Seni dan Budaya

Kawasan Wisata Religi Makam Sunan Pojok Mulai Ditata


Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Dinporabudpar) Blora Drs. Kunto Aji mengatakan penataan kawasan Makam Sunan Pojok Kota Blora mulai dilaksanakan sejak hari Selasa (30/5). Sejumlah pekerja melakukan pemasangan pagar dari seng sebagai batas pengerjaan proyek. Penataan itu dianggarkan melalui APBD Kabupaten tahun 2017 sebesar Rp833.000.000,00.


Sebelum dimulai pihaknya bersama pengurus Yayasan Sunan Pojok, Tokoh Agama dan Rekanan melakukan syukuran serta doa bersama untuk kelancaran pelaksanaan proyek. 


“Sebelum proyek dilaksanakan, terlebih dahulu kita laksanakan doa bersama dan selamatan agar selama proyek penataan dilakukan tidak ada kendala dan hambatan. Mohon doa dan dukungannya agar nanti lokasi wisata religi ini bisa terwujud lebih baik dan tertata,” ucapnya. 


Kepala Dinporabudpar Drs. Kunto Aji bersyukur dengan adanya proyek penataan dan perluasan Makam Sunan Pojok sehingga akan bisa menambah destinasi wisata, utamanya wisata religi di Kabupaten Blora. 


“Alhamdulillah, semoga ke depan menjadi objek wisata religi yang lebih bagus dan tertata. Begitu juga saat ada perayaan Haul Sunan Pojok semoga dapat dilaksanakan dengan lebih menarik sebagai salah satu daya tarik wisata religi yang ada di jantung Kota Blora,” jelasnya. 


Kabid Pariwisata Dinporabudpar Blora Heksa Wismaningsih S.STP, MH mengatakan bahwa penataan kawasan Sunan Pojok dilakukan di sebelah timur makam yang selama ini digunakan untuk pertokoan. 


“Jadi sesuai arahan Pak Bupati, pertokoan di sebelah timur itu nanti akan dibongkar untuk perluasan lokasi ziarah Sunan Pojok. Akan dibangun sebuah joglo besar disitu dan pagar keliling dengan menggunakan batu bata klasik. Gapura utama menghadap timur dengan model bangunan Mataram Kuno, mengingat beliau Sunan Pojok masih keturunan Kerajaan Mataram Islam,” jelas Heksa. 


Sesuai tender, proyek penataan kawasan Makam Sunan Pojok ini menurutnya akan dilaksanakan selama 120 hari kalender atau selama 4 bulan terhitung sejak Selasa lalu dengan pelaksana CV. Lumintu Jaya. (Dinkominfo Kab Blora | Tim)

    Berita Terbaru

    OJK Selenggarakan Edukasi, Bupati Blora : Pelajar Perlu Waspada Investasi Bodong dan Pinjol Ilegal
    24 Juli 2024 Jam 21:59:00

    Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Jateng - DIY menyelenggarakan edukasi dalam rangka meningkatkan...

    Program TMMD Sengkuyung Tahap III di Desa Bogorejo Resmi Dibuka
    24 Juli 2024 Jam 14:50:00

    Komando Distrik Militer (Kodim) 0721/Blora menggelar upacara pembukaan program TNI Manunggal...

    Gladi Bersih Pembukaan TMMD Sengkuyung Tahap III 2024 di Desa Bogorejo
    22 Juli 2024 Jam 19:17:00

    Kodim 0721/Blora gelar gladi bersih dalam rangka persiapan pembukaan Upacara TNI Manunggal...