Seputar Blora

Pembangunan Tiga Embung Bantuan Kementerian PUPR Untuk Memitigasi Bencana Kekeringan di Blora


Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blora mendapat bantuan pembangunan sejumlah embung-embung kecil dari Kementerian Pekerjaan Umun dan Perumahan Rakyat (PUPR) Direktorat Jenderal Sumber Daya Air melalui Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Pemali Juana Semarang sebagai upaya untuk memitigasi bencana kekeringan yang sering terjadi di Kabupaten Blora setiap tahunnya.

“Jadi, Kementerian Pekerjaan Umun dan Perumahan Rakyat (PUPR) Direktorat Jenderal Sumber Daya Air melalui BBWS Pemali Juana Semarang Satker SNVT ATAB pada tahun ini memberikan bantuan pembangunan embung di Kabupaten Blora sebagai upaya untuk memitigasi bencana kekeringan yang sering terjadi di Kabupaten Blora setiap tahunnya,” jelas Kepala Bidang Sumber Daya Air Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (SDA DPUPR) Kabupaten Blora Ir. Surat, ST., MT, mewakili Kepala Dinas PUPR Blora Ir. Samgautama Karnajaya, ST. MT., di Blora, Kamis (22/8/2024).

Pembangunan embung tersebut tersebar di tiga titik desa yaitu di Desa Jiken Kecamatan Jiken 1 titik dengan kapasitas tampungan air 4.800 M3, di Desa Ketringan Kecamatan jiken 1 titik dengan kapasitas tampungan air 3.200 M3 dan di Desa Andongrejo kecamatan Blora 1 titik dengan kapasitas tampungan air 4.800 M3.

“Pembangunan embung tersebut merupakan instruksi langsung dari Bapak Menteri PUPR dalam rangka mengatasi permasalahan penanganan bencana kekeringan yang sering terjadi setiap tahun di wilayah Kabupaten Blora pada saat musim kemarau tiba,” jelasnya.

Dengan demikian, Kabid SDA DPUPR, Ir. Surat, ST., MT., membenarkan adanya bantuan pembangunan embung dari Pemerintah Pusat.

“Jadi betul bahwa pada tahun ini Kabupaten Blora mendapatkan bantuan dari Pemerintah Pusat melalui BBWS Pemali Juana Semarang berupa pembangunan embung embung kecil sebanyak 3 buah yang menyebar di tiga lokasi yaitu di desa Ketringan Kec. Jiken, Desa Jiken Kec. Jiken dan Desa Andongrejo Kec. Blora,” terangnya.

Surat menyebut, hal itu menindaklanjuti permohonan Bupati Blora Arief Rohman, S.IP., M.Si, kepada Menteri PUPR Dr. (H.C) Ir. H. Basuki Hadimuljono, M.Sc., Ph.D., pada awal tahun 2024 agar Kabupaten Blora diberikan bantuan untuk pembangunan embung-embung dalam rangka mengurangi dampak bencana kekeringan yang sering terjadi pada saat musim kemarau tiba di Kabupaten Blora.

“Akhirnya permohonan Bapak Bupati kita direspon langsung oleh Bapak Menteri PUPR untuk memberikan bantuan kedaruratan bencana kekeringan berupa pembangunan embung-embung kecil tersebut guna mengurangi dampak kekeringan di lokasi lokasi desa terdampak kekeringan yang ada di Kabupaten Blora,” jelasnya.

Sebagai wujud respon dari Bupati Blora, maka Menteri PUPR menugaskan BBWS Pemali Juana Semarang untuk merealisasikan pembangunan embung tersebut di Kabupaten Blora pada tahun ini juga.

“Karena ini sifatnya bantuan kedaruratan kebencanaan kekeringan dan harus segera cepat dilaksanakan pembangunannya agar dampaknya nanti dapat langsung dirasakan manfaatnya oleh masyarakat secara cepat dan tepat kami mendapatkan informasi dari pihak BBWS Pemali Juana Semarang bahwa pelaksanaan pekerjaannya dilaksanakan secara swakelola oleh BBWS Pemali Juana Semarang,” ungkapnya.

