Berita Terkini

RAPAT PARIPURNA ISTIMEWA DPRD MENGIKUTI PIDATO PRESIDEN RI


Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Blora menggelar rapat paripurna istimewa mengikuti siaran langsung pidato kenegaraan Presiden RI dalam rangka HUT ke-73 Kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2018 melalui media televisi, Kamis (16/8/2018).

Rapat paripurna istimewa dipimpin langsung oleh Wakil Ketua DPRD Kabupaten Blora Sri Handayani, SH didampingi sejumlah pimpinan DPRD dengan dihadiri Bupati Blora Djoko Nugroho, Wakil Bupati H. Arief Rohman, M.Si, Forkopimda, Kepala Organisasi Perangkat Daerah dan unsur Forkopimca.

Rapat paripurna juga dirangkaikan dengan penyampaian pengantar/keterangan pemerintah atas RUU tentang APBN Tahun Anggaran 2019 berserta nota keuangan dan dokumen pendukungnya.

Sidang Tahunan MPR 2018 digelar di Gedung Parlemen, Senayan, Jakarta.

Dalam sidang tahunan dalam rangka HUT ke-73 Kemerdekaan Republik Indonesia ini, Presiden Joko Widodo menyampaikan pidato kenegaraannya.

Dalam pidatonya, Jokowi menjelaskan hasil evaluasi kinerja pemerintah dan seluruh lembaga-lembaga negara sepanjang 2017.

Presiden Jokowi mengungkapkan bahwa Indeks Pembangunan Manusia meningkat dari 68,90 di tahun 2014 menjadi 70,81 di tahun 2017. Menurut Jokowi, dengan hasil itu, Indonesia masuk dalam kategori High Human Development.

“Kita bersyukur apa yang kita kerjakan membuahkan hasil, kualitas kehidupan manusia Indonesia dalam empat tahun terakhir terus membaik,” ungkap Jokowi.

Hasil tersebut, dikatakannya, karena fokus perhatian Pemerintah dalam empat tahun terakhir bukan hanya pembangunan infrastruktur. Namun, pembangunan sumber daya manusia juga menjadi modal terbesar dan terkuat sebagai kekuatan besar Indonesia.

“Karena itu, membangun manusia Indonesia adalah investasi kita untuk menghadapi masa depan, untuk melapangkan jalan menuju Indonesia maju. Kita persiapkan manusia Indonesia menjadi manusia yang unggul sejak dalam masa kandungan sampai tumbuh secara mandiri untuk meningkatkan kesejahteraan diri dan keluarganya,” jelasnya.

Jokowi menegaskan komitmen membangun manusia Indonesia itu diwujudkan melalui pendidikan.

“Komitmen ini kita wujudkan melalui pembagian Kartu Indonesia Pintar, yang pada tahun 2017 sudah mencapai lebih dari 20 juta peserta didik, serta perluasan penyaluran program beasiswa Bidik Misi bagi mahasiswa,” jelasnya.

Proses pendidikan, menurut Presiden, harus mampu membuat manusia Indonesia lebih produktif dan berdaya saing.

“Dalam empat tahun ini, kita fokus untuk memperkuat pendidikan serta pelatihan vokasi untuk melahirkan sumber daya manusia terampil, yang siap memasuki dunia kerja,” tambahnya.

Presiden Jokowi juga mengatakan pemerintah terus dorong pendidikan tinggi untuk melakukan terobosan-terobosan sehingga lulusan perguruan tinggi bisa lebih adaptif di era Revolusi Industri, termasuk kemampuan dalam literasi digital, serta mampu menumbuhkan lebih banyak lagi wirausahawan-wirausahawan muda yang kreatif dan inovatif.

Selain itu, Presiden Jokowi menyampaikan apresiasi kepada seluruh lembaga negara, seperti Dewan Perwakilan Rakyat, Majelis Permusyawaratan Rakyat, Dewan Perwakilan Daerah, Komisi Pemberantasan Korupsi, Mahkamah Agung, Mahkamah Konstitusi, Kepolisian Repilublik Indonesia, tentara Nasional Indonesia, dan lembaga negara lainnya.

“Kesuksesan roda pemerintahan bangsa ini juga didorong oleh kerja yang baik dari seluruh lembaga negara, adanya sinergi yang baik antar lembaga negara,” ungkap Jokowi.

Presiden Jokowi berpesan kepada seluruh elemen masyarakat untuk terus menjaga persatuan dan kesatuan.

“Kunci utama mari kita jaga persatuan dan kesatuan, lupakan perbedaan, karena perbedaan itu anugerah, bangsa ini maju karena rakyatnya bersatu, mari kita bekerja bersama menuju Indonesia yang berkeadilan,” pungkasnya. (Dinkominfo Kab. Blora)


    Berita Terbaru

    Terimakasih EMCL, Blora Culture Festival 2024 Sukses Digelar
    07 September 2024 Jam 17:03:00

    Kepala Bidang Pariwisata Dinporabudpar Kab Blora Yeti Romdonah mengungkapkan perasaan bahagia...

    Bupati Blora dan Forkopimda Nayub Bersama 3.000 Penari
    07 September 2024 Jam 16:21:00

    Hari kedua pelaksanaan Blora Culture Festival (BFC) 2024 benar-benar menyusul adanya gelar tari...

    Dinporabudpar Blora Selenggarakan Workshop Management Festival
    06 September 2024 Jam 16:25:00

    Dinas Kepemudaan Olahraga Pariwisata Kebudayaan (Dinpurabudpar) Kabupaten Blora...