EFEKTIVITAS ALGORITMA TIKTOK DALAM KOMUNIKASI PEMASARAN


TikTok merupakan salah satu platform online yang memiliki pengguna aktif paling banyak di Indonesia. Berbagai kategori usia dan generasi mengetahui platform tersebut, pengguna aktif pada TikTok menjadikan platform tersebut sangat ideal untuk menjangkau berbagai generasi, terutama generasi ‘Z’ dan milenial.

Tren viral yang mendapatkan interaksi tinggi di berbagai kalangan, menjadikan TikTok sebagai alternatif utama pemanfaatan media pemasaran digital.

Pemanfaatan Tiktok sebagai media pemasaran digital dapat meningkatkan keterlibatan dan potensi bagi para pelaku usaha atau bisnis.

Salah satu alasan para pelaku bisnis memanfaatkan TikTok, sebagai media pemasaran digital adalah Algoritma Tiktok yang memiliki tingkat ke-efektivitasan yang cukup tinggi.

Pengguna aktif yang tinggi mempermudah para pelaku bisnis untuk menjangkau pelanggan yang lebih luas. Hal ini dikarenakan Algoritma TikTok yang dapat menampilkan video dan menyajikan konten yang sesuai dengan minat pelanggan dan tren saat ini.

Efektivitas Algoritma TikTok dalam komunikasi pemasaran dapat dilihat pada kemampuan dalam menyajikan konten yang relevan, menarik, dan mengikuti tren saat ini.

Hal yang dapat dilakukan oleh para pelaku bisnis adalah memberikan konten yang relevan dengan produk atau jasa yang ditawarkan, mengikuti perkembangan tren saat ini, dan menyesuaikannya dengan target pelanggan atau audiens yang sudah ditentukan sebelumnya.

Algoritma TikTok memiliki dampak yang signifikan dalam komunikasi pemasaran, yaitu dapat meningkatkan jangkauan dan keterlibatan audiens yang sangat luas.

Personalisasi konten berdasarkan preferensi pengguna, algoritma membantu pelaku bisnis dalam menyampaikan pesan yang relevan dan menarik, sesuai dengan produk atau jasa yang ditawarkan. (Tim).


*Penulis : Dhania Ayu Ninda Sutara, Mahasiswa Universitas Sebelas Maret jurusan Manajemen Pemasaran. Sedang menempuh pendidikan semester 5 dan melakukan kegiatan magang mandiri (MBKM) di Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Blora.

    Berita Terbaru

    Jalur Blora - Ngawi Mulus, Kini ke Solo Cukup Dua Jam
    30 Januari 2025 Jam 20:46:00

    Bupati Blora, Dr. H. Arief Rohman, Kamis (30/1/2025) siang, sempatkan tinjau hasil pembangunan...

    Sebanyak 67 PNS Pemkab Blora Purna Tugas
    30 Januari 2025 Jam 16:20:00

    Sebanyak 67 Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemkab) Blora menerima Surat Keputusan (SK)...

    Masyarakat Garda Terdepan Pelestarian Cagar Budaya di Blora
    30 Januari 2025 Jam 14:41:00

    Tim Ahli Cagar Budaya (TACB) Kabupaten Blora Sri Wahyu Dini Astari menegaskan, bahwa masyarakat...