Seputar Blora

Program Variety Show Lincakan Partisipatif Kerja Sama Pemkab Blora, TVRI Jateng dan Sekolah Vokasi Undip


Pemerintah Kabupaten Blora lakukan penandatanganan kerja sama dengan stasiun Televisi Republik Indonesia (TVRI) Jawa Tengah dan Sekolah Vokasi Universitas Diponegoro (UNDIP) Semarang dalam Program Variety Show Lincakan Partisipatif dengan tema Sesarengan Mbangun Blora.

Acara itu disiarkan secara langsung melalui Youtube TVRI Jawa Tengah di Pendopo Rumah Dinas Bupati Blora, Kecamatan Blora, Kabupaten Blora, Sabtu (21/9/2024)

Bupati Blora Dr. Arief Rohman, S.IP., M.Si. menjelaskan dalam masa kepemimpinannya yang berjalan 3,5 tahun cukup banyak capaian dari berbagai sektor seperti; perutmbuhan ekonomi, infrastruktur, perairan, dan lainnya.

“Alhamdulillah, pertumbuhan ekonomi dari -4% menjadi +3,5%, dari sisi infrastruktur menganggarkan hampir 1,3 triliun yang terdiri APBD Kabupaten & Provinsi beserta APBN dan dukungan dari Inpres jalan,” jelasnya.

Berkaitan dengan sektor perairan, bupati arief menyebutkan bersama kementrian PUPR bahwa Pemkab Blora mendapatkan pasokan air minum dari Sungai Bengawan Solo melalui proyek Sistem Persediaan Air Minum (SPAM) Strategis.

Kemudian, juga mendapatkan bantuan bangunan berupa bendungan dan embung.

Dalam waktu kepemimpinannya, Bupati Blora selalu berusaha untuk memenuhi seluruh harapan masyarakat Blora untuk kemajuan Kabupaten Blora,

“Harapan Semua Masyarakat Blora itu Ingin DALANE ALUS dan BANYUNE LANCAR TERUS,” jelas Bupati Blora.

Wakil Rektor IV UNDIP Semarang Wijayanto, S.IP., M.Si., Ph.D. sangat senang dengan Kerjasama yang terjalin antara Pemkab Blora dengan Sekolah Vokasi UNDIP Semarang.

Wijayanto menjelaskan UNDIP memiliki tagline ‘UNDIP Bermartabat, UNDIP Bermanfaat’ yang memiliki makna memiliki maksud bahwa UNDIP tetap berkomitmen menjadi kampus yang excellent dan mendunia.

Namun, ia menjelaskan sesuai perkataan Rektor bahwa hal tersebut akan sia-sia apabila tidak memiliki manfaat bagi Provinsi Jawa Tengah.

“Jawa Tengah notabene adalah provinsi yang memiliki penduduk miskin terbesar ke-2 jumlahnya di pulau jawa” jelas Wakil Rektor IV UNDIP.

Wijayanto juga menambahkan bahwa bentuk kerja sama yang terjalin dan telah disepakati adalah Pemberian Beasiswa Putra Daerah Berprestasi dan Miskin dengan tujuan untuk mengentaskan kemiskinan melalui Pendidikan
Ia menegaskan diberikannya beasiswa tersebut sebagai upaya untuk menciptakan investasi Sumber Daya Manusia (SDM) di Kabupaten Blora agar semakin berkembang.

“Investasi SDM sangat-sangat penting,” jelas Wijayanto

Dekan Vokasi Undip menjelaskan secara detail terkait kerja sama yang terjalin bahwa terdapat beberapa kerja sama seperti; keberadaan Dosen/professor asli Blora yang berada di UNDIP akan ikut serta membangun Blora, yang kemudian akan terus berkoordinasi dengan pemerintah untuk bekerja sama membangun desa baik dalam sektor pertanian, perairan, dan membantu master plan pengembangan potensi desa.

“Insyaallah pengabdian-pengabdian yang ada di UNDIP Akan segera langsung hadir di Blora dan dapat berdampak langsung bagi masyarakat," kata Dekan Vokasi Undip.

Kemeriahan suasana Lincakan Partisipatif diramaikan dengan aneka kuliner Blora seperti; serabi, kopi Santen, dan lainnya dengan nuansa pakaian adat samin oleh penonton dan juga adan sesi tanya jawab secara langsung oleh penonton sekaligus penton live streaming dan langsung dijawab oleh narasumber yang hadir.
(Tim Dinkominfo Blora)

    Berita Terbaru

    Program Variety Show Lincakan Partisipatif Kerja Sama Pemkab Blora, TVRI Jateng dan Sekolah Vokasi Undip
    21 September 2024 Jam 13:22:00

    Pemerintah Kabupaten Blora lakukan penandatanganan kerja sama dengan stasiun Televisi Republik...

    Bawaslu Blora Desak KPU Segera Tetapkan Lokasi Kampanye, Ketua KPU Blora : Tunggu SK
    21 September 2024 Jam 11:23:00

    Jadwal KPU dalam Peraturan KPU No 2 Tahun 2024 tentang Tahapan dan Jadwal Pemilihan Gubernur dan...

    Blora Ekraf Fest 2024 Diharapkan Mampu Promosikan Potensi Ekonomi Kreatif
    21 September 2024 Jam 10:46:00

    Bupati Blora, Dr. H. Arief Rohman berharap gelaran Ekraf Fest 2024 ampu mempromosikan potensi...