Seputar Blora

Yayasan TITD Klenteng Hok Tik Bio Blora Gelar Perayaan Tiong Ciu


Yayasan Tempat Ibadah Tri Dharma (TITD) Klenteng Hok Tik Bio Blora menggelar perayaan Tiong Ciu (Sembahyang Purnama 15 Peh Gwe Imlek 2575) di altar klenteng setempat, Selasa (17/9/2024) malam.

“Dimana ada beberapa rangkaian kegiatan pada acara ini, kita menggelar sembahyang Tiong Ciu dan doa bersama, kemudian atraksi liong dan barongsai, lelang buah dan tiong ciu pia, dilanjutkan dengan pertunjukan wayang kulit," jelas Budilistijo Suboko Ketua Yayasan TITD klenteng Hok Tik Bio.

Dijelaskannya, setiap 15 bulan 8 (2575 Imlek), tepat bulan sempurna atau bulat, atau pada pertengahan musim rontok menurut penanggalan Tiongkok, adalah saat dilaksanakan sembahyang Tiong Ciu (Harvest Festival).

"Atau di tanah Jawa ini sama dengan sedekah bumi, karena pada saat ini, di jaman dahulu adalah akhir daripada musim panen," terangnya.

Sehingga, kata Suboko, masyarakat mengucapkan terimakasih kepada Tuhan Yang Maha Esa, dengan melaksanakan sembahyang Tiong Ciu.

Ciri khas dari sembahyang Tiong Ciu adalah sajian kue-kue yang bulat seperti bulan.

"Sehingga kadang-kadang orang menyebutnya hari raya kue rembulan," ucapnya.

Dalam sembahyang Tiong Ciu, pihaknya juga mohon berkah kepada Tuhan Yang Maha Esa, dibebaskan dari penyakit, diberikan kesehatan dan rezeki yang penuh berkah.

Sedangkan pada puncak acara digelar pertunjukan wayang kulit oleh dalang muda, Igo Ilham Sampurno dari Desa Tempellemahbang Kecamatan Jepon dengan menampilkan cerita Kongso Adu Jago.

Sekretaris Yayasan Klenteng Hok Tik Bio Blora, Bambang Suharto, menambahkan sebagian warga sekitar datang untuk menyaksikan atraksi liong dan barongsai serta pertunjukan wayang kulit.

“Saya ucapkan terimakasih kepada warga sekitar Klenteng Hok Tik Bio yang sudah berkenan hadir menyaksikan pertunjukan liong dan barongsai serta pertunjukan wayang kulit. Suasana aman dan tertib. Ini sebagai wujud mempererat tali silaturahmi,” ucapnya.

Sementara itu, soto khas Blora dan aneka gorengan seperti pisang dan singkong goreng menjadi sajian kuliner yang menghangatkan suasana dan mempererat kekeluargaan. (Tim).

    Berita Terbaru

    Pemkab Blora Luncurkan Tim Tanggap Insiden Siber
    19 September 2024 Jam 14:02:00

    Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blora melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo)...

    HUT ke-65, DPC PEPABRI Blora Gelar Tasyakuran
    19 September 2024 Jam 08:52:00

    Dewan Pengurus Cabang Persatuan Purnawirawan Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (DPC...

    Kunjungi Menaker, Bupati Bertekad Kurangi Angka Pengangguran di Blora
    18 September 2024 Jam 21:03:00

    Dalam upaya penyediaan lapangan pekerjaan agar angka pengangguran di Blora semakin berkurang,...