Berita Terkini

Pawai Pembangunan Pesona Gemerlap Jiwa Nusantara Berlangsung Meriah


Panitia Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-73 Republik Indonesia tingkat kabupaten Blora, Jawa Tengah menggelar pelaksanaan pawai pembangunan (karnaval) Pesona Gemerlap Jiwa Nusantara, Sabtu (18/8/2018). Ribuan warga memadati sepanjang rute yang dilalui peserta untuk menyaksikan.

Pawai dikuti sebanyak enam regu peserta tingkat SMP. Sepuluh regu katagori SMA/SMK. Kemudian, 18 regu peserta katagori Organisasi Perngkat Daerah dan 15 katagori kecamatan dan umum.

Acara dimulai pukul 19.00 WIB sampai dengan selesai lebih kurang pukul 00.00 WIVB. Start Alun-Alun lora dan finish Blok T Blora.

“Ada ketentuan khusus yang harus dipatuhi oleh peserta pawai. Misalnya untuk katagori remaja dan dewasa tidak diperkenankan menggunakan kendaraan bermotor. Selain itu para peserta dimohon memperhatikan daerah persiapan masing-masing,” kata Kepala Dinrumkimhub Ir. Samsul Arief didampingi Sekretaris Dinrumkimhub Ir. Sri Daryanti selaku ketua seksi pawai pembangunan pada pantia peringatan HUT Ke-73 RI tingkat kabupaten Blora.

Dikatakannya, penilaian dilakukan oleh tim juri dengan ketentuan juara I,II dan III untuk masing-masing katagori.

“Berawal dari Alun-alun hingga Blok T, ada panggung kehormatan di depan Makodim Blora. Bapak Bupati setelah melepas dari start langsung menuju panggung kehormatan bersama jajaran Forkopimda, menyaksikan di sana,” ucapnya.

Pawai yang diberangkatkan Bupati Djoko Nugroho diiringi dengan menyanyikan lagu Indonesia Pusaka secara bersama-sama diiringi musik marchingband Gita Smaradana SMA Negeri 1 Blora.

Pada kesmepatan tersebut Bupati Djoko Nugroho merasa bangga karena malam hampir seluruh masyarakat Blora berlomba mempertunjukkan kreativitasnya untuk memeriahkan hari kemerdekaan negeri tercinta.

“Pawai Pembangunan atau karnaval ini masih dalam rangka Agustusan. Mari kita tonton bersama hasil-hasil pembangunan yang akan ditampilkan di suasana malam hari. Kreativitas anak-anak Blora pasti akan ditampilkan yang terbaik dengan permainan cahaya lampu,” ucap Bupati.

Setelah dilepas Bupati, pawai diawali dengan Marchingband SMAN 1 Blora diikuti Paskibraka, Barisan Bhinneka Tunggal Ika, Seni Barongan Blora Risang Guntur Seto, tim eksebisi dari Setda Blora dan Setwan DPRD Kabupaten Blora.

Ribuan penonton dari berbagai wilayah Kabupaten Blora memadati kanan kiri jalan di sepanjang rute pawai dari Alun-alun hingga Blok T. Suasana malam yang teduh, membuah penonton lebih bisa menikmati sajian penampilan para peserta pawai.

Dengan tema “Pesona Gemerlap Jiwa Nusantara” seperti yang disebutkan diatas, beberapa kelompok penampil tidak hanya mempertunjukkan hasil pembangunan dan kesenian Blora saja. Namun juga budaya dari berbagai daerah di Nusantara.

Seperti SMP Negeri 5 Blora menampilkan tari piring secara massal, yakni seni budaya dari tanah Minangkabau, Sumatera Barat. Gadis-gadis remaja ini terlihat lincah memainkan piring-piring ditangannya hingga membuat penonton ikut bergoyang.

Pada jenjang SMA/SMK, ada SMK Muhammadiyah 1 Blora yang mengangkat tema Bleger Wengker yang menampilkan tarian massal dengan kostum aneka fauna yang pernah hidup di hutan jati Kabupaten Blora dengan maskot Gajah Purba.

Setelah berjalan sekitar 5 jam akhirnya penampil terakhir berjalan hingga finish pada pukul 00.00 WIB dari kelompok umum atau desa. Dimana peserta terakhir merupakan kelompok dari perguruan silat Kera Sakti.

Ir. Samsul Arief menyampaikan hasil kejuaraan pawai pembangunan berdasarkan rekap para juri yang semalam disebar di sepanjang rute. Hasilnya sebagai berikut :


Kategori SMP Sederajat
Juara 1 : SMP N 6 Blora
Juara 2 : SMPN 1 Blora
Juara 3 : SMP N 5 Blora


Kategori SMA/SMK Sederajat
Juara 1: SMK Muhammadiyah 1 Blora
Juara 2 : SMK N 2 Blora
Juara 3 : SMA N 2 Blora

Kategori OPD/Dinas
Juara 1: Dinas Pendidikan
Juara 2 : Dinas Kesehatan
Juara 3 : Bank Jateng Cabang Blora

Kategori Kecamatan/Umum
Juara 1 : Pemuda Denguk Desa Andongrejo Kecamatan Blora
Juara 2 : Desa Adirejo Kecamatan Tunjungan
Juara 3 : Ds. Tambahrejo Pendem, Kecamatan Tunjungan

Sedangkan hasil pawai pembangunan tingkat TK-SD yang dilaksanakan tanggal 11 Agustus lalu adalah sebagai berikut :

Kategori TK/PAUD
Juara 1 : TK SKB
Juara 2 : TK Islam Baitunnur
Juara 3 : Kelompok Bermain At -Taqwa

Kategori SD
Juara 1 : SDN Tempelan
Juara 2 : SDN Kauman
Juara 3 : SDN Kedungjenar.

(Dinkominfo Kab. Blora)

    Berita Terbaru

    Ditinjau Tim Wasev Sterad, Progres TMMD Reguler 122 Kodim Blora Maksimal
    17 Oktober 2024 Jam 18:24:00

    Progres pelaksanaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-122 Kodim 0721/Blora di Desa...

    Pengucapan Sumpah/Janji Pimpinan DPRD Kabupaten Blora Masa Jabatan 2024-2029 Khidmat Dilaksanakan
    17 Oktober 2024 Jam 14:04:00

    Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Blora menyelenggarakan rapat paripurna dalam...

    Sebanyak 4.715 ATS Blora Dikembalikan ke Sekolah
    15 Oktober 2024 Jam 18:52:00

    Sebanyak 4.715 Anak Tidak Sekolah (ATS) di Kabupaten Blora telah dikembalikan ke Sekolah sesuai...