Dalam dunia bisnis yang semakin kompetitif pada era digital saat ini, sebuah organisasi atau perusahaan perlu untuk melakukan pengoptimalan strategi pemasaran dengan cakupan yang lebih luas dan berkelanjutan.
Strategi pemasaran tidak hanya meningkatkan sebuah visibilitas tetapi juga konversi, kedua tujuan tersebut dapat dicapai dengan memanfaatkan strategi pemasaran digital.
Growth Framework merupakan sebuah komponen sistematis yang mengintegrasikan berbagai strategi pemasaran untuk mencapai tujuan berkelanjutan.
Hal ini dapat membantu perusahaan dalam meningkatkan strategi pemasaran digital, mencapai tujuan berkelanjutan yang terarah, sehingga dapat mengoptimalkan brand awareness, memahami audiens atau pelanggan dan menghasilkan konten berkualitas untuk menarik calon pelanggan.
Komponen utama dari Growth Framework antara lain, Attract (Menarik), Capture (Menangkap), Convert (Mengonversi), Enggage (Melibatkan), Refer (Merujuk).
Dari beberapa komponen di atas perusahaan dapat memanfaatkan beberapa tools atau alat teknologi informasi dan komunikasi.
Perkembangan di era digital saat ini dapat mempermudah perusahaan untuk menerapkan growth framework, seperti menggunakan Internet of Things (IoT) dan memanfaatkan sosial media yang ada.
Menggunakan growth framework merupakan langkah strategis bagi perusahaan untuk meningkatkan visibilitas dan konversi di era digital.
Dengan memanfaatkan perkembangan teknologi informasi digital saat ini, perusahaan dapat merumuskan pendekatan yang lebih optimal dan terstruktur dengan tujuan untuk mencapai pertumbuhan berkelanjutan.
Tantangan digitalisasi saat ini perusahaan harus lebih responsif terhadap perkembangan yang ada.
__________
*Penulis : Dhania Ayu Ninda Sutara, Mahasiswa Universitas Sebelas Maret jurusan Manajemen Pemasaran. Sedang menempuh pendidikan semester 5 dan melakukan kegiatan magang mandiri (MBKM) di Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Blora.