Seputar Blora

Fosil Gading Gajah Purba Ditemukan Warga di Sungai Bengawan Solo


Warga Desa Kapuan, Kecamatan Cepu, Blora menemukan fosil gading gajah purba elephas hysudindricus yang diprediksi berusia ratusan ribu tahun

Gading gajah pertama kali temukan Trio Nur Koimudin (25) warga Kapuan saat hendak mencari ikan di sungai Bengawan Solo.

"Gading tersebut tertimbun di bebatuan sedimentasi sungai Bengawan Solo, setelah dilihat secara detail terlihat seperti gading gajah," jelasnya, Selasa (21/5/2024).

Udin menjelaskan setelah melihat benar adanya gading tersebut, dirinya lantas melapor kepada Pemerintah Kabupaten Blora melalui Dinas Kepemudaan Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Dinporabudpar) Kabupaten Blora.

"Kemarin langsung lapor pada dinas terkait, agar dicek sama tim yang bersangkutan," ucapnya.

Begitu ada laporan tersebut, tim dari Pemerintah Kabupaten Blora melalui Dinas Kepemudaan Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Dinporabudpar) Kabupaten Blora langsung menuju lokasi untuk mengecek keberadaan fosil gading gajah purba tersebut.

"Tim langsung berangkat dan dicek dan hari ini dilakukan kegiatan ekskavasi untuk nanti dikonservasi, dan dirawat di Rumah Artefak, yang memfasilitasi penyimpanan benda Cagar Budaya milik pemkab Blora,” jelas Widyarini S., SST, MM Kepala Bidang Kebudayaan Dinporabudpar Kabupaten Blora, mewakili Kepala Dinporabudpar, Iwan Setiyarso, S.Sos., M.Si.

Pihaknya juga mengapresiasi pada warga yang telah melapor adanya penemuan fosil gading ading gajah purba yang ditemukan di desa Ngloram ini.

"Kami mengapresiasi pelaporan temuan fosil yang dilakukan Khoimudin tersebut. Kesadaran masyarakat seperti inilah yang patut dicontoh,” ucapnya.

Dia menjelaskan, sesuai Undang- Undang No 11 Tahun 2010 tentang Cagar Budaya, setiap temuan benda yang patut diduga cagar budaya harus dilaporkan dalam waktu paling lambat 30 hari sejak ditemukan.

Menurutnya, pihaknya mempunyai kewajiban menindaklanjuti laporan tersebut. Sebab, jika warga penemu berniat menyerahkan ke pemerintah maka dinas terkait wajib merawat dan menjaga agar tidak lenyap.

Gading gajah purba itu berhasil diamankan dan setelah dikonservasi akan ditempatkan di Rumah Artefak yang terletak di bagian sayap kiri GOR Mustika Blora.

“Rumah Artefak selama ini menjadi tempat penyimpanan cagar budaya milik Pemkab Blora," jelasnya. (Tim Dinkominfo Blora).


    Berita Terbaru

    Sambut Hari Bhayangkara ke-78, Polres Blora Laksanakan Giat Bakti Religi
    14 Juni 2024 Jam 15:11:00

    Polres Blora gelar personel untuk melaksanakan bakti religi dan bakti sosial di wilayah...

    Bupati Blora : Terminal Bus Cepu Jadi Terbaik di Perbatasan Jateng - Jatim, Terimakasih Pak Presiden, Pak Menteri Perhubungan
    13 Juni 2024 Jam 21:52:00

    Bupati Blora, H. Arief Rohman, terkesan dengan hasil pembangunan Terminal Bus Tipe A Cepu,...

    Puncak Hari Lingkungan Hidup 2024, Ribuan Pohon Ditanam di Sepanjang Jalan Sumber-Temulus
    13 Juni 2024 Jam 20:16:00

    Penanaman ribuan pohon di sepanjang jalan Sumber - Temulus, Kecamatan Menden menjadi puncak...