Berita Terkini

Resepsi Hari Jadi Blora ke-269 Berlangsung Semarak


Malam resepsi peringatan Hari Jadi ke-269 Kabupaten Blora, Provinsi Jawa Tengah berlangsung sukses digelar di panggung utama yang didirikan panitia di depan gapura masuk rumah dinas bupati Blora, Jumat (14/12/2018). 

Acara dimeriahkan dengan penampilan penyanyi era 1980-an Betharia Sonatha dan group seni barongan Risang Guntur Seto.

Satu per satu rangkaian acara resepsi dilalui dengan diawali menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya.

Kemudian dilanjutkan dengan laporan kegiatan Hari Jadi Blora ke 269 oleh Sekda Blora, Komang Gede Irawadi, SE, M.Si.

Dalam laporannya, disampaikan beberapa rangkaian kegiatan peringatan Hari Jadi ke 269 Kabupaten Blora serta capaian prestasi yang telah dicapai oleh Kabupaten Blora selama tahun 2018.

Disampaikan oleh Sekda Komang Gede Irawadi, beberapa kegiatan rutin yang dilaksanakan di antaranya ziarah makam Bupati Blora tempo dulu baik di dalam dan luar kabupaten Blora.  

Kemudian jamasan pusaka keris Kyai Bismo, kirab pusaka, pentas wayang kuklit di Blok T Blora, dzikir akbar dan kirab budaya.
Sekda juga menyampaikan masih ada rangkain acara lainnya hingga menjelang pergantian tahun 2018 -2019.

Adapun beberapa prestasi serta penghargaan yang diterima kabupaten Blora  selama tahun 2018 juga disampaikan oleh Sekda Blora. Di antaranya penghargaan sebagai kabupaten layak anak pratama dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI.

Penghargaan dari Dirjen Hortikultura Kementerian Pertanian sebagai kabupaten yang berhasil menambah luas tambah tanam (LTT) padi periode Oktober 2017 - September 2018.

Kemudian, sebagai kabupaten pendukung program Kredit Usaha Rakyat (KUR) terbaik dari Kementerian Koordinator Perekenomian.
Penghargaan dari Kemenkominfo RI dalam pengelolaan media center terbaik 2017.

Perusahaan daerah Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Blora dengan kinerja keuangan dan pelayanan terbaik tingkat nasional dam infobank award.

“Bertepatan dengan hari jadi ke 269, Kabupaten Blora mendapatkan penghargaan kabupaten peduli Hak Asasi Manusia dan Pelayanan Publik berbasis HAM dari Kemenkumham RI,” jelas Sekda Komang Gede Irawadi.

Setelah laporan kegiatan disampaikan Sekda Blora, dilanjutkan dengan pembacaan sejarah singkat Kabupaten Blora dan nama-nama Bupati yang pernah memimpin Kabupaten Blora oleh Kepala Dinas Pendidikan Drs. Achmad Wardoyo.

Usai pembacaan sejarah singkat Blora, dilanjutkan sambutan oleh pimpinan DPRD Blora yang disampaikan oleh Ketua DPRD Ir. H. Bambang Susilo dengan menggunakan bahasa Jawa disertai parikan (pantun).  

“Semoga dengan tema Blora Jiwa Nusantara pada peringatan hari jadi Blora tahun 2018 ini menjadi landasan untuk mewujudkan pembangunan dan kesuksesan di tahun 2019,” kata ketua DPRD Blora.

Acara dilanjutkan doa yang dipimpin oleh petugas, kemudian dirangkaikan pemotongan tumpeng oleh Bupati Djoko Nugroho didampingi oleh istri Umi Kulsum Djoko Nugroho.

Potongan tumpeng diserahkan oleh Bupati Djoko Nugroho kepada Ketua DPRD Ir. H. Bambang Susilo didampingi istri.

Usai pemotongan nasi tumpeng, Bupati Blora Djoko Nugroho dalam sambutannya antara lain mengapresiasi kinerja Aparatur Sipil Negara di Blora serta partisipasinya mensukseskan acara dalam rangka Hari Jadi ke-269.

“Malam ini sungguh bahagia, kita bersenang-senang. Apalagi hadir Bupati dari Bojonegoro dan kami hadirkan penyanyi Betharia Sonatha. Semoga menghibur semuanya,” kata Bupati.

Resepsi yang dihelat Pemkab Blora, juga bertepatan dengan ulang tahun penyanyi Betharia Sonatha ke-58.

“Malam ini, penyanyi idola kita, Betharia Sonatha merayakan ulang tahun sekaligus nanti menghibur warga Blora,” ujar Bupati Djoko Nugroho sebelum menyanyi dan duet bersama Betharia Sonatha.

Sementara itu Betharia Sonatha merasa senang atas ucapan ulang tahun dan kue serta tiup lilin yang diberikan oleh Kabupaten Blora.

“Sungguh ini sebuah kebahagiaan, semestinya saya merayakan ulang tahun bersama anak-anak, tapi berada di tengah-tengah hadirin sekalian. Selamat hari jadi ke-269 Kabupaten Blora,” ujarnya.

Ketika lagu berjudul Hati Yang Luka dibawakannya seolah mensugesti ratusan undangan dan penonton yang hadir ikut menyanyi bersama di awal penampilannya.

“Jadi ingat masa dulu, dan ini baru pertama kali bertemu dengan salah satu penyanyi idola saya. Jadinya bangga banget,” kata Yanti, salah seorang warga Kelurahan Bangkle Kecamatan Blora.

Resepsi dihadiri Forkopimda, Forkopimca, Tokoh Agama dan Gabungan Organisasi Wanita serta ratuasan warga masyarakat . Acara didukung oleng Bank Jateng.  (Dinkominfo Kab. Blora).  



    Berita Terbaru

    UDD PMI Blora Kini Punya Gedung Baru Untuk Pusat Pelayanan Kemanusiaan
    16 Mei 2024 Jam 13:44:00

    Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Blora. Ir. Sutikno Slamet menjelaskan sebagaimana...

    Pengurus APTRI Blora Masa Bhakti 2024-2029 Dilantik, Diharapkan Bisa Bersinergi Dengan Pemda Berperan Dalam Program Pergulaan Nasional
    15 Mei 2024 Jam 14:39:00

    Bupati Blora Arief Rohman, S.IP., M.Si mengharapkan Asosiasi Petani Tebu Rakyat Indonesia...

    Kesepuluh Kali Blora Raih Opini WTP dari BPK
    14 Mei 2024 Jam 17:39:00

    Pemerintah Kabupaten Blora berhasil memperoleh predikat Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP)...