Pemanfaatan Medsos oleh Instansi Pemerintah Salah Satu Inovasi Dengan Memaksimalkan Teknologi, Ini Juara Blora Medsos Award 2024


Blora Media Sosial (Medsos) Awards Tahun 2024 digelar  Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) di Stadium Budaya Tirtonadi Blora., Jumat (2/8/2024) malam. Event yang cukup spektakuler itu untuk kedua kali digelar dari 2023 lalu.

Pimpinan OPD, Camat, Kepala Kelurahan, Kepala Desa, Perumda Blora, Perbankan serta ratusan admin medsos hadir dengan penuh harap mendapatkan juara. Hiburan musik dari Cadenza Blora dan bintang tamu penyanyi Difarina Indra dari Kabupaten Tuban, Jawa Timur, menjadi daya tarik dan nuansa pembeda.

Bupati Blora H. Arief Rohman, S.IP., M.Si., dalam sambutan yang dibacakan oleh Sekda Blora Komang Gede Irawadi, SE., M.Si., menyampaikan apresiasi kepada seluruh panitia dan admin medsos yang sudah secara maksimal memberikan informasi yang dibutuhkan oleh masyarakat.

“Instansi pemerintah di era modern saat ini sangat terbantu dengan pesatnya perkembangan teknologi informasi,” ucap Sekda Blora.

Adanya internet membuat jarak dan waktu menjadi tidak berarti. Tranparansi dan kecepatan menjadi keharusan dalam memberikan layanan kepada masyarakat dengan tidak melupakan akuntabilitas kinerja.

Internet menjadi salah satu sarana bagi instansi pemerintah untuk memberikan layanan yang cepat dan mudah. Internet juga membuat rakyat lebih aktif mengawasi jalannya layanan publik.

“Pemanfaatan media sosial oleh instansi pemerintah merupakan salah satu inovasi dengan memaksimalkan teknologi,” jelasnya.

Media sosial sebenarnya bukan hanya WhatsApp, Facebook, Twitter ataupun instagram. Semua konten, ide, pemikiran dan komunikasi yang dilakukan secara online juga dapat didefinisikan sebagai media sosial.

Untuk OPD/Kecamatan dan Desa, Bupati Blora Arief Rohman berpesan, media sosial saat ini sudah menjadi kebutuhan dalam hal informasi.

"Jadi diharapkan OPD/Kecamatan dan Desa untuk lebih aktif dalam membagikan kegiatannnya, agar masyarakat tahu aktivitasnya,” kata Bupati Blora Arief Rohman dalam sambutan yang dibaca Sekda Blora Koman Gede Irawadi.

Bupati Blora berharap dengan aktifnya media sosial OPD/Kecamatan, Desa dan Lintas Sektoral di Kabupaten Blora, dapat membuat masyarakat lebih dini dalam mendapatkan informasi yang valid, serta menghindari berita hoaks.

Bupati juga mengucapkan selamat kepada para pemenang nominasi Blora Sosial Media Award 2024.

“Prestasi yang kalian raih merupakan bukti kerja keras, kreativitas, dedikasi dalam mengelola sosial media demi kemajuan daerah kita. Teruslah berinovasi dan menjadi inspirasi bagi yang lain,” ucapnya.

Usai membacakan sambutan Bupati Blora Arief Rohman, Sekda Blora Komang Gede Irawadi menegaskan agar ratusan amdin dan pegiat medsos yang ada di Kabupaten Blora bisa saling dukung sehingga jumlah viewer semakin banyak.

Sementara itu Kepala Dinas Kominfo Pratikto Nugroho, S.Sos, MM, berpesan bagi yang medsosnya belum aktif, harapannya di tahun depan semunya bisa aktif dan lebih baik.

“Dan perlu saya sampaikan, satu harapan Pak Sekda yang selalu saya ingat, tahun yang lalu, jangan hanya media sosial ini, jangan sampai diganggukan sebagai saluran informasi tentang kegiatan-kegiatan yang ada di OPD/ Kecamatan. Kegiatan makan-makan, kegiatan plesir. Ada satu konten yang hari ini sudah kami akomodir, dan hari ini sudah ada kategori layanan masyarakat,” jelasnya.

Berikut juara Blora Media Sosial (Medsos) Awards Tahun 2024 dari masing-masing kategori.

Kategori Layanan Publik :

Juara 1 : Dinas Kesehatan Blora.
Juara 2 : Perumda Tirta Amerta Blora.
Juara 3 : RSUD dr. R. Soeprapto Cepu.

Kategori Non Pelayanan Publik :

Juara 1 : Dinas PUPR Blora.
Juara 2 : Bappeda Blora.
Juara 3 : Dinas Lingkungan Hidup.

Kategori Desa :

Juara 1 : Kelurahan Wulung.
Juara 2 : Media Desa Jati.
Juara 3 : Pemdes Bekutuk.


Kategori Inovatif : Perumda Tirta Amerta Blora.

Kategori Komunikatif : RSUD dr. R. Soeprapto Cepu.

Kategori Aktif : Dinas Pangan, Pertanian, Peternakan, dan Perikanan (DP4) Blora.

Kategori Khusus : Dinas PMD Kabupaten Blora.

(Tim Dinkominfo Blora).



    Berita Terbaru

    Peringati Harlah ke-78 Ribuan Kader Muslimat NU Ikuti Jalan Sehat
    22 September 2024 Jam 20:55:00

    Ribuan kader Muslimat Nahdlatul Ulama (NU) memadati Alun-alun Blora mengikuti acara Jalan Sehat...

    Program Variety Show Lincakan Partisipatif Kerja Sama Pemkab Blora, TVRI Jateng dan Sekolah Vokasi Undip
    21 September 2024 Jam 13:22:00

    Pemerintah Kabupaten Blora lakukan penandatanganan kerja sama dengan stasiun Televisi Republik...

    Bawaslu Blora Desak KPU Segera Tetapkan Lokasi Kampanye, Ketua KPU Blora : Tunggu SK
    21 September 2024 Jam 11:23:00

    Jadwal KPU dalam Peraturan KPU No 2 Tahun 2024 tentang Tahapan dan Jadwal Pemilihan Gubernur dan...