Digital marketing merupakan salah satu strategi pemasaran yang efektif pada era modern, saat ini tidak sedikit para pelaku usaha sudah menerapkan strategi pemasaran digital.
Perkembangan informasi yang cepat, menjadi salah satu faktor yang mendorong para pelaku usaha untuk menerapkan digital marketing sebagai strategi pemasaran mereka, terutama bagi para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).
Dengan memanfaatkan teknologi digital sebagai suatu strategi pemasaran, UMKM dapat meningkatkan visibilitas mereka, menjangkau lebih banyak pelanggan, dan dapat bersaing dengan pelaku UMKM lainnya bahkan dengan perusahaan besar.
Pada era digital saat ini, strategi pemasaran digital menawarkan berbagai keuntungan bagi UMKM salah satunya pelaku usaha mikro kecil menengah yang ada di Blora, Jawa Tengah yaitu “Batik Nimas Barokah”.
Batik Nimas Barokah merupakan salah satu pelaku Usaha Kecil Mikro Menengah yang ada di Blora, Jawa Tengah yang didirikan pada tahun 2013 oleh Yanik Mariana selaku Owner atau pemilik dari Batik Nimas Barokah.
Perkembangan Usaha Mikro Kecil Menengah pada Batik Nimas Barokah terbilang baik, berawal dari salah satu produk mereka yaitu ‘Batik Pring Tayub’ yang sudah banyak diketahui oleh masyarakat umum baik dalam Kabupaten Blora maupun luar daerah Kabupaten/Kota.
“Pada waktu tahun 2016 saya mengikuti kegiatan musrenbang di pendopo kabupaten Blora, memperkenalkan batik pring tayub yang sudah dipesan oleh Bapak Ganjar Pranowo sebagai Gubernur Jawa Tengah pada saat itu. Beliau juga yang memberikan nama Batik Pring Tayub itu sendiri,” terang Yanik Mariana, di Blora Rabu (4/12/2024).
Hal ini menjadi salah satu faktor pendorong bagi Batik Nimas Barokah untuk menerapkan strategi pemasaran digital, dengan adanya perkembangan branding produk yang dimiliki Batik Nimas Barokah dapat menjadi salah satu langkah awal yang baik untuk menerapkan strategi pemasaran digital. (Dinas Kominfo Blora).
*Penulis : Dhania Ayu Ninda Sutara.
Mahasiswa Universitas Sebelas Maret jurusan Manajemen Pemasaran. Sedang menempuh pendidikan semester 5 dan melakukan kegiatan magang mandiri (MBKM) di Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Blora.