"Kami baru dapat informasi dari bapak Yudha Priatna selaku PPK PAT Satker SNVT ATAB BBWS Pemali Juana Semarang yang melaksanakan kegiatan tersebut menyatakan bahwa anggaran kegiatan tersebut bersumber dari APBN dengan nilai total sebesar Rp1,5 Miliar sudah termasuk PPN untuk pembangunan 3 embung yang ada di 3 desa tersebut," jelas Kabid SDA.

Surat menyampaikan program tersebut telah disosialisasikan oleh pihak kementerian melalui Balai Besar Wilayah Sungai Pemali Juana Semarang di pendopo Balai Desa Jiken Kecamatan Jiken Kabupaten Blora pada (18/07/2024) yang dihadiri oleh tiga Kepala Desa (Kades) yaitu Kades Jiken Kec. Jiken, Kades Ketringan Kec. Jiken dan Kades Andongrejo Kec Blora beserta perwakilan tokoh masyarakat dari ke tiga desa tersebut.

Selain itu dihadiri juga oleh Forkompincam dan Dinas PUPR Bidang Sumber Daya Air (SDA) Kabupaten Blora.

Dari hasil sosialisasi tersebut untuk ke tiga desa itu siap mendukung dan menyetujui pembangunan embung yang dilaksanakan di desanya.

Bahkan secara khusus ketiga Kades mengucapkan terimakasih kepada Bupati Blora Arief Rohman, S.IP., M.Si., yang telah memperjuangkan aspirasi warganya untuk membantu mengurangi dampak kekeringan yang ada di desanya.

Mereka juga mengucapkan terimakasih kepada Menteri PUPR dan Kepala BBWS Pemali Juana Semarang yang telah berkenan memberikan bantuan pembangunan embung untuk membantu mengurangi dampak kekeringan di desanya.

Dalam paparannya pihak BBWS menjelaskan bahwa pembagunan embung-embung kecil bertujuan untuk penanganan kekeringan yang ada di desa tersebut,dan sistem pembangunan adalah swakelola.

Konstruksi embung yang dibangun merupakan tipe embung urugan tanah yang dilengkapi dengan saluran inlet dan outlet dilengkapi pintu air, serta pagar keliling embung untuk menjaga keamanan konstruksi embung dan keselamatan warga.

Terkait status aset bangunan embung beserta sarana pendukung tetap milik Kementerian PUPR, pengelolahan diserahkan sepenuhnya kepada desa terkait dan digunakan sepenuhnya untuk kesejaterahteraan masyarakat dan juga pihak desa wajib menjaga, memelihara dan merawat aset embung beserta sarana pendukungnya.

Sementara itu, Arif Rahman salah satu staf dari BBWS Pemali Juana Semarang menjelaskan untuk pembuatan/pembangunan embung kecil ini masih di tahap pelaksanaan pekerjaan galian embung dan penimbunan tanggul.

“Untuk pekerjaan lainnya seperti pemasangan batu dan pagar kita prioritaskan warga lokal untuk bisa ikut bekerja, terkait sumber dana untuk pembangunan embung dari APBN kalau besar kecilnya dana disesuaikan lapangan karena pekerjaan bersifat penanganan kedaruratan kebencanaan, untuk metode pelaksanaan pekerjaan dikerjakan secara swakelola oleh BBWS Pemali Juana Semarang,” jelas Arif Rahman, saat di lapangan, Rabu 21 Agustus 2024. (Tim Kominfo Blora).

    Berita Terbaru

    Program Variety Show Lincakan Partisipatif Kerja Sama Pemkab Blora, TVRI Jateng dan Sekolah Vokasi Undip
    21 September 2024 Jam 13:22:00

    Pemerintah Kabupaten Blora lakukan penandatanganan kerja sama dengan stasiun Televisi Republik...

    Bawaslu Blora Desak KPU Segera Tetapkan Lokasi Kampanye, Ketua KPU Blora : Tunggu SK
    21 September 2024 Jam 11:23:00

    Jadwal KPU dalam Peraturan KPU No 2 Tahun 2024 tentang Tahapan dan Jadwal Pemilihan Gubernur dan...

    Blora Ekraf Fest 2024 Diharapkan Mampu Promosikan Potensi Ekonomi Kreatif
    21 September 2024 Jam 10:46:00

    Bupati Blora, Dr. H. Arief Rohman berharap gelaran Ekraf Fest 2024 ampu mempromosikan potensi...