Seputar Blora

Atlet Blora Raih Medali Emas di PON 2024


 Satu hari menjelang penutupan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI 2024 di Aceh dan Sumatera Utara, atlet Blora akhirnya meraih medali emas, Kamis (19/9/2024).

Medali emas itu diraih pasangan Berthdigna Devi Surya Kusuma dan Alfian di nomor Speed Klasik Mix Panjat Tebing.

Medali emas, perak dan perunggu yang disumbangkan oleh para atlet Blora untuk kontingen Jawa Tengah di PON 2024 inipun disambut gembira masyarakat olahraga di Kabupaten Blora.

‘’KONI Blora bersyukur bisa berpatisipasi dalam PON XXI Aceh -Sumut dengan berkontribusi dalam kontingen Jawa Tengah sebanyak 18 Atlet dan 6 official/pelatih. Atlet Blora berhasil meraih dan menyumbangkan 1 medali emas, 6 perak dan 8 perunggu dari berbagai cabang olahraga yang diikuti,’’ ujar Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Blora H Setiyono.

Sejak pertandingan sejumlah cabang olahraga di PON 2024 dimulai 3 September mendahului pembukaan PON, 9 September, belum satupun atlet Blora yang mendapat medali emas.

Hingga Kamis siang (19/9/2024), di multievent olahraga terbesar di Indonesia itu, para atlet Blora telah memperoleh medali lebih banyak dibanding PON 2021 di Papua.

Yakni mengumpulkan sebanyak enam medali perak dan delapan medali perunggu. Sedangkan di PON 2021 di Papua, atlet Blora membawa pulang dua keping emas dan dua perak.

Di PON kali ini, Blora menyertakan 18 orang atletnya memperkuat kontingen Jawa Tengah. Mereka tampil di sembilan cabang olahraga. Yakni, Dayung, Triathlon, Drumband, Angkat Besi, Angkat Berat, Bina Raga, Sambo, Panjat Tebing dan Atletik.

Rifki Bagus Winulyo menjadi atlet pertama dari Blora yang meraih medali di PON 2024. Dia mendapatkan perunggu di cabor Dayung di nomor Kayak 1.000 meter putra.

Medali perunggu juga diraih M Yasin dari Angkat Besi di kelas 73 kilogram, Berthdigna Devi di cabang Panjat Tebing di nomor beregu putri Speed Relay.

Mariana Rossa yang berlaga di cabor Atletik di nomor Lempar Cakram juga meraih medali perunggu. Medali perunggu juga diperoleh Yuse Aurelia Alhayyu dari cabang Sambo.

Pelari kembar Blora, Adith Rico dan Adith Rici menyumbang medali perunggu di nomor lari estafef 4X100 meter.

Sedangkan Chelsie Rosalinda yang tampil di Drumband bersama atlet daerah lainnya memborong dua medali perunggu dan dua perak masing-masing di nomor LKKB 6 kilometer putri, LKKB 8 km mix, LKKB Etape 1 dan LKKB Etape 2.

Medali perak lainnya dipersembahkan Adith Rico di nomor lari 100 meter putra, lari estafet 4x400 meter putri oleh Bektiningsih Primadianfitri dkk, serta Panjat Tebing di nomor Boulder putra dan putri oleh Ahmad Hafidz dkk dan Najiha Zahra dkk.

Nomor Speed Klasik Mix yang dipertandingkan terakhir hari Kamis sore ini akhirnya mencatatkan sejarah bagi Blora. Berthdigna Devi Surya Kusuma mendapat medali emas. Medali inipun menyamai prestasi yang diukirnya di PON 2021 di Papua.

Ketika itu Bertdigna Devi dkk meraih emas di nomor Speed Relay bersama atlet Blora lainnya yakni Agustina Sari serta pemanjat tebing Grobogan Aries Susanti Rahayu.

Ketua Umum KONI Blora H Setiyono mengemukakan, dengan keberhasilan ini, KONI Blora sudah berencana akan memberikan apresiasi kepada atlet-atlet Blora yang memperoleh medali dengan memberikan dana pembinaan.

Menurutnya, prestasi para atlet Blora ini ini juga akan dipakai sebagai bahan evaluasi dalam pembinaan atlet di masa yang akan datang.

‘’Terutama dalam menghadapi Kualifikasi Porprov Jateng tahun 2025 dan Porprov Jateng tahun 2026,’’ tegasnya.

Perolehan Medali Atlet Blora di PON XXI 2024 (1 Emas, 6 Perak, 8 Perunggu)

1. Rifki Bagus Winulyo- Dayung Kayak 1.000 meter(Perunggu)
2. M Yasin-Angkat Besi kelas 73 kg (Perunggu)
3. Berthdigna Devi- Panjat Tebing Beregu Putri Speed Relay (Perunggu)
4. Mariana Rossa- Lempar Cakram (Perunggu)
5. Adit Rico- Atletik-Lari 100 meter (Perak)
6. Drumband LKKB 6km putri Chelsie Rosalinda dkk (perunggu)
7. Drumband LKKB 8km Mix Chelsie Rosalinda dkk (perunggu)
8. Drumband LKKB Etape 1 Chelsie Rosalinda dkk (perak)
9. Drumband LKKB Etape 2 Chelsie Rosalinda dkk (perak)
10. Lari estafet putra 4x100 Adith rico rici dkk (Perunggu)
11. Lari estafe putri 4x400 Bektiningsih Primadianfitri dkk (Perak)
12. Sambo Yuse Alhayyu (Perunggu)
13. Panjat Tebing Boulder putri Najiha Zahra dkk (Perak)
14. Panjat Tebing Boulder Putra Hafidz dkk (Perak)
15. Panjat Tebing Speed Klasik Mix Berthdigna Devi Surya Kusuma +Alfian Fajri (emas).

(Tim)

    Berita Terbaru

    Atlet Blora Raih Medali Emas di PON 2024
    19 September 2024 Jam 21:06:00

     Satu hari menjelang penutupan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI 2024 di Aceh dan Sumatera...

    Sejumlah Desa Pinggir Hutan Mampu Lunas Bayar Pajak PBB P2 Tercepat
    19 September 2024 Jam 21:01:00

    Sebanyak 33 Desa di Kabupaten Blora yang telah berhasil melakukan pelunasan PBB-P2 tercepat dan...

    Optimis, Blora Mulai Diminati Investor
    19 September 2024 Jam 20:51:00

    Bupati Blora, Dr. H. Arief Rohman, S.IP. M.Si., optimis kedepannya Blora akan banyak diminati...