Manfaatkan Limbah Kayu Jati Untuk Kerajinan


Limbah kayu jati dimanfaatkan membuat kerajinan miniatur kapal oleh Heri (41), salah seorang perajin asal Kelurahan Kauman RT 05 / RW 02 Kecamatan Blora. Dari usaha kerajinan yang digelutinya memunculkan produk miniatur kapal pinisi Heri Craft.

“Semula saya berprofesi sebagai pengemudi bus malam. Namun saya melirik ada peluang membuat kerajinan dengan bahan limbah kayu jati. Akhirnya saya tertarik dan memilih membuat kerajinan miniatur kapal,” kata Heri, di Blora, Kamis (21/7).

Untuk memulai usahanya, kata dia, pada awalnya bermodalkan Rp500 ribu. Uang itu untuk membeli bahan limbah kayu dari beberapa perusahaan kayu atau mebel serta piranti lainnya.          

“Saya tawarkan harga Rp200 ribu hingga Rp2 juta,  tergantung ukuran dan kelengkapannya, seperti ditambah lampu dan asesoris lainnya,” ujarnya.

Meski baru berjalan tiga bulan, menurut Heri, hasil kerajinannya sudah dipesan penggemar miniatur kapal dari sejumlah wilayah.

“Dibeli dari Bandung, Pontianak, Bali, Surabaya, Pemalang dan masih ada order luar kota yang masih dalam proses pembuatannya,” ucapnya.

Selain membuat minatur kapal Pinisi, ia juga membuat miniatur rumah pohon yang dijual dengan harga Rp250 ribu. Hanya saja, Heri enggan menyebutkan berapa hasil penjualan tiap bulan. Alasannya, yang penting bisa menyalurkan hobinya.

Dalam pengerjaan kerajinan, kata dia, ditemani seorang tetangga bernama Babang Pey yang bertugas memberi asesoris seperti lampu dan pernik lainnya sehingga lebih menarik. (Dinkominfo Kab. Blora )

    Berita Terbaru

    Tebar Keberkahan Ramadan, PWI dan LazisMU Berbagi Ratusan Bungkus Takjil
    29 Maret 2024 Jam 20:39:00

    Ratusan bungkus takjil dibagikan kepada masyarakat oleh Lembaga Zakat Infaq dan Shadaqah...

    Jurnalis Diajak Bersinergi Jaga Situasi Kamtibmas Agar Tetap Aman dan Kondusif di Blora
    29 Maret 2024 Jam 19:39:00

    Wakapolres Blora Kompol Riwayat Sosiyanto, SH, M. Si, mengajak jurnalis bersinergi untuk menjaga...

    Umat Katolik Blora Mengenang Sengsara dan Wafat Yesus Kristus Dalam Ibadat Visualisasi Jalan Salib
    29 Maret 2024 Jam 10:04:00

    Umat Katolik Blora mengikuti visualisasi Jalan Salib yang digelar di Gereja Paroki Santo Pius X...