Seputar Blora

Jelang Iduladha 1445 Hijriah, Disnakkeswan Jateng Gelar Bimtek Juleha di DP4 Blora


Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan
(Disnakkeswan) Provinsi Jawa Tengah menyelenggarakan bimbingan teknis juru sembelih halal (bimtek juleha) menjelang Iduladha 1445 Hijriah.

Kepala Disnakkeswan Provinsi Jawa Tengah Ir. Agus Wariyanto, S.IP., menjelaskan bimtek juleha dilaksanakan di ruang pertemuan Dinas Pangan Pertanian Peternakan dan Perikanan (DP4) Kabupaten Blora, Rabu (12/6/2024).

“Ini untuk mempersiapkan Iduladha 1445 Hijriah, yang sebentar lagi akan dilaksanakan supaya sukses, artinya kita penyegaran kembali bagaimana cara memotong atau menyembelih ternak dari persyaratan teknis maupun persyaratan yang ditaati atau syariah, supaya nanti sesuai harapan,” jelasnya.

Selain itu untuk memberikan pemahaman dan keterampilan pada petugas atau juru sembelih halal saat hari raya kurban.

“Intinya dalam rangka Iduladha 1445 Hijriah serta menyediakan bahan pangan asal hewan yang Aman, Sehat, Utuh dan Halal (ASUH),” tandasnya.

Bimtek diikuti 40 orang juleha, terdiri dari 30 orang dari Kabupaten Blora dan 10 peserta dari Kabupaten Grobogan, Rembang, Pati, Kudus dan Jepara.

“Beberapa Kabupaten sudah mempunyai Rumah Potong Hewan (RPH), jadi ini bisa membantu RPH, bisa membantu kelancaran, di RPH itu lengkap peralatannya, jadi bisa bantu panitia,” tambahnya.

Puluhan Juleha antusias mengikuti bimtek dan praktik menyembelih hewan.

Kepala DP4 Blora Ngaliman, SP. MMA., mengucapkan terimakasih atas terselenggaranya bimtek juleha kepada Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Jawa Tengah yang sudah menyelenggarakan di Kabupaten Blora.

“Jadi kami sampaikan terimakasih kepada Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Jawa Tengah yang sudah menyelenggarakan bimtek juleha di Kabupaten Blora, semoga Iduladha nanti sukses dan sesuai harapan,” ungkapnya. (Tim Kominfo Blora).

    Berita Terbaru

    Blora Jadi Pilot Project Pendampingan Pelayanan Kesehatan Calon Pengantin
    25 Juli 2024 Jam 16:05:00

    Blora jadi pilot project program pendampingan calon pengantin (Catin) dari Kementerian...

    Layanan Aduan Wadah Bagi Masyarakat Untuk Menyampaikan Pemikiran Kritis
    25 Juli 2024 Jam 15:52:00

    Inspektur Daerah Kabupaten Blora Irfan Agustian Iswandaru, A.P, M.Si mewakili Pemkab Blora...

    KTNA Blora Ikuti Rembug Utama di Tabanan Bali
    25 Juli 2024 Jam 15:11:00

    Pengurus Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Kabupaten Blora berangkat ke Tabanan Bali untuk...