Seni dan Budaya

Lomba Barongan Anak Semarakan Event Pakudjembara


Antusiasme warga tampak dalam pagelaran lomba Festival Barong Anak Kabupaten Blora 2017 di komplek Alun-Alun Blora yang dimulai pagi tadi, Sabtu (15/7). Sebanyak 10 peserta memeriahkan festival tersebut, yaitu SDN 2 Tamanrejo, SDN 4 Menden, SDN 2 Tempel, SDN 2 Jiken, SDN Kedung Jenar, SDN 2 Ngawen, SDN 1 Tutup, SDN 1 Banjarejo, SDN Tempelan dan SDN 1 Sambong.


Setiap peserta menunjukkan kebolehannya dalam beraksi di atas panggung dengan mengenakan kostum dengan pernak-pernik yang khas, yang semakin menghidupkan performa sehingga suasana semakin meriah.


Sumaryono, warga Jiken yang datang bersama keluarga juga mengungkapkan kegembiraannya atas diselenggarakannya Festival barong Anak ini.


“Pertunjukannya sangat meriah, pesertanya juga bagus-bagus. Apalagi ini kan khusus anak-anak, jadi ada yang berbeda dengan festival Barong kali ini. Saya berharap, festival seperti ini dapat diselenggarakan secara rutin di waktu-waktu mendatang,” ujarnya.


Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, Budaya dan Pariwisata kabupaten Blora, Drs. Kunto Aji mengatakan bahwa Festival Barong Anak Kabupaten Blora ini bertujuan untuk menyemarakkan event tahunan Pakudjembara. Seni Barong diharapkan dapat terus dilestarikan keberadaannya sebagai salah satu ikon Kabupaten Blora.


“Melalui festival ini, kami juga berharap dapat menggairahkan kembali animo masyarakat sehingga kaderisasi seniman Barong Blora dapat terus berkesinambungan,” tandasnya.


Respon positif dari masyarakat yang ditunjukkan dengan banyaknya penonton Festival Barong Anak ini pun dinilai menggembirakan.


“Melihat banyaknya penonton pada festival ini, kami optimis bahwa Seni Barong Blora akan terus hidup sebagai produk seni khas Blora yang membanggakan,” ujarnya.


Namun demikian, Kunto juga memohon dukungan dari masyarakat untuk pengembangan dan pelestarian Seni Barong Blora.


Kabupaten Blora ditunjuk sebagai tuan rumah pada event tahunan promosi pariwisata dan budaya Pakudjembara yang diikuti 6 kabupaten kawasan eks Karesidenan Pati dan sekitarnya (Pati, Kudus, Demak, Jepara, Rembang dan Blora). (Dinkominfo Kab. Blora | Tim).  

    Berita Terbaru

    Kalaksa BPBD Blora : Pos Komando Tanggap Darurat Bencana 2024 Dilaksanakan Lintas Sektoral
    15 April 2024 Jam 13:43:00

    Pemerintah Kabupaten Blora mendirikan pos komando tanggap darurat bencana banjir, tanah longsor...

    Jelang Lebaran Ketupat 2024, Penjual Janur Kelapa Bermunculan di Pasar Tradisional
    12 April 2024 Jam 12:24:00

    Penjual janur kelapa mulai bermunculan di pasar tradisional Blora, Jawa Tengah menjelang Lebaran...

    Aman dan Lancar, Pengamanan Idulftri 1445 H dan Arus Mudik Polres Blora Diapresiasi Bupati
    11 April 2024 Jam 09:49:00

    Bupati Blora Dr. (Chand) H. Arief Rohman, SIP, M. Si menyampaikan apresiasi atas pelaksanaan...