Seni dan Budaya

Dewis Bangowan Raih ADWI 2024 Kemenparekraf RI

Desa Wisata (dewis) Bangowan di Kecamatan Jiken Kabupaten Blora, Jawa Tengah, berhasil menembus 100 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2024.

Kabar baik itu datang dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Pengumuman 100 besar ADWI 2024 disampaikan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno, Jumat (24/5/2024).

Dalam pengumuman tersebut, dari 100 Desa Wisata di Indonesia, tujuh desa wisata terbaik berasal dari Jawa Tengah.

Yaitu, Desa Wisata Karangsambung Kabupaten Kebumen, Desa Wisata Pesona Gunung Prau Kabupaten Wonosobo, Desa Wisata Wanurejo Kabupaten Magelang, Desa Wisata Kebondalem Kidul Kabupaten Klaten, Desa Wisata Bangowan Kabupaten Blora, Desa Wisata Sendangsari Kabupaten Rembang, dan Desa Wisata Muncar Moncer Kabupaten Temanggung.

Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga Kebudayaan Pariwisata (Dinporabudpar) Kabupaten Blora, Iwan Setiyarso, S.Sos. M.Si.,mengungkapkan bahwa ini merupakan pencapaian luar biasa yang patut dibanggakan.

"Pencapaian ini patut disyukuri karena persaingan tahun ini semakin ketat dari tahun-tahun sebelumnya. Apalagi tahun ini ada 6.016 desa wisata yang terdaftar ikut serta,” Sabtu (25/5/2024), malam.

Iwan Setiyarso berharap, pencapaian itu bisa menjadi penyemangat desa wisata lain di Kabupaten Blora untuk berbenah dan meningkatkan diri.

Kepala Bidang Pariwisata Dinporabudpar Yeti Romdonah,SE., MM., menambahkan, meskipun menembus penghargaan 100 besar ADWI 2024, pihaknya berharap bisa masuk nominasi 50 terbaik se Indonesia.

“Mohon doanya semoga masuk 50 terbaik,” ucapnya.

Sementara itu Hanif Massadini salah satu Pengelola Desa Wisata Bangowan mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah memberikan dukungan.

“Terimakasih atas dukungan semua pihak, khususnya warga Desa Bangowan serta semangat dan upaya rekan-rekan Pokdarwis,” tuturnya.

Ia berharap, kedepannya akan menjadi lebih baik dalam menggeliatkan pariwisata di Desa Bangowan dan Kabupaten Blora. (Tim Dinkominfo Blora).


    Berita Terbaru

    Sambut Hari Bhayangkara ke-78, Polres Blora Laksanakan Giat Bakti Religi
    14 Juni 2024 Jam 15:11:00

    Polres Blora gelar personel untuk melaksanakan bakti religi dan bakti sosial di wilayah...

    Bupati Blora : Terminal Bus Cepu Jadi Terbaik di Perbatasan Jateng - Jatim, Terimakasih Pak Presiden, Pak Menteri Perhubungan
    13 Juni 2024 Jam 21:52:00

    Bupati Blora, H. Arief Rohman, terkesan dengan hasil pembangunan Terminal Bus Tipe A Cepu,...

    Puncak Hari Lingkungan Hidup 2024, Ribuan Pohon Ditanam di Sepanjang Jalan Sumber-Temulus
    13 Juni 2024 Jam 20:16:00

    Penanaman ribuan pohon di sepanjang jalan Sumber - Temulus, Kecamatan Menden menjadi puncak...