Berita Terkini

Kawasan Seputar Alun-Alun Blora Jadi Pilot Project E-Parkir


Pembayaran parkir di kawasan Alun-Alun Kabupaten Blora dan Pusat Kuliner Koplakan Blora kini bisa semakin mudah dengan menggunakan scan barcode QRIS.

Rencananya, kedua titik tersebut menjadi pilot project pengembangan E-Parkir di Blora.

Launching (peluncuran) E-Parkir di Kabupaten Blora tersebut dilakukan oleh Bupati Blora. Dr.H Arief Rohman, Selasa pagi (24/9/2024) di Area Pusat Kuliner Koplakan, Blora Kota, bersamaan dengan Peringatan Hari Perhubungan Nasional.

Pembayaran parkir diharapkan bisa semakin mudah dan tepat sasaran, pengguna jasa parkir bisa membayar melalui Scan Barcode QRIS yang tertera di kalung ID Card petugas parkir resmi. Pembayaran parkir tersebut langsung masuk ke rekening Pemerintah Daerah.

"Kita perlu sosialisasikan dengan E-Parkir untuk tahun 2024 pilot project di kawasan Alun-Alun, dan Koplakan dengan jumlah petugas parkir 13 orang nanti kita lengkapi QRIS dengan ID masing-masing," terang Kepala Dinrumkimhub Blora Drs. Pitoyo Trusingtyas S, dalam laporannya.

Disampaikan, bertepatan Harhubnas, Pemkab Blora sekaligus melaunching E-Parkir dalam rangka menyukseskan program pemerintah dalam elektronifikasi transaksi Pemda.

Khususnya meningaktan pelayanan kepada masyarakat dengan penganekaragaman cara pembayaran retribusi parkir.

"Harapanya bisa meningkatkan PAD, dan harapannya juga bisa meningkatkan kesejahteraan mitra parkir,' tambahnya.

Nantinya, Jelas Kadinrumkimhub, setiap bulan akan terdata jelas jumlah pendapatan parkir setiap petugas parkir sesuai ID QRIS masing-masing.

"Penghasilannya akan diperhitungkan setiap bulannya," ungkapnya.

Adapun rangkaian launching E-Parkir dilaksanakan sekaligus dalam memperingati Hari Perhubungan Nasional 2024, bersama dengan mitra para petugas parkir di wilayah Kabupaten Bllora dengan total 155 orang.

Pada kesempatan tersebut Bupati Arief secara simbolis memakaikan rompi dan ID card berupa Barcode QRIS kepada perwakilan petugas parkir.
Senada dengan hal tersebut Bupati Blora H. Arief Rohman menyambut baik dan mendukung adanya inovasi E-Parkir.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak, dari Bank Jateng, dalam rangka E-Parkir yang tentunya adanya E- Parkir ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas pelayanan parkir kepada masyarakat," papar Bupati.

Bupati berharap nantinya pilot project tersebut kedepannya bisa diterapkan lebih luas.

"Mungkin nanti percontohan dulu kalau nanti sukses, kami minta untuk bisa diperluas di tempat-tempat yang lain, karena sekarang orang banyak pakai HP bayar apa-apa pake QRIS jadi lebih mudah," terangnya.

Bupati juga mengucapkan selamat hari perhubungan nasional semoga momentum Harhubnas ini akan menjadi tolak ukur keberhasilan Kabupaten Blora dalam melayani dalam bidang perhubungan.

Termasuk kepada para petugas parkir, Bupati mengucapkan terima kasih atas segala sinergi yang terjalin selama ini.

"Semoga nanti kita bisa menjaga kerapian ketertiban dan muaranya masyarakat senang dan nyaman, kalau memarkir jangan lupa senyum ya," pungkasnya.

Hadir pada kesempatan tersebut Sekretaris Daerah Kab Blora, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekda Blora, Inspektur Daerah, Pinca Bank Jateng Blora, Kepala Dinrumkimhub Blora, Plt Kepala BPPKAD Blora, perwakilan petugas parkir se Kecamatan Blora. (Tim Dinkominfo Blora)

    Berita Terbaru

    Kawasan Seputar Alun-Alun Blora Jadi Pilot Project E-Parkir
    25 September 2024 Jam 06:56:00

    Pembayaran parkir di kawasan Alun-Alun Kabupaten Blora dan Pusat Kuliner Koplakan Blora kini...

    Mulai 1 Oktober, Seragam PPPK dan Jam Kerja Guru di Blora Berubah
    25 September 2024 Jam 06:12:00

    Mulai tanggal 1 Oktober 2024 pakaian dinas atau seragam Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian...

    Kadin Blora Diharapkan Segera Bentuk Tim Koordinasi Pelatihan dan Pendidikan Vokasi
    24 September 2024 Jam 15:15:00

    Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Jawa Tengah, Harry Nuryanto Soediro, SE., MM,...