Berita Terkini

Sebanyak 164 Kelompok Tani Blora Terima Bantuan Pompa Air Dari Kementan RI


Kementerian Pertanian RI menyerahkan bantuan pompa air kepada 164 kelompok tani yang ada di Kabupaten Blora melalui kegiatan pompanisasi Penambahan Areal Tanam (PAT), Rabu (22/5/2024) di Gedung Balai Benih Dinas P4 Blora.

"Kita menerima bantuan Alsintan berupa pompa air yang mana kita peruntukan untuk kelompok tani yang ada di Kabupaten Blora, semoga dengan bantuan Pak Menteri ini bisa bermanfaat untuk pertanian yang ada di Kabupaten Blora," ungkap Bupati Blora, H.Arief Rohman.

Bupati menuturkan bahwa dengan adanya bantuan pompa dari pemerintah pusat ini akan bermanfaat bagi para petani.

Ia mengungkapkan bahwa di Kabupaten Blora ada sekitar 5 kecamatan yang sumber airnya tersedia dan wilayah lainnya masih perlu usaha lebih untuk mendapatkan air.

"Pompa ini tentunya bisa kita manfaatkan, karena kalau kita bertani ini yang dibutuhkan adalah air, semoga dnegan pompa ini bisa kita manfaatkan untuk menyedot air untuk mengairi lahan pertanian kita," terangnya

Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Jawa Tengah Supriyanto, SP, MP, mengungkapkan bahwa bantuan pompa tersebut diharapkan bisa meningkatkan produksi pertanian.

"Jawa Tengah mendapatkan alokasi 4 ribu unit pompa yang pengirimannya dalam proses, semoga kami di Jawa Tengah, termasuk Blora, bisa memanfaatkan itu untuk peningkatan produksi pangan di Jawa Tengah, di Blora untuk 164 yang di kelompok tani," jelasnya.

Ia meminta kepada para penerima bantuan supaya bisa merawat dan memanfaatkan bantuan pompa air tersebut dengan baik. Sehingga bisa mendukung peningkatan produksi pertanian.

Dalam kesempatan itu Dandim 0721 Blora, Letkol Czi Yuli Hartarto, menyatakan. siap mengawal program dari Kementan dengan membantu para petani yang ada di Kabupaten Blora.

"TNI khususnya Kodim pada intinya membantu petani dalam hal ini pendampingan dan pengawalan mulai dari awal sampai akhir, walaupun saat ini mulai kemarau intinya kita ingin membantu kesulitan masyarakat," jelasnya.

Salah satu penerima bantuan adalah Kelompok Tani Krido Mulyo Desa Patalan,Blora. Mewakili poktan tersebut, Kunarto, menyambut baik adanya bantuan pompa air tersebut.
Ia mengungkapkan bahwa dengan adanya bantuan pompa air tersebut bisa dirasakan manfaatnya oleh para petani.

"Alhamdulillah pemerintah memperhatikan para petani Blora, dulu kendalanya pompanya terbatas jadi petani kalau mau mengairi harus antri nunggu. Kalau ada bantuan pompa ini para petani yang mau mengairi lahannya bisa semakin terbantu," ungkapnya.

Bantuan pompa air sebanyak 164 unit terdiri dari 96 pompa air ukuran 3 inch dan 68 pompa air ukuran 4 inch. Ini merupakan tahap pertama dari usulan CPCL yang pernah dimasukkan ke Kementerian Pertanian. (Tim Dinkominfo Blora).



    Berita Terbaru

    Sambut Hari Bhayangkara ke-78, Polres Blora Laksanakan Giat Bakti Religi
    14 Juni 2024 Jam 15:11:00

    Polres Blora gelar personel untuk melaksanakan bakti religi dan bakti sosial di wilayah...

    Bupati Blora : Terminal Bus Cepu Jadi Terbaik di Perbatasan Jateng - Jatim, Terimakasih Pak Presiden, Pak Menteri Perhubungan
    13 Juni 2024 Jam 21:52:00

    Bupati Blora, H. Arief Rohman, terkesan dengan hasil pembangunan Terminal Bus Tipe A Cepu,...

    Puncak Hari Lingkungan Hidup 2024, Ribuan Pohon Ditanam di Sepanjang Jalan Sumber-Temulus
    13 Juni 2024 Jam 20:16:00

    Penanaman ribuan pohon di sepanjang jalan Sumber - Temulus, Kecamatan Menden menjadi puncak...