Seputar Blora

Pembaca Berita Idealnya Memiliki Keterampilan Interpersonal


Penyiar senior LPPL Radio Gagak Rimang Blora Eni Susanti atau akrab disapa Mbak Susan mengatakan, diperlukan keseriusan yang sungguh-sungguh untuk menjadi pembaca berita profesional, khususnya berita di radio.

“Pembaca berita idealnya memiliki keterampilan interpersonal yang kuat, mempunyai kepribadian atau percaya diri yang kuat dan tentu berwibawa serta vokal suara yang mendukung,” tutur Mbak Susan saat membimbing siswa PKL jurusan DKV SMK 1 Muhammadiyah Blora di Media Center Dinkominfo Bora, Kamis (8/8/2024).

Dikatakannya, membaca berita untuk radio itu berbeda dengan membaca buku atau lainnya. Intinya selalu fokus pada apa yang kita baca, intonasi dan artikulasi harus jelas dan enak didengar.

"Perlu diperhatikan singkatan, ucapan istilah, pangkat atau nama, apalagi jika menggunakan ejaan lama," tuturnya.

Sementara itu Vidia Bela Pradipta, siswa SMK Muhammadiyah 1 Blora mengaku sangat bersyukur bisa berkesempatan berlatih membaca berita dengan para senior di LPPL Radio Gagak Rimang.

“Selama PKL ini dapat bimbingan dari Direktur LPPL Radio Gagak Rimang dan para penyiar senior lainnya seperti Mbak Susan dan Mbak Tya. Bahkan diberikan kesempatan untuk siaran. Khusus baca berita memang tidak mudah bagi saya, maklum baru pemula, mohon bimbingan,” kata Vidia.

Vidia pun mengakui, harus beberapa kali merekam ulang suara beberapa kali karena salah baca atau tidak tepat intonasinya.

“Iya merekam suara beberapa kali sampai benar. Tapi ini pasti ada hikmahnya, tambah semangat, dan aku banget,” kata Vidia yang bercita-cita ingin jadi reporter. (Tim).



    Berita Terbaru

    Program Variety Show Lincakan Partisipatif Kerja Sama Pemkab Blora, TVRI Jateng dan Sekolah Vokasi Undip
    21 September 2024 Jam 13:22:00

    Pemerintah Kabupaten Blora lakukan penandatanganan kerja sama dengan stasiun Televisi Republik...

    Bawaslu Blora Desak KPU Segera Tetapkan Lokasi Kampanye, Ketua KPU Blora : Tunggu SK
    21 September 2024 Jam 11:23:00

    Jadwal KPU dalam Peraturan KPU No 2 Tahun 2024 tentang Tahapan dan Jadwal Pemilihan Gubernur dan...

    Blora Ekraf Fest 2024 Diharapkan Mampu Promosikan Potensi Ekonomi Kreatif
    21 September 2024 Jam 10:46:00

    Bupati Blora, Dr. H. Arief Rohman berharap gelaran Ekraf Fest 2024 ampu mempromosikan potensi...