Seni dan Budaya

Semarak 17’AN Komunitas Tembang Kenangan Blora Pupuk Jiwa Nasionalis


Komunitas Tembang Kenangan Kabupaten Blora kembali menggelar acara Semarak Tujubelasan (17’AN) sebagai program tahunan dalam rangka menyemarakkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Republik Indonesia (RI).

Nuansa merah putih menjadi kostum dominan bagi peserta yang hadir serta tampil di panggung yang ditata apik di ruang pertemuan kawasan Taman Sarbini Blora. Mereka membawakan lagu perjuangan dan lagu kenangan tempo dulu, Sabtu (10/8/2024).

“Tujuan pelaksanaan kegiatan Semarak 17’AN pada hari ini adalah memupuk jiwa nasionalis yang sudah terpatri dari para anggota kami, yang sebagian besar sudah berusia lanjut. Kami terhimpun dalam wadah Komunitas Tembang Kenangan Kabupaten Blora,” kata Presiden Tembang Kenangan Kabupaten Blora Endang Setyowati.

Dikatakannya semarak 17’AN ini sengaja dilaksanakan sebelum tanggal 17 Agustus 2024 guna menyongsong HUT ke-79 Republik Indonesia.

“Selain itu pada acara ini kami ingin melaksanakan silaturahmi antar anggota seluruh Group Tembang Kenangan yang ada di Kab Blora,” tuturnya.

Endang menjelaskan peserta Semarak 17’AN dikuti oleh 18 group/kelompok atau terdiri dari 118 peserta . 

“Beaya penyelenggaraan kegiatan Semarak 17'AN ini sepenuhnya swadana dari semua peserta, dengan menarik kontribusi sebesar Rp75.000,00 tiap peserta," terangnya. 

Ia menambahkan, yang penting, khususnya lanjut usia kekeh mencintai produk dalam negeri, lagu kebangsaan, lagu yang asli Indonesia, terutama tembang kenangan.

"Kita uri-uri, karena generasi sekarang banyak yang tidak tahu lagu-lagu lawas itu seperti apa, namun itu yang kami terus gaungkan,” tambah Endang didampingi pengurus lainnya.

Dalam kesempatan itu, tampilan vokal dan goyangan peserta menjadi pemantik untuk memotivasi generasi masa kini agar tidak melupakan sejarah, dan membumikan semangat perjuangan untuk bangsa Indonesia. (TIM)

    Berita Terbaru

    Normalisasi Bendung Gabus, Optimalkan Kapasitas Tampungan dan Mitigasi Pencegahan Banjir
    23 Oktober 2024 Jam 12:25:00

    Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Blora melaksanakan normalisasi bendung...

    Pemkab Blora Akan Gelar Lomba Gerak Jalan Kecepatan dan Ketepan Waktu
    23 Oktober 2024 Jam 11:15:00

    Pemerintah Kabupaten Blora melalui Dinas Kepemudaan Olahraga Kebudayaan Pariwisata...

    Amalkan Sikap Guyub Untuk Membumikan Paseduluran Sak Lawase
    22 Oktober 2024 Jam 17:34:00

    Jenderal Purnawirawan TNI H. Prabowo Subianto telah melaksanakan pengucapan sumpah sebagai...