Seputar Blora

HUT ke-65, DPC PEPABRI Blora Gelar Tasyakuran


Dewan Pengurus Cabang Persatuan Purnawirawan Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (DPC PEPABRI) Kabupaten Blora menggelar tasyakuran dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke-65 PEPABRI bertempat di rumah dinas Bupati Blora, Rabu, 18 September 2024.

“Acara ini kami selenggarakan dalam rangka memperingati HUT ke-65 PEPABRI,” kata Ketua PEPABRI Cabang Blora Letnan Kolonel Purnawirawan Sri Harjanto.

Ia mengatakan tasyakuran HUT ke-65 PEPABRI merupakan bentuk rasa syukur atas nikmat yang telah diberikan oleh Allah Yang Maha Pemurah karena kita diberi kesehatan prima dan masih mampu memberikan pengabdian untuk masyarakat, bangsa dan negara.

“Tema peringatan Hari Ulang Tahun ke-65 PEPABRI tahun 2024 adalah, Rajut Persatuan Demi Keutuhan Bangsa,” jelasnya.

Dalam sambutan, Letkol Purn. Sri Harjanto membacakan amanat Ketua Umum DPP Pepabri Jenderal Purn. H.Agum Gumelar pada peringatan Hari Ulang Tahun ke 65 PEPABRI tahun 2024.

Dikatakannya, DPP PEPABRI melaksanakan acara syukuran peringatan HUT ke-65 PEPABRI di Monomen Palagan Ambarawa.

Palagan Ambarawa merupakan simbol persatuan dan ketangguhan rakyat Indonesia dalam mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia.

Disampaikan lebih lanjut, pada tahun 2024 merupakan tahun politik yang perlu adanya pemahan bersama dalam berdemokrasi bagi segenap komponen bangsa secara arif bijaksana.
Kita semua meletakkan kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan pribadi maupun golongan.

“PEPABRI adalah organisasi yang mandiri dan berwatak pejuang serta bersifat netral. Namun sebagai individu anggota PEPABRI memiliki kedudukan,hak dan kewajiban yang sama dengan warga negara Indonesia lainnya,” tandasnya.

Dengan demikian, anggota PEPABRI bebas menentukan pilihan politiknya tanpa kehilangan jati dirinya sebagai prajurit pejuang yang berpegang teguh kepada nilai nilai Sapta Marga atau TRIBRATA.

PEPABRI memiliki ciri atau jati diri, Pertama, berwatak pejuang tanpa pamrih yang selalu peduli akan peduli kondisi bangsa dan tidak boleh apatis.

Kedua, berwawasan negarawan yang selalu menempatkan diri sebagai organisasi yang berwawasan negarawan. Artinya, semua yang dipikirkan, diperbuat dan dilakukan diorientasikan untuk kepentingan bangsa dan negara.

Ketiga, PEPABRI organisasi partisipatif yang selalu ikut berperan dan berpartisipasi dalam pembangunan.

Pihaknya mengingatkan kepada seluruh anggota PEPABRI bahwa perbedaan dalam memilih harus berakhir ketika pemilu telah selesai.

“Dan hormati apa yang menjadi keputusan demokrasi. Sebagai warga PEPABRI harus dapat memberi teladan dan edukasi yang baik bagi anggota masyarakat,” tuturnya.

“Sebagai purnawirawan TNI dan Polri kita tetap memiliki watak dan semangat sebagai prajurit TNI maupun Bhayangkari Polri yang mengabdi kepada Bangsa dan Negara,” ucapnya.

Soliditas TNI dan POLRI akan tercapai bila kita tetap bersatu tidak hanya dalam bentuk seremonal belaka,tetapi tetap bersatu dalam jiwa dan semangat untuk kepentingan bangsa dan negara.

“Dirgahayu PEPABRI. Sekali berjuang tetap berjuang, sekali prajurit tetap prajurit dan sekali Bhayangkara tetap Bhayangkara," tegasnya.

Peringatan tahun ini sangat istimewa dan bersejarah karena baru kali pelaksanaan kegiatan tasyakuran HUT PEPABRI selain mendapat dukungan dan bantuan dari Bupati Dr.H.Arief Rohman SIP., M.Si, juga memperoleh sponsor dari
Dandim 0721/Blora, Kapolres Blora dan pihak perbankan. Juga memperoleh bantuan paket sembako dari seorang tokoh wanita Kabupaten Blora Hj. Sri Setyorini.

