Seputar Blora

Sukseskan Pilkada 2024, Bawaslu Blora Hadirkan Media dan Admin Medsos OPD


Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Blora mengahadirkan beberapa media local dan admin media sosial OPD Kabupaten Blora dalam pertemuan Sosialisasi Pengawasan Partisipatif dan Peluncuran Indeks Kerawanan Pemilihan (IKP) Tahun 2024 di De Garden & Resto Sukorame, Kecamatan Tunjungan, Kabupaten Blora, Rabu (11/9/2024).

Kegiatan dihadiri oleh Ketua Bawaslu Blora Andika Fuad Ibrahim, anggota Bawaslu, media, dan admin media sosial OPD kabupaten Blora. Adapun sebagai narasumber adalah Kordiv PP dan Datin Bawaslu Blora Irfan Syaiful Maskur, Kasat Intelkam Polres Blora Agus Wibowo, Ketua PWI Kabupaten Blora Heri Purnomo.

"Pertemuan yang melibatkan media lokal bersama admin medsos OPD kabupaten Blora ini sebagai ajang sinergitas dalam mensukseskan Pilkada pada 27 November 2024 mendatang," jelas Ketua Bawaslu Blora Andika Fuad Ibrahim.

Andika Fuad Ibrahim juga menjelaskan peluncuran IKP merupakan uyapa mitigasi yang berdasarkan mitigasi berdasarkan beberapa unsur dimensi yang telah ditetapkan oleh Bawaslu.

“Kami harapkan untuk saling berkontribusi dalam pemilihan apapun tugas yang diberikan sesuai tugas dan perannya masing-masing,” jelas Andika Fuad Ibrahim.

Lebih Lanjut, Kordiv PP dan Datin Bawaslu Blora Irfan Syaiful Maskur menjelaskan dalam paparannya terkait Indeks Kerawanan Pemilu merupakan segala hal yang menghambat proses pemilihan yang demokratis,

“Terdapat 5 Bentuk kerawanan tahapan pemilihan, antaralain; netralitas aparatur pemilihan, penyalahgunaan kekuasaan, politik uang, pelanggaran administrasi dan prosedur,” jelas Irfan Syaiful Maskur.

Irfan juga melengkapi dengan beberapa studi kasus yang telah terjadi beserta Langkah antisipatif yang mungkin dapat dilakukan agar suasana Pilkada 2024 di Kabupaten Blora berjalan dengan lancar, aman, dan kondusif.

Kemudian, Kasat Intelkam Polres Blora Agus Wibowo menyampaikan dari beberapa pemilu yang telah dilakukan sebelumnya iklim demokrasi di kabupaten berjalan dengan baik tanpa ada konflik.

“Alhamdulillah di blora tidak terjadi konflik yang dapat merusak persatuan dan kesatuan,” jelas Kasat Intelkam Polres Blora.

Sedangkan Heri Purnomo, Ketua PWI Blora juga turut angkat suara dan menjelaskan terkait peran media dalam Pilkada 2024 di kabupaten Blora adalah sebagai media informasi, Pendidikan, hiburan, dan kontrol sosial.

“Kolaborasi media memiliki peran krusial dalam menciptakan lingkungan yang kondusif, transparan, dan bermartabat,” jelas ketua PWI Blora.

Sebelum kegiatan sosialisasi berakhir, Ketua Bawaslu Blora berpesan agar rekan-rekan media menyampaikan informasi yang berimbang dan tidak memihak. Kemudian, untuk admin medsos diharapkan mengetahui Batasan sebagai abdi negara dalam masa Pilkada 2024.
(Tim Dinkominfo Blora)

    Berita Terbaru

    Menjenguk Orang Sakit, Bentuk Nyata Solidaritas dan Kepedulian Paguyuban Bhakti Praja Blora
    27 September 2024 Jam 13:19:00

    Mengunjungi dan menjenguk orang yang sedang sakit merupakan kewajiban setiap muslim, terutama...

    Blora Dapat Bantuan Perahu Dayung Kayak dari Kemenpora
    27 September 2024 Jam 10:29:00

    Kabupaten Blora mendapatkan dukungan penting dari Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora)...

    Siswa SD Katolik Krida Dharma Blora Diedukasi Kampanye Lingkungan Sambil Jalan Sehat
    27 September 2024 Jam 10:18:00

    Kepala SD Katolik Krida Dharma Blora, Sr. Imaculata Rahayu Widoningsih, S.SpS., menekankan...