Seputar Blora

Gebyar PAUD Wujudkan Generasi Anak yang Berakhlakhul Kharimah, Mandiri dan Kreatif


Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kabupaten Blora  Hj. Ainia Shalichah,S.H, M.Pd.AUD., M.Pd.BI menyampaikan, melalui Gebyar PAUD kita mewujudkan generasi anak-anak yang berakhlakhul kharimah, yang mandiri dan kreatif.

“Anak-anak yang hadir pada hari ini punya pengalaman bekal yang tidak bisa dilupakan sepanjang hayatnya. Upaya baik ini semoga Allah berikan kemudahan, kelancaran, dan barokhah manfaat yang besar untuk kita semua,” kata 
Ainia Shalichah, saat membuka Gebyar PAUD tingkat Kabupaten Blora di Pendopo Dinporabudpar, Sabtu (15/6/2024).

Istri Bupati Blora Arief Rohman itu mengatakan Gebyar PAUD merupakan ajang kompetisi tingkat anak usia dini yang sudah diprogramkan dari pusat di Kabupaten/Kota se Indonesia.

“Wadah Gebyar PAUD adalah wadah yang memberikan pengalaman yang luar biasa. Saya mengapresiasi kepada kecamatan-kecamatan yang sudah melakukannya dan sudah mendampingi, tentu atas dampingannya, binaannya Bunda PAUD Kecamatan,” ungkapnya.

Pihaknya menyampaikan selamat kepada TK yang mewakili kecamatan. “Semoga setiap tahun berganti, selain anaknya, juga sekolahnya,” ucapnya.

Menurutnya, tidak hanya Gebyar PAUD untuk acara kompetisi-kompetisi, karena kegiatan seperti ini banyak manfaat yang diambil dari anak lebih dari sekedar di dalam sekolahan, kelas-kelas saja, ada banyak kompetisi, banyak diajak keluar, banyak kegiatan di kecamatan maupun Balai Desa/Kelurahan.

“Itu akan menjadikan anak punya pengalaman yang luar biasa tentang masa usia dininya,” tandasnya.

Plh. Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Blora Irfan Agustian Iswandaru, AP.,M.Si., dalam laporannya menerangkan, tujuan diselenggerakan Gebyar PAUD Tingkat Kabupaten Blora tahun 2024 untuk memotivasi bermain dan belajar serta mengembangkan potensi, bakat yang dimiliki anak usia dini seoptimal mungkin.

Berikutnya meningkatkan motivasi tenaga pendidik dalam melaksanakan tugas pembelajaran dan pengembangan anak usia dini.

Tujuan selanjutnya, menyentuh perkembangan bahasa, motorik, kepekaan irama musik, rasa percaya diri serta keberanian mengambil risiko.

“Peserta dari Gebyar PAUD adalah Anak Usia Dini yang terlayani pada Lembaga PAUD, antara lain Pos PAUD, KB dan TK dari masing-masing kecamatan sejumlah 18 anak sehingga peserta keseluruhan 288 anak,” bebernya.

Adapun jenis lomba untuk anak PAUD Kelompok Bermain yaitu memindahkan bentuk geometri sesuai pola, menyanyi solo (lagu anak-anak), kolase bahan alam, dan gerak lagu dolanan.

Jenis lomba untuk anak PAUD TK yaitu, tari kreasi (Prau Layar), Finger Painting, sepak bola tanpa kiper, dan menyanyi lagu nasional.

Irfan menyampaikan tempat lomba Gebyar PAUD terbagi di tiga  yaitu, Dinas Pendidikan Kabupaten Blora, Dinas Kepemudaan Olahraga dan Kebudayaan, serta di halaman Eks Akper Kabupaten Blora.

Penyelenggaraan Gebyar PAUD tingkat Kabupaten Blora dibiayai dari APBD Kabupaten Blora Tahun 2024.

Pada kesempatan tersebut Bupati Blora, H. Arief Rohman,S.IP.,M.SI turut hadir didampingi Plh. Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Blora Irfan Agustian Iswandaru,AP.,M.Si serta Kabid PAUD dan Dikmas Tulus Prasetyono,SP.

Bupati melihat jalannya kegiatan Gebyar PAUD dan mengelilingi setiap tempat perlombaan. Tidak hanya mengelilingi jalannya kegiatan, Bupati Blora H.Arief Rohman bersama Bunda PAUD Kabupaten Blora Hj. Ainia Shalichah juga sempat berinteraksi dengan peserta lomba dan foto bersama.

Peserta sangat antusias mengikuti jalannya kegiatan sehingga suasana berlangsung meriah. (Tim Kominfo Blora).

    Berita Terbaru

    Pemkab Blora Gelar FGD Pengembangan Daya Saing Daerah
    25 Juni 2024 Jam 20:50:00

    Pemerintah Kabupaten Blora terus berusaha menawarkan potensi daerah dan konsep pembangunan...

    Pasca Dilantik, Petugas Pantarlih Dor To Dor Datangi Rumah Warga Untuk Coklit Data Pemilih Pilkada 2024
    25 Juni 2024 Jam 11:17:00

    Ketua KPU Blora Widi Nurintan Ari Kurnianto mengatakan, 2.671 petugas pemutakhiran data pemilih...

    Ketua TP PKK Blora : Permintaan Masyarakat Terhadap Ketersediaan Hantaran Masih Sangat Ramai
    24 Juni 2024 Jam 21:32:00

    Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Blora Ainia Shalichah...