Berkenaan hal tersebut Ia mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan spirit dan dukungan serta bantuan sehingga agenda tasyakuran bisa berjalan lancar dan sukses.

Disamping itu peringatan HUT PEPABRI kali ini juga sebagai momentum bangkitnya kembali para pengurus dan anggota PEPABRI Kabupaten Blora untuk mengabdikan diri kepada masyarakat dalam sesarengan mbangun Blora.

Sekda Blora Komang Gede Irawadi, SE., mewakili Bupati Blora Arief Rohman, mengawali sambutan menyampaikan ucapan selamat ulang tahun PEPABRI Kabupaten Blora yang ke 65.

Dengan harapan semoga pada peringatan tahun kali ini, bukan hanya menjadi ajang untuk bersilaturahmi, tetapi bisa menjadi momen bagi kita semua untuk meningkatkan semangat dalam menciptakan persatuan dan kesatuan di Kabupaten Blora.

Pemkab Blora memberi apresiasi kepada para pengurus dan anggota PEPABRI yang masih memberikan teladan dalam mewujudkan kerukunan persatuan dan kesatuan masyarakat dengan jiwa pejuang dan semangat kebangsaan yang tidak pudar.

“Sampai saat ini para pengurus dan anggota PEPABRI di Kabupaten Blora masih memberikan kontribusi nyata dalam menjaga stabilitas keamanan dan mendukung ikut berpartisipasi aktif mengabdikan diri dalam sesarengan mbangun Blora,” ungkapnya.

Ia sangat berharap agar PEPABRI tetap menjadi garda terdepan dalam menjaga persatuan bangsa melalui tindakan nyata yang mencerminkan jiwa patriotisme dan nasionalisme.

Disamping itu Sekda Blora Komang Gede Irawadi mengajak kepada seluruh anggota PEPABRI untuk turut serta menjaga kondusifitas dan kedamaian di masyarakat menjelang Pilkada 2024 yang akan digelar 27 November 2024.

“Selamat memperingati HUT PEPBRI ke 65 semoga kita diberikan keberkahan, keselamatan dan kesehatan. Dengan jiwa dan semangat Sapta Marga dan Tribrata mari kita sama-sama membangun Blora yang unggul dan Berdaya saing,” kata Sekda Blora Komang Gede Irawadi.

Selain acara tasyakuran, sebelumnya dilaksanakan ziarah ke TMP Wira Bhakti Blora.
Kemudian, penyerahan paket sembako kepada anggota PEPABRI dan penyerahan tanda penghargaan Satya Lencana lima tahun kepada Kapten Purn Sunarto dan delapan pengurus lainnya.

Tasyakuran diakhiri dengan pemotongan tumpeng dan suka ria bersama diiringi solo urgen dengan menghadirkan penyanyi Blora.

“Tasyakuran bisa mewujudkan 3 M : Meriah, Menghibur, Memberi peningkatan spirit pengabdian kepada anggota PEPABRI Blora,” kata Ketua PWRI Blora Bambang Sulistya.

Peserta yang hadir adalah pengurus dan anggota PEPABRI, Unsur Forkompinda dan Berbagai Ormas terkait termasuk Persatuan Wredatama Republik Indonesia (PWRI) serta hadir pula mantan Bupati Blora RM Yudi Sancoyo selaku penaseha DHD 45 dan mantan ketua DPRD Blora HM Kusnanto Ketua DHD 45.  (Tim).

    Berita Terbaru

    Atlet Blora Raih Medali Emas di PON 2024
    19 September 2024 Jam 21:06:00

     Satu hari menjelang penutupan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI 2024 di Aceh dan Sumatera...

    Sejumlah Desa Pinggir Hutan Mampu Lunas Bayar Pajak PBB P2 Tercepat
    19 September 2024 Jam 21:01:00

    Sebanyak 33 Desa di Kabupaten Blora yang telah berhasil melakukan pelunasan PBB-P2 tercepat dan...

    Optimis, Blora Mulai Diminati Investor
    19 September 2024 Jam 20:51:00

    Bupati Blora, Dr. H. Arief Rohman, S.IP. M.Si., optimis kedepannya Blora akan banyak diminati...