Tri Yuli Setyowati.

Mbak Etik, sapaan Wabup Blora, mengatakan masa depan dunia ketenagakerjaan akan dipenuhi dengan dinamika dunia usaha dan dunia industri, yang dipengaruhi oleh perkembangan teknologi dan informasi serta telah memasuki era digitalisasi.

“Oleh karena itu masa depan dunia ketenagakerjaan sangat ditentukan oleh kompetensi dan daya saing pekerja/buruh, yang akan berperan besar terhadap daya saing bangsa,” terangnya.

Peningkatan kompetensi dan daya saing pekerja/buruh memiliki dua tujuan utama. Yaitu meningkatkan keterampilan, keahlian, kemampuan dan kapasitasnya sehingga mampu meningkatkan karirnya. Kemudian, membekali diri dengan berbagai keterampilan dan kompetensi yang dapat digunakan sebagai alih profesi.

“Dua hal tersebut sangat penting agar pekerja/buruh dapat terus survive menghadapi dinamika dunia ketenagakerjaan yang semakin dinamis dan kompetitif,” tegasnya.

Wabup Blora Tri Yuli Setyowati mengimbau pekerja dan pengusaha untuk senantiasa bekerja sama, bersinergi dengan pemerintah sehingga tercipta langkah yang selaras untuk Sesarengan mBangun Blora.

Peringatan Hari Buruh Intetnasional tahun 2024 tingkat Kabupaten Blora diawali dengan senam pagi bersama, kemudian penyampaian tali kasih dari BPJS Ketenagakerjaan, pemotongan tumpeng, pelepasan balon udara oleh Wabup Blora, pelepasan peserta jalan sehat dari start dengan mengibaskan berdera, pengundian hadiah utama oleh Wakil Bupati Blora didampingi Forkopimda Blora, dilanjutkan pengundian dooprize.

Sedangkan rute jalan sehat (santai) yang ditempuh adalah Lapangan Kridosono-Jalan Bhayangkara-Jalan Ahmad Yani-Jalan Pemuda-Tugu Pancasila – Blok T – Jalan Rajawali – Finish Lapangan Kridosono.

Suasana meriah diiringi pertunjukkan live musik dengan menampilkan sejumlah penyanyi lokal Blora. Peserta juga mendapatkan layanan kesehatan dari petugas terkait seperti pemeriksaan tekanan darah, gula darah hingga donor darah. Yang tidak kalah menarik, tumpeng yang dipotong oleh Wakil Bupati Blora diberikan kepada salah seorang pekerja yang berulangtahun pada hari Minggu 19 Mei 2024. Sementara beberapa peserta undian yang beruntung mendapatkan hadiah menunjukkan ekspresi kegembiraan dan bahagia. (Tim Kominfo Blora).



    Berita Terbaru

    Sambut Hari Bhayangkara ke-78, Polres Blora Laksanakan Giat Bakti Religi
    14 Juni 2024 Jam 15:11:00

    Polres Blora gelar personel untuk melaksanakan bakti religi dan bakti sosial di wilayah...

    Bupati Blora : Terminal Bus Cepu Jadi Terbaik di Perbatasan Jateng - Jatim, Terimakasih Pak Presiden, Pak Menteri Perhubungan
    13 Juni 2024 Jam 21:52:00

    Bupati Blora, H. Arief Rohman, terkesan dengan hasil pembangunan Terminal Bus Tipe A Cepu,...

    Puncak Hari Lingkungan Hidup 2024, Ribuan Pohon Ditanam di Sepanjang Jalan Sumber-Temulus
    13 Juni 2024 Jam 20:16:00

    Penanaman ribuan pohon di sepanjang jalan Sumber - Temulus, Kecamatan Menden menjadi puncak...