Berita Terkini

PKK Diminta Terus Kawal Penanggulangan Stunting, ATS, Lansia dan Difabel


 Di sela-sela puncak peringatan hari Kesatuan Gerak PKK ke -52 dan Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat ke -21 tahun 2024 tingkat Kabupaten Blora, Rabu (26/6/2024) siang, Bupati Blora, H. Arief Rohman minta agar PKK terus ikut mengawal penyelesaian angka stunting, penuntasan dan pengembalian Anak Tidak Sekolah (ATS).

Termasuk pemberdayaan ekonomi berbasis potensi lokal untuk menanggulangi kemiskinan, hingga pemetaan bantuan lansia dan difabel.

Menurut Bupati Arief, hal-hal tersebut masih menjadi PR Kabupaten Blora yang butuh bantuan dari ibu-ibu PKK.

"Kami sangat berharap PKK bisa terus ikut mengawal penyelesaian angka stunting, penuntasan dan pengembalian Anak Tidak Sekolah (ATS), pemberdayaan ekonomi berbasis potensi lokal untuk menanggulangi kemiskinan, hingga pemetaan bantuan lansia dan dan difabel," pintanya.

Puncak Peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK ke -52 dan Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat ke -21 tahun 2024 tingkat Kabupaten Blora tersebut, berlangsung meriah di lapangan Langlang Yudo, Desa Banjarejo, Kecamatan Banjarejo.

Acara dimeriahkan dengan bazar UKM PKK se -Kabupaten Blora, donor darah, bakti sosial, pentas seni, apresiasi kader PKK, hingga grebeg gunungan.

Sebelum grebeg gunungan sebanyak 23 buah, terlebih dahulu dilakukan penyerahan bantuan alat bantu untuk difabel, santunan anak yatim, sembako untuk lansia, bibit tanaman untuk perwakilan masyarakat desa, hingga paket makanan bergizi untuk balita lansia.

Lebih lanjut Bupati yang akrab dipanggil Mas Arief itu menyatakan, nilai-nilai kekeluargaan, gotong royong, kerjasama, dan ikatan emosional seorang ibu mempunyai nilai lebih untuk semakin dekat dengan pelayanan masyarakat bawah.

Dicontohkan, baru-baru ini, Ketua TP PKK Blora, sempatkan singgah menjenguk lansia yang tinggal sebatang kara tidak jauh dari Rumah Dinas Bupati.

''Alhamdulillah bisa mendapatkan perhatian lebih. Kami berharap keberadaan PKK bisa lebih berperan bagi masyarakat yang kekurangan." tambah Bupati.

Kepada Dinas atau Perangkat Daerah yang menjadi mitra kerja PKK, Bupati Arief berharap bisa terus meningkatkan sinergitas dan dukungan program kemasyarakatan.

"Kepada seluruh Camat dan Lurah, Kepala Desa se -Kabupaten Blora, tolong juga mendukung kegiatan PKK hingga tingkat Desa. Apalagi PKK punya satuan kader hingga tingkat Dasa Wisma, menjadi ujung tombak pelayanan kesejahteraan masyarakat," tuturnya.

Sementara itu, Ketua TP PKK Kabupaten Blora, Hj. Ainia Shalichah Arief Rohman menyampaikan, ada berbagai kegiatan di peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK dan Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat tahun 2024. Dan sudah berlangsung beberapa pekan.

"Beberapa waktu lalu dilakukan bakti sosial untuk lansia, kerja bakti kebersihan lingkungan di lapangan Kridosono, bedah rumah tidak layak huni di Jepon dan Banjarejo, pelatihan pemberdayaan ekonomi ibu ibu, hingga pemutaran film bangga kencana bersama Forum Genre. Termasuk sejumlah kegiatan lainnya,'' ungkapnya Hj. Ainia Shalichah.

Dia berharap ke depan PKK bisa semakin aktif dan kolaboratif dalam mengambil peran melaksanakan program pokok PKK dan membantu program pembangunan daerah yang dicanangkan pemerintah.

"InsyaAllah PKK siap untuk terus berkontribusi berkolaborasi dan berdedikasi mengabdi untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Blora,'' ujarnya (Tim Kominfo Blora/Prokompim)


    Berita Terbaru

    Bawaslu Rekomendasikan Hasil Kajian Temuan Pantarlih Terlantik ke KPU Blora
    01 Juli 2024 Jam 15:37:00

    Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Blora merekomendasikan hasil kajian atas...

    Dinkominfo Blora Kembali Jadi Pilihan Siswa SMK Melaksanakan PKL
    01 Juli 2024 Jam 15:08:00

    Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Blora kembali jadi pilihan siswa Sekolah Menengah...

    Didampingi Bupati, APTRI Blora Audiensi dengan Dirut Bulog
    29 Juni 2024 Jam 23:48:00

    Pengurus Asosiasi Petani Tebu Rakyat Indonesia (APTRI) Kabupaten Blora Jateng telah membuat...