Seputar Blora

KIPAS PAKAI SDA, Inovasi Penanganan Longsoran di Dukuh Kali Klampok Desa Jomblang


Pemerintah Kabupaten Blora melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) berkolaborasi dengan Pemerintah Desa Jomblang Kecamatan Jepon melakukan penanangan longsoran di dukuh Kali Klampok.

Kepala DPUPR Blora Ir. Samgautama Karnajaya,MT., melalui Kepala Bidang Sumber Daya Air (SDA) Ir. Surat, ST., MT., menerangkan kolaborasi itu dilaksanakan sebagai bentuk inovasi yang disingkat KIPAS PAKAI SDA.

“Jadi KIPAS PAKAI SDA adalah inovasi kami di DPUPR Bidang SDA, yaitu Kolaborasi dan Partisipasi Penanganan Kebencanaan Infrastruktur Sumber Daya Air,” kata Surat saat meninjau di lokasi penanganan longsoran di Dukuh Kali Klampok Desa Jomblang, Senin 27 Mei 2024.

Dikatakannya, tahun lalu Kades Jomblang sudah berkirim surat kepada DPUPR, minta bantuan agar bisa dilaksanakan penanganan longsoran karena lokasinya merupakan askses jalan utama warga Dukuh Kali Klampok.

“Jadi saling melengkapi antara Pemkab Blora melalui DPUPR Bidang SDA dengan Pemerintah Desa, untuk saling support, kolaborasi. Sesuai ketersediaan alokasi anggaran, maka kami fokuskan untuk pengadaan material bronjong, sedangkan batu belahnya dikolaborasikan dengan pemerintah desa Jomblang, sedangkan partisipasi masyarakat dilakukan dalam bentuk gotong royong tenaga. Inilah inovasi kami dalam rangka penanganan kebencanaan supaya cepat dan tepat sasaran,” jelas Surat.

Adapun 60 bronjong sudah disalurkan ke lokasi dan penanganan longsorann dimulai.

Dijelaskan Kabid SDA DPUPR Blora, Surat, selain di Desa Jomblang, pada awal bulan Januari 2024 pihaknya sudah melakukan KIPAS PAKAI SDA di Desa Jimbung Kecamatan Kedungtuban dan Desa Nglebur Kecamatan Jiken.

“Kemudian hari ini, kami melaksanakan KIPAS PAKAI SDA bersama dengan Pemerintah Desa Jomblang, Kecamatan Jepon. Setelahnya yang sudah siap lagi di desa Pelem Kecamatan Blora,” terang Surat, Kabid SDA.

Kepala Desa Jomblang Agus Mukmin menandaskan, atas nama Pemdes siap melakukan kolaborasi untuk penanganan longsoran di Dukuh Kali Klampok yang kurang lebih dua tahun terjadi.

“Ini kurang lebih dua tahun, jadi Pemdes Jomblang siap kolaborasi dengan DPUPR Bidang SDA. Kami siapkan material batu belah, sedangkan DPUPR membantu bronjong, untuk tenaga nanti dikolaborasikan dengan warga sekitar,” ucapnya.

Agus Mukmin menambahkan setelah penanganan longsoran selesai, maka untuk membatu kelancaran warga dukuh Kali Klampok, segera akan dilakukan pavingisasi jalan yang kondisinya saat ini masih berbatu.

“Jadi menunggu longsoran ini dibronjong terlebih dulu, kebetulan memang sudah kita agendakan melalui APBDes akan di paving,” tegasnya. (Tim Dinkominfo Blora).


    Berita Terbaru

    Sambut Hari Bhayangkara ke-78, Polres Blora Laksanakan Giat Bakti Religi
    14 Juni 2024 Jam 15:11:00

    Polres Blora gelar personel untuk melaksanakan bakti religi dan bakti sosial di wilayah...

    Bupati Blora : Terminal Bus Cepu Jadi Terbaik di Perbatasan Jateng - Jatim, Terimakasih Pak Presiden, Pak Menteri Perhubungan
    13 Juni 2024 Jam 21:52:00

    Bupati Blora, H. Arief Rohman, terkesan dengan hasil pembangunan Terminal Bus Tipe A Cepu,...

    Puncak Hari Lingkungan Hidup 2024, Ribuan Pohon Ditanam di Sepanjang Jalan Sumber-Temulus
    13 Juni 2024 Jam 20:16:00

    Penanaman ribuan pohon di sepanjang jalan Sumber - Temulus, Kecamatan Menden menjadi puncak...