Pameran Produk UMKM Ajang Promo Pariwisata Pakundjembara


Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, Budaya dan Pariwisata Kabupaten Blora, Drs. Kunto Aji mengemukakan produk UMKM  yang dipamerkan dalam event bersama Kabupaten Blora, Kudus, Demak, Jepara, Pati dan rembang (Pakudjembara) diharapkan mampu memberikan dampak positif bagi pengembangan sektor pariwisata di wilayah setempat. Baik wisata alam, kuliner, oleh-oleh dan souvenirnya.


“Produk-produk yang ditawarkan dalam event ini merupakan kemitraan dari masing-masing daerah peserta sebagai satu bagian dari Sapta Pesona,” ucap Kunto Aji, di Blora, Sabtu (15/7).


Dikatakannya, event tahunan Pakudjembara dimulai sejak Jumat hingga Minggu (14-16/7). Event yang dipusatkan di komplek Alun-Alun Blora ini terdiri dari Pameran Pariwisata & UMKM, Lomba Barongan SD, Lomba Branding Pariwisata, Pawai Pariwisata, Malam Gelar Budaya dan Sapta Pesona & Lomba Temon Holic.


Lebih lanjut disampaikan, pada event bersama selaras dengan usaha Pemkab Blora yang semakin serius dalam meningkatkan pembangunan di sektor pariwisata.


Pada event tersebut terdapat beberapa stan pameran, di antaranya stan Galeri Pesona Jati, stan Sari Tebu & Aneka Kue Kering, stan Batik Tulis Asli Blora, stan produk makanan kering, stan Lumpia & makanan berbahan dasar jagung, stan Klaster Pariwisata Kabupaten Blora. Selain itu juga terdapat produk kuliner inovasi asli Blora seperti Teh Tegok yang berbahan dasar kulit pisang raja dan pisang kepok.


Selain produk kuliner, juga dipamerkan produk kerajinan tangan dalam berbagai bentuk, yang sangat cocok untuk cindera mata.


“Kami menyambut baik adanya pameran produk wisata ini. Kami berharap event ini dapat membangkitkan industri pariwisata di kawasan Pantura Timur Jawa Tengah,” ujar Kunto Aji.


Kabupaten Blora dipercaya sebagai tuan rumah pada event tahunan promosi pariwisata dan budaya Pakudjembara yang diikuti 6 kabupaten kawasan eks Karesidenan Pati dan sekitarnya (Pati, Kudus, Demak, Jepara, Rembang dan Blora).


Event bersama dibuka dengan ditandai pemukulan gong oleh Kepala Dinporabudpar Blora di panggung acara.  


Sementara itu pawai pariwisata yang dilaksanakan pada Sabtu (15/7) sore, dilepas oleh Asisten II Setda Blora, Slamet Pamuji mewakili Bupati Djoko Nugroho dengan disaksikan ribuan penonton yang memadati disepanjang jalan Pemuda Blora, (Dinkominfo Kab. Blora | Tim).

    Berita Terbaru

    Samin Trans Diminta Tingkatkan Pelayanan
    20 Februari 2024 Jam 18:59:00

    Bupati Blora, H.Arief Rohman berpesan agar Samin Trans meningkatkan pelayanan kepada penumpang...

    Pemkab Blora Komitmen Libatkan Kelompok Rentan Dalam Pembangunan Daerah
    20 Februari 2024 Jam 18:34:00

    Pemerintah Kabupaten Blora menggelar Musrenbang Keren untuk keempat kalinya di Pendopo Rumah...

    TMMD Tahap I 2024 Kodim Blora Digelar di Desa Sendangrejo Kecamatan Ngawen
    20 Februari 2024 Jam 18:23:00

    Program TMMD Sengkuyung Tahap 1 T.A 2024 kini mulai dilaksanakan di Desa Sendangrejo, Kecamatan...